Tanpa Hamsa Lestaluhu, Timnas U-16 Indonesia Siap Boyong Trofi Piala AFF U-15 2017

Timnas U16 Indonesia

NontonBolaJo.com – Timnas U-16 Indonesia kehilangan Hamsa Lestaluhu di Piala AFF U-15 yang berlangsung di Thailand pada tanggal 9 Juli hingga 22 Juli 2017 mendatang. Meskipun mengaku sempat ‘down’, namun Tim Garuda Asia bertekad memboyong trofi Piala AFF U-15 untuk Hamsa.

Gelandang serang asal Tulehu yang dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 tersebut dipastikan absen memperkuat Timnas Indonesia U-16 setelah mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) saat menghadapi Askot Persija U-15 dalam laga uji coba pada hari Selasa (4/7/2017) di Stadion Atang Sutresna, Cijantung.

“Sedih nggak bisa tampil di Piala AFF tapi tidak masalah karena saya masih bisa tampil di AFC (Kualifikasi Piala Asia U-16 2018). Saya bilang ke teman-teman untuk fokus ke pertandingan. Jangan pikirkan saya. Saya ingin teman-teman bawa piala saat pulang ke Indonesia,” tutur Hamsa dengan mata berkaca-kaca saat acara pelepasan Timnas Indonesia U-16 di Makopassus, Jakarta Timur, Kamis (6/7/2017).

Ketidakhadiran Hamsa yang harus istirahat total selama 2 minggu tersebut sempat membuat Timnas U-16 Indonesia terpukul. Namun, kapten timnas U-16, Brilyan Negietha Dwiki Aldana, menyemangati tim-nya agar bekerja keras, menjadi juara, dan mempersembahkan trofi ke Hamsa.

Hamsa Lestaluhu

“Tahu Hamsa tidak ikut kami sedih dan sempat down. Tetapi pelatih Fakhri mengingatkan, percuma kita down tapi tak bisa mengembalikan Hamsa. Jadi kita harus bekerja keras dan buktikan bisa juara. Dan kasih trofi ke Hamsa,” tutur Brilyan.

Sama seperti skuad asuhannya, pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini, bahkan mengaku sempat menangis sehubungan cedera yang dialami Hamsa. “Selepas sholat isya saya menangis. Saya sangat sedih di detik-detik terakhir, dia sudah memberikan semuanya, segalanya untuk timnas U-16 ini. Tetapi, siatuasi ini tidak ada yang menghendaki dan tidak bisa dihindari. Ini sudah takdir dan saya percaya ada hikmah di balik semua ini,” ungkap Fakhri.

Bahkan Fakhri menuturkan bahwa absennya Hamsa sempat membuat tim asuhannya tak bersemangat menjalankan program latihan terakhir di Cijantung pada hari Kamis (6/7/2017) sore.

“Pada sesi pertama anak-anak tidak ada gairah juga sampai akhirnya saya kumpulkan dan tegaskan; ‘kita mau latihan apa kita mau meratapi cedera Hamsa? kalau kalian menangis cedera Hamsa tidak akan sembuh. Ayo kalian move on. Apa yang harus kita lakukan? ya didoakan semoga lekas sembuh,” tegasnya.

Sehubungan dengan absennya Hamsa, mantan pemain Timnas Indonesia era 90-an tersebut pun berencana mencari pengganti Hamsa dan tak menutup kemungkinan untuk mengubah skema permainan.

”Kami akan cari pengganti Hamsa. Bukan tidak mungkin kami juga bakal mengubah skema bermain. Beruntung, kami memiliki skuad yang dalam,” ujar Fakhri.

Timnas U-16 Indonesia rencananya akan berangkat ke Thailand hari Jumat (7/7/2017) untuk bersiap menghadapi game pertama di Piala AFF U-15 yang akan mempertemukan Indonesia vs Myanmar pada hari Minggu malam (9/7/2017). Selain Myanmar, tim Garuda Asia tergabung di Grup A bersama tim tuan rumah Thailand, Australia, Laos, dan Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here