Siapakah S. Chandrasekhar Pada Google Doodle Hari Ini ?

Subrahmanyan Chandrasekhar di Google Doodle hari ini, Kamis (19/10/2017), adalah seorang astrofisikawan yang sangat berjasa melakukan penelitian tentang evolusi bintang.

Memperingari ulang tahun ke-107 S. Chandrasekhar, mesin pencari Google menampilkan gambarnya dihalaman paling depan. Ketika pengunjung mengklik gambar tersebut maka akan memberikan bahan tentang siapa S. Chandrasekhar.

Ahli Fisika berkebangsaan India-Amerika Serikat ini pernah mendapatkan Hadiah Nobel pada tahun 1983 berkat teorinya soal evolusi bintang yang mengajarkan bahwa tidak semua bintang akan menjadi bintang kerdil putih.

Sementara para ahli lainnya telah menyimpulkan bahwa semua bintang akan runtuh menjadi bintang kerdil berwarna putih setelah mereka mengubah hidrogen dan helium yang terkandung di dalamnya.

Subrahmanyan Chandrasekhar
S. Chandrasekhar (October 19, 1910 – August 21, 1995)

Pria yang lahir di Lahore, India Britania atau Pakistan saat ini, pada 19 Oktober 1910, berhasil mengemukan teori tersebut pertama kali sebelum usianya mencapai 20 tahun. Dalam usia muda sekitar umur 34 tahun ia menjadi seorang profesor fisika dan menjadi anggota Royal Societu of London.

Sering Dilihat:  Prediksi Arema vs Persiba, 18 Agustus 2017

S. Chandrasekhar ternyata datang dari keluarga yang memiliki otak cerdas. Buktinya pamannya, Sir Chandrasekhara Raman juga seorang ahli fisika dan telah menerima Hadiah Nobel juga pada tahun 1930.

Peneliti dan penulis buku tentang struktur dan evolusi bintang tersebut meninggal pada 21 Agustus 1995 di usia 85 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.