Yerry Mina Susul Coutinho Ke Barcelona, Sejumlah Kualitas Ini Jadi Andalan

Yerry Mina
Yerry Mina bergabung dengan Barcelona

NontonBolaJo.com – Barcelona kembali merekrut pemain baru lewat jendela transfer musim dingin ini. Setelah Philipe Coutinho, kini giliran pemain bek klub Sociede Esportiva Palmeiras, Yerry Mina, yang secara resmi bergabung dengan Barca melalui biaya transfer sebesar 11,8 juta euro atau Rp 190 miliaran.

“FC Barcelona dan Palmeira telah mencapai kesepakatan untuk transfer Yerry Mina di sisa musim dan lima (musim) lainnya hingga 30 Juni 2023. Biaya transfer €11,8 juta. Klausa beli ulang (buyout) diatur pada €100 juta,” konfirmasi resmi klub lewat situs FC Barcelona (11/1/2018).

Kehadiran Mina, yang disebut-sebut menjadi pengganti Javier Mascherano yang segera pindah ke klub asal Tiongkok, disambut baik oleh pelatih Barca Ernesto Valverde yang menilainya sebagai ‘pemain muda berpotensi’ dan berharap kehadiran pesepakbola berusia 23 tahun tersebut dapat membantu klub Catalans setelah beradaptasi dengan kompetisi liga maupun persaingan di Eropa.

Setidaknya, menurut laporan Marca, ada sejumlah kualitas Mina yang membuat Barca terpikat. Tinggi badan yang mencapai 1,95 meter membuat pemain asal Kolombia tersebut diyakini memiliki kemampuan ‘perang udara’ yang mumpuni. Terlebih dia dikenal sebagai salah satu bek yang mencetak paling banyak gol di Amerika Selatan.

Selain itu, Mina dinilai memiliki sentuhan yang halus melalui kakinya mengingat berat badannya hanya 75 kilogram. Dan pengalamannya di klub asal Brasil telah membantunya meningkatkan teknik bersama bola serta reaksi cepat yang harus dilakukannya untuk mengantisipasi serangan cepat para striker di La Liga.

Mina juga memiliki teknik menarik untuk selalu mencoba menghalau bola keluar dari lini pertahanan, yakni melakukannya dengan penuh kesabaran. Reaksi cepat dengan penuh kesabaran membuatnya melakukan lebih sedikit kesalahan hingga tidak banyak menerima hadiah ‘kartu’ dari wasit. Sejauh ini satu-satunya kartu merah pernah diterima Mina ketika menghadapi Deportivo Pasto di tahun 2013.

Terakhir yang tidak boleh dilupakan, di usianya yang ke-23 Mina telah dipersiapkan menjadi starter bagi Kolombia dalam perhelatan bergengsi Piala Dunia mengingat statusnya sebagai pemain terbaik di benua tersebut.

Menurut jadwal, Yerry Mina akan diperkenalkan secara resmi sebagai pemain Barcelona pada hari Jumat (12/1/2018) di Camp Nou.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here