Ujian Taktik Luis Milla Dalam Laga Timnas Senior Indonesia vs Fiji

NontonBolaJo.com – Luis Milla berhasil membawa Timnas U-22 Indonesia meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2017. Selanjutnya, racikan taktik pelatih asal Spanyol tersebut kembali diuji dalam laga persahabatan internasional resmi yang dihadapi Timnas senior Indonesia untuk pertama kalinya di tahun ini dengan melawan Fiji pada hari Sabtu (2/9/2017).

“Seperti diketahui dalam dua hari kita akan melakukan FIFA match day dan dalam dua hari pula persiapan itu dilakukan. Saat tujuh bulan terakhir kami fokus di Timnas U-22, serta tujuan kita untuk Kualifkasi Piala Asia U-22 2018 dan SEA Games 2017,” tutur Luis Milla pasca kemenangan Indonesia atas Myanmar (skor 3-1).

Selisih waktu yang sangat mepet antara berakhirnya SEA Games dengan digelarnya laga persahabatan internasional Indonesia vs Fiji membuat Milla memutuskan untuk tidak melibatkan satupun pemain Timnas U-22, termasuk dua pemain kunci Evan Dimas dan Hansamu Yama, di pertandingan ini. Milla tidak rela melihat dua pemain handal tersebut dipaksa bermain dalam kondisi kelelahan.

Sering Dilihat:  Timnas U-19 Indonesia Ke Semifinal Piala AFF U-18 2017, Lawan Thailand Atau Malaysia ?

“Kalau dipanggil, Hansamu dan Evan bisa mati. Mereka sudah menjalani tujuh pertandingan dan bergabung satu bulan dengan kami,” kata Milla.

Namun, mantan pemain Barcelona tersebut telah mempersiapkan daftar 20 pesepakbola Indonesia yang akan terlibat dalam uji coba yang akan digelar di stadion Patriot, Bekasi. Diantaranya terdapat delapan wajah baru yang tidak turut memperkuat Tim Garuda ketika berlaga di ajang Piala AFF 2016, yakni Ahmad Jufriyanto, Slamet Nurcahyo, Irfan Bachdim, I Gede Sukadana, Ahmad Alfarizi, Adam Alis, M Rahmat, dan Fadil Sausu.

Sementara itu, pemain Selangor FA, Andik Vermansyah, dipastikan turut terlibat dalam skuad Indonesia untuk menghadapi Fiji. Demikian pula mantan pemain SC Cambuur yang kini begabung dengan Bali United, Stefano Lilipaly.

Sering Dilihat:  Laga Persahabatan Italia vs Uruguay Tanpa Verratti Dan Suarez

Mengenai taktik permainan, Milla akan mencoba menerapkan metode kepelatihan yang diterapkannya terhadap Timnas U-22 untuk ajang SEA Games 2017. Salah satu yang menonjol adalah perubahan metode permainan dengan meminta Evan Dimas dkk untuk menguasai bola selama mungkin. Selain itu, permainan pendek kaki ke kaki menjadi ciri khas skuad Garuda Muda di SEA Games 2017, ditambah dengan lesatan cepat di kedua sayap yang selalu berotasi.

“Dalam pertandingan ini (Indonesia vs Fiji), saya hanya akan memperkenalkan ide saya. Ide dari staf kepelatihan bagaimana cara bermain. Juga sedikit perkenalan. Tentu saja kami ingin memberikan citra yang bagus bagi Timnas Indonesia,” tandas Milla.

Akankah taktik Luis Milla mampu membawa Timnas senior Indonesia menang atas Fiji ? Semua akan terjawab seusai siaran langsung Indonesia vs Fiji yang dijadwalkan kick-off pukul 16.00 WIB hari Sabtu sore (2/9/2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.