Timnas U-16 Indonesia vs Singapura, Menyimak Strategi Dua Pelatih

Timnas U-16 Indonesia

NontonBolaJo.com – Timnas U-16 Indonesia vs Singapura U-16, Menyimak Strategi Dua Pelatih. Timnas U-16 Indonesia akan menjamu Singapura U-16 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada hari Kamis (8/6/2017). Pertandingan tersebut akan kick-off pukul 20:30 WIB, setelah sebelumnya Laga Persahabatan Internasional antara Indonesia vs Kamboja digelar.

Timnas U-16 Indonesia memiliki trek rekor yang cukup baik dalam beberapa laga uji coba sebelumnya. Beberapa tim lokal termasuk Villa 2000 U-17, Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) DKI Jakarta, PPLP Riau, tim seleksi Liga Kompas Gramedia untuk Gothia Cup 2017 Swedia, dan tim pelajar Kementerian Pemuda dan Olahraga yang disiapkan Gothia China Cup 2017 telah berhasil ditaklukkan tim Garuda Asia.

Selanjutnya, setelah kalah tiga gol tanpa balas dari PSS Sleman U-17, Kartika Vedayanto Putra dkk berhasil mendulang sukses dalam laga uji coba internasional perdananya ketika menghadapi Filipina. Tak kurang dari 4 gol disematkan skuad asuhan Fakhri Husaini tanpa dapat dibalas oleh Timnas Filipina.

Pertandingan melawan Singapura akan menjadi ajang pemanasan sebelum menghadiri undangan dari Vietnam dalam Vietnam International U-15 Football Tournament Invitation 2017 di Da Nang, Vietnam, yang berlangsung pada tanggal 14 Juni hingga 20 Juni 2017. Setelahnya, Timnas U-16 akan bergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura untuk menjalani babak kualifikasi Kejuaraan AFF U-15 di Thailand tanggal 9 Juli sampai 22 Juli 2017.

Tidak berhenti sampai di situ, langkah tim Garuda Asia akan diteruskan dengan mengikuti kualifikasi Piala Asia U-16 2018 yang akan digelar pada tanggal 16-24 September 2017. Berada di Grup G bersama Laos, Timor Leste, Kepulauan Mariana Utara, dan Thailand, Indonesia akan berjuang untuk menjadi salah satu dari empat tim terbaik dalam turnamen ini agar secara otomatis terkualifikasi ke kompetisi Piala Dunia FIFA U-17 di tahun 2019 sebagai perwakilan dari AFC.

Menilik jadwal padat Timnas U-16 Indonesia, laga persahabatan pastinya menjadi ajang untuk mengasah kemampuan serta melakukan berbagai uji coba untuk mendapatkan strategi terbaik. Fakhri pun menyatakan bahwa skuad asuhannya telah berlatih secara maksimal untuk menyambut Singapura.

Untuk itu, evaluasi dan sejumlah perbaikan telah dilakukan pasca kemenangan dari Filipina dan kekalahan dari PSS Sleman U-17. Pelatih berusia 51 tahun tersebut pun menyatakan akan melakukan rotasi pemain saat menghadapi Singapura.

“Ini penting, melawan Singapura merupakan tantangan tersendiri bagi kami. Pemain yang ikut [lawan] Filipina kemarin beberapa akan kami coba lagi dan ada pemain yang akan kami rolling. Kesalahan lawan PSS Sleman U-17 sudah kami evaluasi dan para pemain telah belajar dari kesalahannya,” ujar Fakhri.

Sebaliknya, pelatih Timnas Singapura U-16 sepertinya lebih ‘tenang’ menghadapi laga persahabatan ini. Menurut Sofiyan Hamid, dirinya tidak diberi target khusus dan hanya fokus untuk memanfaatkan pertandingan ini untuk memperbaiki performa tim-nya, apalagi melawan tim Garuda Asia yang diyakini memiliki kemampuan yang bagus.

“Tidak ada taktik khusus,saya hanya bermain simple saja. Yang penting bisa mengalirkan bola kedepan untuk cetak gol. Federasi kami tdk memberikan target khusus, kami hanya fokus untuk memperbaiki timnas muda kami,” ungkapnya.

“Suatu kehormatan bisa bermain dengan Indonesia, mereka memiliki pemain yang kuat, lincah dan punya kecepatan. Ini pertandingan yang bagus buat kami,” kata Hamid.

Bahkan kapten Timnas Singapura U-16, Chua Zikos Vasileios, mengaku kaget melihat persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia dalam menghadapi laga persahabatan ini. “Tadinya kami kira hanya datang untuk pertandingan persahabatan saja, ternyata Indonesia menyediakan dan mempersiapkan semuanya dengan baik. Saya berterima kasih untuk itu,” ujarnya.

Laga persahabatan internasional antara Timnas U-16 Indonesia vs Singapura U-16 menurut jadwal akan ditayangkan secara langsung oleh iNews TV. Sebelumnya, stasiun televisi yang sama akan lebih dahulu menyiarkan laga persahabatan antara Indonesia vs Kamboja yang dimulai pukul 18:45 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here