Valentino Rossi Juara Pertama MotoGP Belanda 2017, Ketiga Di Klasemen

Juara MotoGP Assen 2017 Valentino Rossi, Petrucci, Marquez
Valentino Rossi, Petrucci, Marquez usai balapan MotoGP Assen Belanda 2017

NontonBolaJo.com – Valentino Rossi berhasil menjadi juara pertama MotoGP Belanda 2017 setelah melalui duel epik bersama Danilo Petrucci di balap final pada hari Minggu malam (25/6/2017), di sirkuit Assen. Kemenangan tersebut menandai pertama kalinya The Doctor menjadi juara MotoGP sejak sekitar 1 tahun yang lalu, yakni saat menjadi juara pertama di MotoGP Catalunya Spanyol 2016.

Selain itu, kesuksesannya di sirkuit Assen di seri ke-8 MotoGP 2017 tersebut menandai kemenangan Rossi ke-115 kalinya di Grand Prix dan ke-10 kalinya di ‘The Cathedral’. Dan yang terpenting, dengan keberhasilan meraup 25 poin, The Doctor kini berada di peringkat ketiga di klasemen sementara MotoGP 2017, selisih 7 poin dibandingkan Andrea Dovizioso yang berhasil memuncaki klasemen setelah Maverick Vinales gagal menuntaskan balapan di Assen akibat crash.

“Saya sangat gembira dan pastinya ini sebuah kemenangan penting, seperti kemenangan lainnya. Setelah satu tahun ini perasaan yang luar biasa, juga karena saya balapan motor karena apa yang anda rasakan untuk lima atau enam jam setelah kemenangan, ini perasaan fantastis,” tutur Rossi seperti dilansir dari Crash (25/6/2017).

“(Kemenangan) ini hadir setelah sebuah balapan luar biasa, pertarungan luar biasa bersama Danilo, bersama Marc (Marquez), bersama (Johann) Zarco juga – dan juga pada poin teknis. Saya gembira karena kami sangat banyak bekerja dan kami mengganti sasis dan saya mampu mengendarai motor dengan cara yang lebih baik. Ini juga penting untuk kejuaraan karena ini secara luar biasa terbuka setelah 8 balapan diantara sangat banyak pembalap berbeda dan motor balap berbeda, jadi ini sangat menarik.

“Kami menemukan musim ini sejak minggu pertama dan selanjutnya, segalanya dapat berubah, jadi sangat penting minggu depan untuk mencoba tetap kuat juga di Sachsenring. Sebelum kami memikirkan minggu depan kami mencoba untuk merasakan kemenangan kesepuluh di Assen dalam karir saya dan saya sangat bangga. Setelah (kemenangan) kesepuluh di Barcelona (tahun 2016) saya mampu sepuluh kali menang dalam karir saya juga di Assen, dan itu adalah dua lintasan favorit saya, jadi ini perasaan yang luar biasa,” ujarnya.

Dalam balap final kali ini, persaingan sangat ketat terjadi antara pembalap asal Italia berusia 38 tahun tersebut dengan Petrucci. Bahkan keduanya hanya terpisah dengan selisih waktu 0,063 detik saja sebelum Rossi berhasil mencapai garis finish. Sedangkan Marquez berhasil naik podium di posisi ketiga setelah mengalahkan Cal Crutchlow dengan selisih 0,042 detik saja.

Sementara itu, peraih pole position Johann Zarco terlempar di posisi 14 setelah memutuskan kembali ke pit pasca turunnya hujan. Pada balap final hari ini, ada kejadian yang menarik ketika Rossi dan Zarco nyaris bersentuhan satu sama lain ketika pembalap Monster Yamaha Tech 3 tersebut masih terlibat dalam pertarungan di posisi tiga besar.

“Saya menyadari dia bukan orang yang jahat, hanya belum mengerti jarak antara sebuah motor balap dengan lainnya,” kata Rossi.

Selanjutnya, minggu depan Rossi dan ke-22 pembalap MotoGP lainnya akan melanjutkan langkah ke MotoGP Jerman 2017 di sirkuit Sachsenring. Di musim sebelumnya, pembalap Honda berjaya di sirkuit tersebut, dan sang VR46 menyadari bahwa pertandingan akhir pekan depan cukup sulit.

“Kejuaraan ini sangat luar biasa dan saya sangat senang (dengan kondisi) seperti ini karena ini juga luar biasa menyenangkan untuk diikuti. Tidak ada yang dekat dan semuanya terbuka antara pembalap berbeda dan motor balap berbeda. Sachsenring adalah sebuah lintasan yang jauh berbeda dibandingkan Assen dan di tahun lalu Honda, dan terutama Marquez, selalu sangat kuat, jadi kami juga harus kompetitif di sana,” pungkas Rossi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here