Tanpa Poin Di MotoGP Ceko 2018, Vinales ‘Ogah’ Tiru Settingan Rossi

NontonBolaJo.com – Maverick Vinales harus rela mengakhiri perjuangannya di MotoGP Ceko 2018 dengan tangan hampa setelah mengalami crash di awal lap pertama pada final race yang berlangsung hari Minggu 5 Agustus 2018 di Brno.

Pemilik nomor balap 25 ini bahkan tidak sempat menyelesaikan satu lap di balap final, hanya sekitar tiga tikungan saja sebelum insiden yang melibatkan tiga pembalap, Vinales, Bradley Smith, dan Stefan Bradl mengakhiri perjuangannya di seri ke-10 MotoGP 2018.

Crash yang disinyalir berawal dari Bradl membuat Vinales langsung mendarat di gravel dan menyebabkan motor Yamaha M1 miliknya setengah hancur.

“Beruntung, bagaimanapun, saya tidak cedera. Saya baik-baik saja dan itu yang paling penting. Bagaimana kecelakaan itu terjadi, saya tidak tahu. Saya merasa sebuah motor menghantam ban belakang Yamaha saya dan saya berakhir di gravel. Ini disayangkan, namun hal-hal ini dapat terjadi jika Anda mengawali balap dari urutan ke-12,” tutur Vinales, dikutip dari laman GP One.

Sering Dilihat:  Timnas U-23 Indonesia vs Taiwan Live Stream SCTV Asian Games 12/8/2018: Antara Bertahan Dan Menyerang

Akibat gagal meraih poin, posisi Vinales di klasemen sementara merosot ke urutan empat, tergeser oleh Andrea Dovizioso dengan selisih empat poin lebih tinggi setelah pembalap Ducati tersebut berhasil merebut gelar juara di GP Ceko.

Vinales meyakini kegagalan merebut poin sebenarnya dipicu dari kesalahan strategi ban versi soft di latihan bebas ketiga (FP3) yang membuatnya terpaksa mengikuti kualifikasi 1. Meskipun kesalahan tersebut berhasil diperbaiki di sesi pemanasan hingga rekan Valentino Rossi di tim Movistar Yamaha tersebut berhasil menempati urutan kelima, namun Vinales menilai sudah terlambat.

“Untuk menemukan set-up di warm-up itu sudah sangat terlambat. Kami seharusnya menemukan di hari Jumat sore. Namun kami perlu tetap bekerja dan memastikan memberi perhatian lebih untuk FP3 untuk dapat langsung menuju kualifikasi 2.

“Saya meningkat 1,2 detik pada ritme (di warm-up) dan sejujurnya saya cukup antusias untuk balapan, karena saya pikir ban soft akan sangat bagus pada akhirnya. Saya cukup cepat. Pagi ini saya menggunakan ban tersebut untuk menjaga (waktu) 56 detik-an,” ungkapnya.

Sering Dilihat:  Harapan Valentino Rossi Di MotoGP Inggris 2017, Posisi Ketiga ?

Meskipun tampil kurang apik di Ceko, Vinales mengaku enggan untuk mengikuti gaya settingan motor Rossi, yang berhasil mengakhiri final race di posisi keempat, mengingat perbedaan gaya balap antara keduanya.

“Kesalahan yang dibuat di FP3 mengkondisikan segalanya. Mengenai berbagi data di garasi, saya dapat katakan bahwa Rossi dan saya memiliki cara berkendara yang benar-benar berbeda. Gaya kami sangat berbeda. Ini tidak akan membantu bagi saya sama sekali untuk menggunakan settingan-nya di motor saya. Saya perlu mengikuti metode kerja yang berbeda dan khusus. Saya perlu mengikuti jejak saya sendiri,” tegasnya.

Selanjutnya, Vinales dan para pembalap lainnya akan menghadapi seri ke-11 MotoGP Austria 2018 yang berlangsung akhir pekan ini, Jumat hingga Minggu tanggal 10-12 Agustus 2018, di Red Bull Ring – Spielberg, Austria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.