Wayne Rooney undur diri dari timnas Inggris

NontonBolaJo.com - Aksi gemilang Wayne Rooney bersama Everton berhasil menarik perhatian manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate. Namun di saat panggilan tugas internasional datang, Rooney mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional.

Southgate menghubungi Rooney pada hari Selasa (22/8/2017) untuk mengatakan bahwa dirinya ingin melibatkan striker tersebut dalam skuad selanjutnya setelah menyimak aksi Rooney bersama klub masa kecilnya, Everton. Namun dalam pembicaraan tersebut, mantan kapten Manchester United ini langsung memberitahukan keputusannya untuk berhenti dari sepak bola internasional.

"Sungguh luar biasa Gareth Southgate menelepon saya minggu ini untuk mengatakan dia menginginkan saya kembali dalam skuad Inggris untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. Saya sangat menghargainya. Namun, setelah lama memikirkan, saya memberitahukan Gareth bahwa saya kini memutuskan untuk pensiun untuk selamanya dari sepakbola internasional," pernyataan Rooney yang dirilis oleh Press Association Sport, seperti dilansir dari ESPN (23/8/2017).

Top skorer sepanjang masa dari timnas Inggris, Wayne Rooney, mencatatkan rekor mencetak 53 gol dari 119 penampilan untuk membela negaranya. Belum ada pemain luar yang pernah memenangkan lebih banyak caps dibandingkan pesepakbola berusia 31 tahun tersebut.

Sering Dilihat:  Live Streaming Belgia vs Inggris di Trans TV Perebutan Posisi Ketiga Piala Dunia 14/7/2018

"Itu benar-benar keputusan yang sulit dan pertama saya telah mendiskusikannya bersama keluarga saya, manajer saya di Everton, dan mereka yang terdekat dengan saya. Salah satu dari beberapa yang saya sangat sesalkan adalah tidak menjadi bagian dalam kesuksesan turnamen Inggris. Mudah-mudahan pemain-pemain menarik yang dibawa Gareth dapat membawa ambisi tersebut jauh ke depan dan saya harap semuanya berada di belakang tim.

"Suatu hari impian akan menjadi kenyataan, dan saya menantikan ada di sana sebagai seorang penggemar - atau dalam kapasitas apapun," tegas Rooney.

Wayne Rooney melakukan debutnya untuk Inggris di usianya yang ke-17 tahun dalam laga persahabatan melawan Australia di Upton Park bulan Februari 2003. Rooney menggantikan David Beckham sebagai pemain outfield yang memiliki cap terbanyak seiring aksinya di Slovakia pada bulan September - di mana dia mengumumkan niatnya untuk pensiun setelah Piala Dunia 2018.

Sering Dilihat:  Jelang Inggris vs Brasil, Tangisan Neymar Warnai Perjalanan Ke Wembley

Namun sepertinya keputusan tersebut kemudian direnggut dari Rooney ketika manajer timnas Inggris, Southgate, mencopot posisinya sebagai kapten pada pertandingan perdana yang dipimpinnya sebagai manajer permanen di bulan Maret. Hingga kemudian aksi Rooney pasca kembali bergabung dengan Everton kembali mencuri perhatian Southgate yang menginginkannya turut serta dalam skuad Inggris untuk menghadapi kualifikasi Piala Dunia selanjutnya melawan Malta dan Slovakia.

Dengan keputusan ini, maka penampilan terakhir Wayne Rooney sebagai kapten timnas Inggris adalah saat meraih kemenangan atas Skotlandia dengan skor 3-0 di kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung bulan November silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.