Sesal Valentino Rossi Setelah Gagal Naik Podium Di MotoGP Italia 2017

Valentino Rossi dan Maverick Vinales

NontonBolaJo.com – Valentino Rossi minta maaf karena gagal naik podium pada balap final MotoGP Italia 2017 di sirkuit Mugello. The Doctor mengakui tidak memiliki cukup energi untuk merebut posisi tiga besar pada balapan yang berlangsung hari Minggu malam (4/6/2017).

“Saya sangat menyesal (melewatkan) tentang podium pastinya. Namun pada hari Selasa saya pikir saya tidak dapat balapan. Bagaimanapun ini balapan yang bagus,” tutur Rossi seperti dilansir dari Crash

Rossi mengakui ‘lebih menderita dari biasanya’ saat menuntaskan 23 lap di balap final Grand Prix Italia musim ini. Hal tersebut terkait dengan cedera di bagian dada dan perut yang dialaminya saat berlatih motocross pada hari Kamis pekan lalu. Bahkan di FP1 dan FP2, Rossi masih terlihat kurang fit dan mengeluhkan rasa nyeri di bagian lengan serta kesulitan bernapas.

Namun di hari Sabtu, kondisi fisik Rossi terlihat jauh lebih baik. VR46 berhasil menjuarai latihan bebas ketiga, serta menjadi runner up di FP4 dan babak kualifikasi. Selanjutnya pada hari Minggu saat sesi pemanasan, Rossi hanya berhasil mengakhiri di posisi ke-7.

Pada tiga lap pertama final race, Rossi sempat memimpin barisan. Namun selanjutnya perlahan-lahan posisinya mulai merosot hingga berakhir di urutan keempat. “Pastinya ini sangat memalukan (gagal meraih) tentang podium, karena ini selalu sebuah target. Di sini di Mugello itu menjadi sangat penting di depan seluruh pendukung.

“Sejujurnya saya percaya melakukan ini karena dalam latihan saya sangat cepat. Di dalam hati saya tahu 23 lap akan sulit, karena saya menderita lebih dari normal – dalam latihan ketika anda melakukan empat atau lima lap itu satu cerita, anda dapat memulihkan diri, namun lebih banyak (lap) secara beruntun lebih sulit.

“Delapan lap terakhir saya sudah finish dan saya mulai tambah menderita,” jelas Rossi.

“Saya cukup kuat, saya dapat berjuang. Hari ini Ducati sangat bagus karena mereka menggunakan ban belakang medium. Bagi kami, bersama Yamaha, kami menggunakan versi hard, sedikit kurang grip. Bagi saya secara personal, masalahnya adalah kondisi fisik saya karena di lap terakhir saya tidak dapat mengupayakan lebih lagi karena saya telah (lelah),” ungkapnya.

Meskipun berakhir di posisi keempat, Rossi tetap mempertahankan posisinya di urutan ketiga di klasemen sementara. Sedangkan Maverick Vinales tetap kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2017, dibayangi Andrea Dovizioso yang kini menjadi runner up.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here