Ternyata Nilai Transfer Neymar Nyaris Setara Biaya Produksi Film ‘Superhero’ Hollywood Ini !

Neymar Resmi Gabung PSG

NontonBolaJo.com – Neymar telah resmi menandatangani kontrak dengan Paris Saint-Germain untuk jangka waktu lima tahun, hingga Juni 2022. Kepindahan striker asal Brasil tersebut sangat sensasional mengingat nilai transfer yang dikeluarkan PSG untuk memenuhi klausa rilisnya dari Barcelona, yakni sebesar 222 juta euro (sekitar Rp 3,5 triliun), bahkan nyaris setara dengan biaya produksi sebuah film Hollywood.

Tidak dapat dipungkiri, bergabungnya Neymar ke PSG terjadi dengan nilai transfer yang fantastis. Dengan nilai tersebut, mantan anggota trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar) ini mendapat status sebagai pesepakbola termahal di dunia. Bahkan ternyata ‘harga jual’ Neymar juga setara atau lebih dari biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah stadion La Liga, total gaji seluruh staf di sebuah klub NBA, budget sebuah tim F1, dan nyaris setara dengan biaya produksi sebuah film superhero Hollywood.

Salah satu media Spanyol, Marca (3/8/2017), mengumpulkan data-data sebagai pembanding nilai transfer seorang Neymar. Ternyata biaya transfer tersebut melampaui angka yang dibutuhkan untuk pembangunan stadion baru di San Mames, yang menghabiskan biaya ‘hanya’ sebesar 180 juta euro (sekitar Rp 2,85 miliar).

Lebih jauh lagi, ternyata biaya transfer pesepakbola berusia 25 tahun tersebut pun melewati total gaji seluruh staf The Golden State Warriors, sebuah klub basket NBA di California, yang hanya mencapai 135 juta euro (Rp 2,1 triliun-an), atau total budget sebuah tim F1, Toro Rosso, di angka 124 juta euro (Rp. 1,96 triliun-an).

Dan yang tak kalah menarik, uang hasil penjualan Neymar pun nyaris mampu memproduksi sebuah film superhero a la Hollywood, ‘Superman Returns’, yang menelan biaya pembuatan sebesar 250 juta euro (Rp 3,96 triliun-an).

Film Superman Returns

Namun menurut legenda Barcelona, Ronaldinho, angka transfer tersebut berpotensi menyusahkan Barca mendapat striker baru untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Neymar. Salah satunya adalah target utama Barca, striker andalan Liverpool, Philippe Coutinho.

“Hanya ada beberapa pemain di dunia yang dapat menggantikan Neymar – dan saya harus katakan bahwa saya pikir Coutinho dapat bermain untuk mereka. Dia pada sebuah level dimana dirinya dapat datang dan mengisi celah yang ditinggalkan Neymar – Namun Liverpool akan menyadari nilainya dan setelah biaya-biaya di musim panas tersebut, ini akan menelan biaya (bagi) Barcelona,” tutur Ronaldinho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here