Tumbangnya Tiga Klub Top Di Pekan 9 Liga Inggris : MU, Liverpool, Everton

NontonBolaJo.com – Liga Inggris, Manchester United, Liverpool, dan Everton merupakan tiga klub top Liga Inggris yang gagal meraih poin di pertandingan pekan ke 9 musim ini yang digelar selama akhir pekan, Sabtu-Minggu 21-22 Oktober 2017.

Manchester United secara mengejutkan ditaklukkan klub promosi baru Huddersfield Town dengan skor 1-2. Sedangkan Liverpool dan Everton masing-masing mengalami kekalahan telak ketika berhadapan dengan klub papan atas lainnya, yakni Tottenham Hotspur dan Arsenal.

Huddersfield vs MU (skor 1-2)

Huddersfield Town berhasil menorehkan kemenangan perdana atas MU yang telah dinantikannya sejak 65 tahun lalu dengan memanfaatkan kesalahan-kesalahan individual yang dilakukan oleh pemain The Red Devils, yakni gelandang Juan Mata dan bek Victor Lindelof.

Tanpa menang dalam kompetisi Liga Inggris sejak bulan Agustus membuat sang tuan rumah tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi saat menjamu MU. Terlebih mengingat skuad asuhan Jose Mourinho sejauh ini hanya gagal menang dalam dua pertandingan liga, yakni bermain imbang bersama Stoke City dan Liverpool.

Namun di tengah dominasi penguasaan bola tinggi yang ditampilkan MU, ternyata The Terriers berhasil memanfaatkan kesalahan individual Mata dan Lindelof sehingga, dengan penguasaan bola hingga 75 persen di babak pertama, MU justru tertinggal 2 gol.

Cedera yang membuat Phil Jones harus diganti membuat lini pertahanan United nampak bergumul. Beruntung Marcus Rashford, yang diturunkan di babak kedua, dapat melesakkan gol balasan di menit ke-78 setelah mendapat umpan silang mantap dari Romelu Lukaku di sayap kanan meskipun gol tunggal tersebut tidak mampu membuat pasukan Jose Mourinho meraih poin di pekan ke 9 Premier League.

Sering Dilihat:  Timnas U-19 Indonesia Ke Semifinal Piala AFF U-18 2017, Lawan Thailand Atau Malaysia ?

Everton vs Arsenal (skor 2-5)

Arsene Wenger mendapat hadiah ulang tahun ke-68 yang manis dari skuad asuhannya dalam kunjungan ke Goodison Park. Diawali dengan ketinggalan satu gol ketika Wayne Rooney berhasil menyematkan bola ke gawang Petr Cech di menit ke-12 lewat kerjasamanya dengan Idrissa Gueye yang mencuri bola dari Granit Xhaka, The Gunners mulai bangkit lewat gol dari Nacho Monreal di menit ke-40.

Serangan Arsenal ‘menggila’ di babak kedua lewat pergerakan trio Alexandre Lacazette, Alexis Sanchez, dan Mesut Ozil membuat skuad asuhan Ronald Koeman kerepotan. Kerjasama Sanchez yang menggulirkan umpan silang yang langsung disambar Ozil tanpa terhalau Jordan Pickford membuat Arsenal unggul di menit ke-53.

Everton kalah dari Arsenal
Mesut Ozil mencetak 1 gol dan 1 assist saat Arsenal kalahkan Everton 5-2 (22/10/2017)

Situasi kubu tuan rumah memburuk setelah Idrissa Gueye dihadiahkan kartu kuning kedua (kartu merah) yang membuatnya harus meninggalkan lapangan pada sisa 22 menit di babak kedua. Enam menit setelah insiden tersebut, Ozil memberikan assist kepada Lacazette sehingga tercipta gol ketiga bagi The Gunners.

Dua gol terakhir dari Arsenal secara beruntun tercetak oleh Aaron Ramsey dan Alexis Sanchez berturut-turut di menit ke-90 dan 95, ditambah satu gol tambahan untuk Everton yang disematkan oleh Oumar Niasse saat berhasil mencuri bola dari Cech di menit ke-93.

Tottenham vs Liverpool (skor 4-1)

Liverpool menciptakan hattrick gagal menang dalam tiga pekan terakhir Liga Inggris dengan kekalahan telak yang dialaminya saat berkunjung ke Wembley Stadium akhir pekan ini. Harry Kane membuka keunggulan bagi Spurs saat pertandingan baru berjalan selama empat menit di babak pertama dengan memanfaatkan operan cantik dari Kieran Trippier.

Sering Dilihat:  Siaran Langsung - Live Liverpool vs Sevilla, Liga Champions (14/9/2017)

Berselang delapan menit kemudian giliran Son Heung Min yang mengoyak gawang Simon Mignolet lewat assist dari Kane. Namun Liverpool berhasil memperkecil ketinggalan setelah Mohamed Salah berhasil mencetak gol di menit ke-24 dengan memanfaatkan umpan silang apik dari Jordan Henderson.

Tottenham kalahkan Liverpool
Sepasang gol Harry Kane lengkapi kemenangan Tottenham atas Liverpool 4-1 (22/10/2017)

Pergantian pemain dilakukan Jurgen Klopp sebagai respons atas ketinggalannya dari Spurs yakni mengganti Dejan Lovren dengan Alex Oxlade-Chamberlain di menit ke-31. Sayangnya, Dele Alli justru berhasil mencetak gol ketiga bagi Tottenham tepat sebelum babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Kane berhasil menyematkan gol keempat bagi Tottenham dengan memanfaatkan bola rebound dari tembakan Jan Vertonghen setelah Mignolet gagal menghalau tendangan bebas tersebut secara sempurna.

Kekalahan MU, Everton, dan Liverpool berdampak pada posisi masing-masing di klasemen sementara. The Red Devils masih berhasil menempati posisi runner up namun dibayangi ketat oleh Tottenham yang memiliki jumlah poin setara, hanya unggul di perbedaan selisih gol.

Sedangkan Liverpool merosot ke posisi 9 di klasemen, sementara Everton telah masuk ke zona degradasi tepatnya di posisi ke-18, bersama Bournemouth dan Crystal Palace yang masing-masing menempati posisi 19 dan 20.

Selanjutnya di pekan ke-10 akan berlangsung pertemuan antara MU vs Tottenham, Liverpool vs Huddersfield, dan Leicester vs Everton. Dua pertandingan pertama akan digelar pada hari Sabtu 28 Oktober 2017 sedangkan Everton akan menantang Leicester di hari Minggu 29 Oktober 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.