Vinales Dapat ‘Pole Position’ Di MotoGP Austin Amerika 2018, Marquez Dan Rossi Berdampingan!

Marc Marquez kehilangan pole position di MotoGP Austin Amerika 2018 akibat penalti yang mewajibkannya mengawali balap final dari posisi keempat, tepat di samping Valentino Rossi, di Circuit of The Americas (COTA) yang akan digelar Senin 23 April 2018 dini hari mulai pukul 02:00 WIB.

Pembalap Repsol Honda tersebut dihukum setelah berkendara dengan lambat di jalur balapan saat kualifikasi berlangsung hingga mengganggu Maverick Vinales dan membuatnya meradang.

“Di tikungan 15 Anda ditemukan berkendara dengan sikap yang tidak bertanggung jawab, melambat di jalur balapan dan mengganggu pembalap lainnya,” jelas FIM MotoGP Stewards Panel Notification of Sanction, dikutip dari Crash.

“Ini melanggar Artikel 1.21.2 dari FIM World Championship Grand Prix Regulations ‘Para pembalap harus berkendara dengan sikap bertanggung jawab dimana tidak membahayakan kompetitor atau partisipan lainnya, baik di lintasan maupun di jalur pit.

Sering Dilihat:  Tes resmi MotoGP Buriram 2018: Valentino Rossi Dan Marc Marquez Rayakan Ulang Tahun Di Thailand

“Untuk alasan-alasan tersebut, menjadi pelanggaran pertama dan mempertimbangkan keseriusan pelanggaran, MotoGP Stewards Panel memutuskan untuk memberlakukan kepada Anda penalti grid tiga posisi,” tambahnya.

Akibat terkena penalti, Marquez harus mengawali balap final di posisi keempat, berdampingan dengan ‘rival sengitnya’ Valentino Rossi yang menempati posisi kelima. Sedangkan Vinales, bersama Andrea Iannone dan Johann Zarco, mendapat keuntungan dengan menempati baris pertama.

“Saya lebih memperhatikan Iannone. Karena pembalap di belakang dapat meningkatkan banyak slipstream di sini dan Iannone paling cepat kemarin,” jelas Marquez yang tetap secara resmi merebut pole position untuk keenam kalinya di COTA.

“Jadi saya mencari Iannone lebih dari siapapun di belakang dan tidak mengira Maverick (Vinales). Ketika saya mendengar mesin di belakang datang, namun nampaknya saya mengganggu lap-nya. Race Direction mengatakan (hukuman) itu karena saya di jalur balapan dan Iannone di luar jalur,” imbuhnya.

Sering Dilihat:  Gagal Juara Dunia MotoGP Musim Lalu, Valentino Rossi Juarai Reli Monza 2017

“Namun oke, saya hanya kehilangan empat meter di grid. Saya masih mendapatkan waktu lap tercepat dan penghargaan (pole awards),” ucap Marquez.

Selain sang juara bertahan, Pole Espargaro pun mendapat penalti serupa dan harus turun tiga posisi akibat menghalangi jalur Thomas Luthi di Q1, turun dari peringkat 12 ke urutan 15 di grid.

Sebelum menghadapi balap final, para pembalap akan lebih dahulu mengikuti sesi pemanasan (warm up) MotoGP Amerika 2018 yang berlangsung hari Minggu malam, mulai pukul 21:40 WIB.

Lihat juga: Jadwal MotoGP 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.