Valentino Rossi Hindari Gaya ‘Comeback’ Michael Schumacher Lewat Kontrak 2 Tahun Bersama Yamaha

Valentino Rossi secara resmi menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun bersama Yamaha hingga akhir 2020 salah satunya untuk menghindari gaya ‘comeback’ Michael Schumacher.

Pada hari Kamis 15 Maret 2018 Yamaha mengumumkan secara resmi bahwa pembalap berusia 39 tahun tersebut tetap bersama tim pabrikan untuk dua musim mendatang, yang berarti hingga akhir 2020 di saat The Doctor telah berusia 41 tahun.

Salah satu alasan Rossi untuk memperpanjang kontrak meskipun menghadapi resiko akan terlihat kurang kompetitif adalah untuk menghindari pensiun terlalu cepat dan melewatkan berbagai ajang balap.

Hindari Gaya ‘Comeback’ Schumacher

Pembalap legendaris asal Italia tersebut menyebutkan pembalap Formula 1 Michael Schumacher yang memutuskan mengakhiri balap di tahun 2006, namun kemudian kembali di tahun 2010. Demikian pula mantan pesaingnya di MotoGP Max Biaggi dan legenda World Superbike Troy Bayliss.

“Saya melihat sangat banyak pembalap luar biasa, dan juga pengendara, berhenti di karir maksimum mereka, seperti Schumacher, juga Biaggi atau Troy Bayliss. Schumacher dan Bayliss kembali ke lintasan (setelah pensiun). Jadi saya memutuskan untuk balapan hingga akhir,” ungkap Rossi, seperti dilansir dari Auto Sport (15/3/2018).

Sering Dilihat:  MotoGP Ceko 2017 : Strategi Cantik Bawa Marquez Juara Pertama

“Saya tidak ingin memikirkan masa depan, ‘mungkin saya bisa melakukannya dua musim lagi’. Ini dapat menjadi beresiko (kurang kompetitif), ya. Namun jika saya mengikutinya (secara logika), saya telah berhenti enam, tujuh atau delapan tahun yang lalu,” imbuhnya.

Pemilik nomor balap VR46 tersebut juga menyadari bahwa dirinya akan menjadi pembalap pertama sejak Colin Edwards di tahun 2014 yang akan balapan hingga berusia seputar 40 tahun-an.

“Saya mungkin menjadi salah satu dari yang pertama mencoba, namun saya pikir pembalap lainnya di sini juga mampu berada di level top hingga berusia 40 tahun.

“Sangat tergantung dari motivasi Anda, kehidupan Anda, jika Anda ingin meneruskan maka semua bisa,” tegasnya.

Dua Tahun Lagi Bersama Yamaha

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa Rossi akan mempertimbangkan untuk memperpanjang kontrak selama satu tahun, bukan dua tahun, bersama Yamaha. Namun kenyataannya, pembalap yang tengah mengejar gelar Juara Dunia kesepuluh kalinya tersebut memilih untuk menandatangani kontrak dua tahun.

Sering Dilihat:  Live Streaming Arsenal vs West Ham United Di Perempat Final Carabao Cup 2017: Rotasi Pemain A la Wenger

“Ya kami juga bebricara mengenai satu demi satu bersama Yamaha. Namun Anda selalu berpikir tentang dua (tahun), juga untuk menyeimbangkan kontrak bersama pembalap lainnya.

“Jika Anda menandatangani Anda harus mampu melakukannya dua tahun, dan tetap berada di jalur bersama pembalap-pembalap top lainnya,” tegas Rossi.

Jadwal Rossi Selanjutnya Di MotoGP Qatar 2018

Setelah memastikan akan bermitra bersama Maverick Vinales selama dua tahun ke depan di tim Movistar Yamaha MotoGP, Rossi serta para pembalap lainnya akan menghadapi seri perdana MotoGP Qatar 2018 yang berlangsung mulai Jumat 16 Maret hingga Minggu 18 Maret 2018 di Losail International Circuit.

Rangkaian MotoGP Qatar 2018 akan dibuka dengan sesi latihan bebas pertama yang dimulai pada pukul 18:45 WIB, Jumat (16/3/2018).

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2018 Lengkap Live Trans7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.