Tinggalkan Athletic Bilbao, Valverde Gantikan Enrique Di Barca ?

Ernesto Valverde

NontonBolaJo.com – Ernesto Valverde akan meninggalkan Athletic Bilbao, demikian pengumuman dari klub tersebut pada hari Selasa, 23 Mei 2017. Pengumuman tersebut disampaikan di tengah beredarkan isu yang mengaitkan Valverde dengan Barcelona.

Menurut kabar yang beredar, Barca siap mengungkapkan nama pelatih yang akan menggantikan Luis Enrique pada hari Senin, 29 Mei 2017 mendatang. Beberapa media pun mulai mengendus terciptanya perjanjian bersama Valverde, yang diperkuat dengan pernyataan dari Athletic Bilbao.

“Ernesto Valverde tidak akan meneruskan sebagai pelatih tim utama Athletic Club dalam musim 2017-2018. Pelatih, ditemani presiden Josu Urrutia, akan menggelar konferensi pers pada hari Rabu, 24 Mei pukul 1200 (waktu setempat) di San Mames,” demikian pernyataan tertulis Athletic Bilbao.

Selanjutnya, menurut laporan Mundo Deportivo (24/5/2017), Valverde akan menandatangani kontrak 3 tahun bersama Barcelona untuk mengisi posisi pelatih yang ditinggalkan Luis Enrique di akhir musim. Nama Valverde memang telah disebut-sebut sebagai kandidat pengganti Enrique sejak pelatih berusia 47 tahun tersebut mengumumkan akan meninggalkan Camp Nou di akhir musim.

Kontrak Valverde bersama Athletic sebenarnya akan berakhir di bulan Juni setelah dirinya menandatangani kesepakatan baru bersama klub tersebut tahun lalu. Mantan pemain Blaugrana di era 1988 hingga 1990 ini telah menjadi pelatih Los Leones sejak tahun 2013, setelah sebelumnya selama 1 tahun menjadi pelatih Valencia.

Dengan gagalnya Barca meraih trofi juara Liga Spanyol dan Liga Champions musim ini, maka Valverde, andaikan benar-benar menjadi pelatih di Camp Nou, mendapat tugas yang cukup berat untuk membawa Messi dkk kepada kesuksesan di musim mendatang. Hingga saat ini, sebagai manajer Valverde baru berhasil meraih gelar juara saat melatih Olympiakos, yakni dengan tiga gelar liga dan dua trofi juara Greek Cup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here