Valentino Rossi Beri ‘Sinyal’ Tetap Balapan Hingga 2020, Benarkah?

Pengumuman tim Tech 3 untuk mengakhiri kerjasamanya dengan Yamaha menciptakan spekulasi bahwa tim VR46 milik Valentino Rossi akan melenggang ke ajang MotoGP dan mengambil alih posisi satelit M1. Namun Rossi mengklaim bahwa dirinya tidak akan melibatkan diri di MotoGP sebagai pemilik tim di tahun 2019 atau 2020.

Kelanjutan kerjasama antara Rossi dan pihak MotoGP merupakan sesuatu yang diharapkan meskipun jika nantinya The Doctor telah pensiun sebagai pembalap. Dan keputusan Tech 3 untuk berpisah dengan Yamaha serta gunjang ganjing akan berakhirnya karir Rossi sebagai pembalap menimbulkan spekulasi tentang terjalinnya kemitraan antara pemilik tim VR46 dan pihak MotoGP dalam kondisi berbeda.

Menariknya, respons Rossi terkait spekulasi ini mengindikasikan bahwa dirinya masih berniat untuk meneruskan karir sebagai pembalap setidaknya untuk dua tahun mendatang. Meskipun tidak menutup mata dengan peluang di masa depan saat dirinya pensiun, namun Rossi memastikan bahwa hal tersebut tidak terjadi di tahun 2019 atau 2020.

“Situasinya jelas. Pertama-tama saya tidak berharap Poncharal meninggalkan Yamaha, kemudian kami memikirkan tentang kemungkinan tim (VR46) di MotoGP,” tutur Rossi kepada GP One di sirkuit Losail, Kamis (1/3/2018).

Sering Dilihat:  Ini Tekad Rossi Dan Vinales Di MotoGP Ceko 2017

“Ini akan luar biasa, namun kami tidak akan melakukannya. Untuk dua tahun mendatang kami tidak akan melakukannya, juga karena kemungkinan besar saya masih akan balapan. Saya akan melihat peluang di masa depan, ketika saya berhenti, namun tidak di tahun 2019 atau 2020,” imbuhnya.

Kontrak pembalap berusia 39 tahun ini bersama Yamaha seyogyanya berakhir di akhir musim 2018. Tidak seperti rekannya sesama tim Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, yang telah menandatangani kontrak baru hingga tahun 2020, Rossi belum mengambil keputusan mengenai perpanjangan kontraknya.

Sebelumnya, Rossi pernah mengungkapkan bahwa akan mempertimbangkan kontrak tersebut setelah melihat performanya di sesi uji coba atau beberapa sesi balap resmi perdana MotoGP 2018. Namun penuturannya terkait ‘kemungkinan besar saya masih akan balapan’ mengisyaratkan akan hadirnya perpanjangan kontrak antara pembalap legendaris asal Italia tersebut bersama Yamaha.

Di hari pertama sesi tes resmi pra musim terakhir jelang digelarnya MotoGP Qatar 2018, Rossi berhasil menempati peringkat keenam tercepat dengan catatan waktu 0,379 detik di belakang Vinales yang menjadi yang tercepat. The Doctor sempat menjadi yang tercepat di paruh perjalanan uji coba hari pertama, namun pada akhirnya Vinales berhasil mencatatkan waktu lap tercepat hingga sesi tes resmi hari pertama berakhir.

“Pada akhirnya saya keenam, jadi saya tidak jungkir balik kegirangan, namun saya tiga per sepuluh dari yang terdepan dan itu tidak buruk. Hari pertama yang bagus, namun untuk melaju ke depan kami butuh memperbaiki diri,” ucap Rossi.

Sering Dilihat:  Nuansa Duka Di MotoGP Ceko 2017, Pembalap Legendaris Angel Nieto Tutup Usia

“Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan, pada keduanya, frame dan elektronik. Kami akan menganalisa data dan besok kami akan memperoleh beberapa hal kecil untuk diuji, kemudian kami akan fokus pada set-up untuk menemukan keseimbangan motor yang lebih baik,” tegasnya.

Jadwal sesi tes resmi MotoGP Qatar hari kedua akan berlangsung pada hari Jumat, 2 Maret 2018, mulai pukul 17:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.