Sam Allardyce Undur Diri Dari Crystal Palace

Sam Allardyce

NontonBolaJo.com – Sam Allardyce memutuskan undur diri dari posisinya sebagai manajer Crystal Palace. Keputusan ini diambil mantan pelatih timnas Inggris tersebut setelah lima bulan memimpin di Selhurst Park.

“Dalam beberapa hal, ini menjadi keputusan yang sangat sulit untuk dibuat, namun dalam hal-hal lainnya ini adalah yang sederhana. Saya selalu berterima kasih kepada Crystal Palace dan Steve Parish untuk memberikan saya peluang untuk keluar dengan kepala tegak terangkat setelah membantu menjaga klub ini di Premier League,” tutur Allardyce (23/5/2017).

Pelatih yang dikenal dengan panggilan ‘Big Sam’ tersebut mengambil alih tampuk pimpinan The Eagles pada bulan Desember 2016 silam untuk menggantikan Allan Pardew. Hanya dalam waktu 5 bulan, Allardyce mampu menarik Crystal Palace keluar dari ancaman degradasi setelah berhasil memenangkan 8 diantara 20 pertandingan liga.

Tidak hanya menang, Palace pun berhasil menaklukkan beberapa tim papan atas termasuk juara Premier League musim ini, Chelsea, serta Liverpool dan Arsenal. Namun dalam pertandingan liga di hari terakhir, Palace harus mengakui keunggulan Manchester United dan mengakhiri musim ini di urutan ke-14.

Menurut Allardyce, pencapaiannya di Palace telah memberikan peluang baginya untuk memulihkan reputasi setelah sempat menjadi pelatih timnas Inggris hanya untuk 67 hari saja. “Mereka memberikan saya peluang untuk memulihkan reputasi setelah yang terjadi bersama (timnas) Inggris. Saya merasa saya memerlukan target lainnya untuk menjadi manajer Liga Inggris dan dalam membantu mencapai sesuatu.

“Seperti yang saya katakan akhir pekan lalu, Palace memberikan saya kesempatan untuk melakukan rehabilitasi. Itulah mengapa sulit bagi saya untuk pergi saat ini. Saya pikir klub menghadapi tuntunan yang benar bersama sejumlah besar direktur yang mendukung, skuad pemain yang luar biasa, dan beberapa dari fans yang sangat bersemangat yang pernah saya jumpai. Adalah sebuah kehormatan untuk bekerja di sini untuk lima bulan terakhir.

“Namun ketika tiba waktunya saat anda harus memutuskan arah yang anda inginkan dalam hidup, itu adalah bagian yang sederhana bagi saya. Saya ingin menikmati hidup selama saya masih relatif muda dan ketika saya masih relatif cukup sehat untuk melakukan banyak hal yang saya ingin lakukan, seperti berkelana, menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan cucu tanpa tekanan luar biasa yang hadir saat menjadi manajer sepak bola,” jelas Allardyce.

Pelatih berusia 62 tahun tersebut pun memastikan bahwa keputusannya untuk berhenti sebagai manajer Crystal Palace tidak terkait dengan ambisinya untuk mengambil pekerjaan lain. Meskipun demikian, beberapa pihak menyarankan agar Allardyce dapat kembali menangani mantan klub-nya, Sunderland, yang terdegradasi dari Premier League musim ini dan akan berpisah dari David Moyes, pelatihnya untuk semusim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here