Valentino Rossi Dapat Undangan Direktur Superbike Lewat ‘Wildcard’

Valentino Rossi

NontonBolaJo.com – Direktur Superbike, Gregorio Lavilla, secara mengejutkan mengundang Valentino Rossi untuk tampil dalam kejuaraan dunia balap motor tersebut melalui ‘wildcard’. Menurut Lavilla, salah satu kekurangan Superbike (SBK) dibandingkan MotoGP adalah tidak memiliki figur yang diidolakan penonton seperti The Doctor.

“Tujuan kami adalah meningkatkan minat di SBK. Akan menjadi luar biasa untuk memiliki Valentino Rossi sebagai sosok wildcard dalam beberapa balapan. Saya akan senang memilikinya di sini untuk beberapa putaran dan saya pikir kami di Superbike akan memperlakukannya dengan sangat baik,” tutur Lavilla seperti dilansir dari GP One (18/6/2017).

Berita mengenai kemungkinan Rossi mendapatkan wild card di Misano sebenarnya telah berhembus sejak bulan lalu. Namun, kecelakaan yang dialami VR46 saat mengikuti motocross di akhir bulan Mei 2017 telah menghentikan spekulasi kehadirannya di SBK.

Superbike World Championship merupakan kejuaraan dunia balap motor yang telah berlangsung sejak tahun 1988. Berbeda dengan MotoGP, motor balap yang mengikuti balapan di SBK adalah motor yang dijual secara umum dengan setelan khusus.

Baik WorldSBK maupun MotoGP sama-sama dipromotori oleh Dorna. Namun kejuaraan ini dinilai kurang menghadirkan persaingan yang sengit antara para pembalapnya. Hal tersebut membuat jumlah penonton Superbike tertinggal dibandingkan MotoGP.

Demi meningkatkan minat publik terhadap ajang WorldSBK, Lavilla berpendapat pentingnya kehadiran pembalap yang memiliki nama besar seperti Rossi. Diharapkan kehadiran Rossi di beberapa seri SBK dapat menjadi solusi, seperti yang dilakukan Aprilia kepada Max Biaggi pada tahun 2015 silam.

Salah satu mantan pembalap MotoGP yang berlaga di Superbike adalah sang juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, yang bulan lalu meninggal dunia akibat kecelakaan sepeda. Selain itu, Cal Crutchlow juga pernah mencicipi ajang balap Superbike selama satu tahun, di tahun 2010, sebelum kemudian pindah ke MotoGP.

Belum ada kabar dari pihak Rossi menanggapi undangan Lavilla untuk berlaga di Superbike. Yang pasti, peraih gelar 9 kali juara dunia tersebut saat ini tengah fokus menghadapi seri ke-8 MotoGP 2017 yang akan diselenggarakan di sirkuit Asen, Belanda. Rangkaian MotoGP Assen Belanda 2017 akan dimulai sejak hari Jumat (23/6/2017) hingga final race pada hari Minggu (25/6/2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here