Valentino Rossi Siap ‘Main Air’ Di Tes Resmi MotoGP Qatar 2018

Valentino Rossi mengaku siap menghadapi tes resmi MotoGP Qatar 2018 meskipun harus ‘bermain air’ di jam terakhir sesi uji coba hari ketiga, tepatnya di hari Sabtu (3/3/2018). Pasalnya, saat itu dijadwalkan akan berlangsung sesi uji coba di trek basah buatan atau artifisial.

Tes resmi pra musim terakhir jelang digelarnya MotoGP 2018 akan dilakukan di Losail International Circuit, Qatar, selama tiga hari mulai Kamis 1 Maret hingga Sabtu 3 Maret 2018. Menurut rencana, pada jam terakhir di hari ketiga akan dihadirkan trek basah artifisial untuk membantu para pembalap mempersiapkan diri seandainya harus menghadapi wet race saat balap resmi dimulai pada 18 Maret 2018.

Keputusan digelarnya trek basah secara artifisial tersebut diambil oleh Safety Commission untuk dua alasan utama. Pertama, agar para pembalap lebih memahami perilaku ban di lintasan basah seandainya hujan mengguyur lintasan saat balap resmi MotoGP Qatar 2018 digelar. Sedangkan yang kedua adalah untuk mengevaluasi pantulan cahaya dari genangan air agar tidak mengganggu pembalap.

Sering Dilihat:  Liverpool Hadapi Jadwal Padat Tanpa Adam Lallana

Lalu, bagaimana tanggapan Valentino Rossi dan pembalap lainnya terkait rencana ‘bermain air’ tersebut? Berikut pernyataan para pembalap seperti dilansir dari GP One (22/2/2018).

“Bagi saya tidak masalah. Saya ok untuk balapan dalam kondisi basah, saya siap,” tutur Rossi. Senada dengan The Doctor, pembalap rookie MotoGP yang baru saja ‘lulus’ sebagai juara Moto2 musim lalu, Franco Morbidelli, juga menyambut positif rencana tersebut.

“Ini akan menjadi tes penglihatan, itulah apa yang disampaikan di Safety Commission. Jadi kami semua akan keluar dalam sebuah garis dan melihat apa yang terjadi ketika air menyemprot dari ban, tentu saja kami tidak dibatasi. Ini sebuah tes selamat datang,” tutur Morbidelli.

Sementara itu, Danilo Petrucci juga menyambut gembira kehadiran tes yang dinilainya penting untuk mengetahui ‘tingkat kepercayaan diri’ saat menghadapi wet race di Qatar. “Saya gembira bahwa para pembalap diberikan kesempatan ini, kami akan mencoba mengerti tingkat kepercayaan diri kami dengan ban dan menyimak apakah air yang menyemprot akan menjadi sebuah masalah atau tidak,” ujarnya.

Sering Dilihat:  Valentino Rossi Hindari Gaya 'Comeback' Michael Schumacher Lewat Kontrak 2 Tahun Bersama Yamaha

Dani Pedrosa juga mengaku gembira menghadapi rencana tersebut mengingat keselamatan pembalap selalu menjadi prioritas utama sepanjang balapan. “Keselamatan adalah selalu menjadi prioritas. Kami semua akan mencoba dan kemudian saya harap kami semua memiliki pendapat yang sama pada akhirnya,” kata Pedrosa.

“Ini sebuah keputusan penting karena ini situasi yang baru untuk semua orang. Kami akan membuat evaluasi yang dibutuhkan dan kemudian memutuskan bersama dengan para pembalap lainnya,” ucap Scott Redding.

Sedangkan meskipun Andrea Iannone menilai rencana tersebut adalah sebuah gagasan yang baik, namun dirinya nampak enggan berkomentar sebelum rencana ini dilaksanakan. “Saya lebih memilih menunggu dan melihat bagaimana ini sebelum menyampaikan penilaian, namun saya berpikir ini adalah sebuah gagasan yang baik untuk mendapat kesempatan ini,” kata Iannone.

Menurut jadwal, tes resmi MotoGP Qatar 2018 akan digelar hari Kamis hingga Sabtu, 1-3 Maret 2018, mulai pukul 17:00 hingga 01:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.