Rossi Dan Vinales Lebih ‘Pede’ Dengan Sasis Baru Yamaha

Valentino Rossi dan Maverick Vinales

NontonBolaJo.com – Valentino Rossi merasa lebih percaya diri dengan sasis baru Yamaha yang digunakannya dalam sebuah tes yang diselenggarakan pasca seri balap ke-7 MotoGP Spanyol 2017 di sirkuit Barcelona-Catalunya. Menurut Rossi, sasis Yamaha yang baru lebih cocok dengan gayanya berkendara.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pembalap Yamaha mengalami perjuangan berat ketika mengikuti rangkaian balap MotoGP di sirkuit Catalunya akhir pekan lalu, mulai hari Jumat hingga Minggu (9-11 Juni 2017). Bahkan keempat pembalap Yamaha, yakni Rossi dan Maverick Vinales dari tim Movistar Yamaha MotoGP serta Johann Zarco dan Jonas Folger dari Monster Yamaha Tech 3, tidak ada yang berhasil lolos secara otomatis ke babak kualifikasi 2 untuk memperebutkan pole position.

Sebenarnya Rossi telah bergumul dengan spesifikasi motor balap Yamaha edisi tahun 2017 miliknya sejak tes pra musim MotoGP 2017. Sebaliknya, Vinales melewati seri-seri awal musim MotoGP 2017 dengan hasil gemilang. Namun ketika di sirkuit Barcelona-Catalunya, baik The Doctor maupun Vinales hanya berhasil mengakhiri final race di posisi ke-8 dan ke-10. Hal ini menyebabkan posisi Rossi merosot ke urutan 5 di klasemen sementara MotoGP 2017.

“Saya selalu bergumul dengan motor ini ketika belokan dan saat masuk ke tikungan. Saya belum pernah 100 persen merasa nyaman,” ungkap Rossi seperti dilansir dari Motor Sport (12/6/2017).

“Maverick cepat dan secara terus menerus menyukai (motor balapnya). Dia seseorang yang memiliki poin lebih banyak, jadi saya harus lebih banyak berbicara mengenai diri saya. Saya datang dengan cerita yang berbeda. Maverick tidak memiliki sejarah bersama Yamaha sebelum datang dari Suzuki.

“Dia menyukai ini karena dirinya berpikir ini adalah Yamaha, namun untuk saya, karena saya mengetahui evolusi dari motor balapnya, saya pikir bersama versi 2017 kami kehilangan sesuatu. Kemarin (di balap final di Barcelona) dia juga dalam masalah, namun saya pikir dia dapat melaju cepat,” ujarnya.

Sehubungan hal tersebut, tim Yamaha menyediakan sepasang sasis baru untuk diujicobakan dalam tes pasca MotoGP Spanyol 2017 yang digelar hari Senin (12/6/2017). Dengan frame yang baru ini, Rossi berhasil mengakhiri tes di urutan ke-10, sementara Vinales berada di urutan kedua, satu tingkat di bawah Marc Marquez.

“Hari ini tujuan utama adalah mengevaluasi dua frame baru yang kami bawa ke sini untuk di tes. Maverick mencoba beberapa pengaturan berbeda dan frame berbeda dibandingkan balapan kemarin. Dia dapat berkendara dengan nyaman bersama kecepatan yang bagus, bahkan menggunakan ban seharian penuh.

“Fokus utama Valentino pada tes adalah frame baru, yang memberikannya kepercayaan diri lebih pada area yang ingin ditingkatkannya. Kedua frame baru memiliki aspek positif yang dikonfirmasi oleh pembalap-pembalapnya dan besok mereka akan mencoba bergantian frame,” ujar Massimo Meregalli, Movistar Yamaha MotoGP Team Director, seperti dilansir dari Crash (12/6/2017).

Seperti yang dikatakan Meregalli, Rossi pun mengaku lebih menyukai sasis baru yang disiapkan Yamaha di ajang uji coba tersebut. “Hari ini (Senin, 12/6/2017) kami memiliki sasis yang sedikit berbeda. Yamaha selalu bekerja sangat keras untuk titik ini dan ini lebih baik, saya menyukainya. Saya lebih menyukai motor seperti ini, ini lebih mudah dan lebih baik untuk gaya saya.

“Motornya dapat berbelok sedikit lebih baik dan saya dapat masuk ke tikungan lebih cepat, jadi dengan cara ini saya rasa akan lebih presisi, juga lebih menyenangkan untuk dikendarai. Beberapa masalah masih ada, seperti tekanan di ban bagian belakang, (namun) bagaimanapun ini sangat banyak pada sebuah lintasan seperti ini,” jelas Rossi.

Sama seperti Rossi, Vinales bahkan merasa cukup kaget dengan perubahan drastis yang dirasakannya di lintasan. “Sejujurnya tidak (mengerti), sejak awal ketika saya masuk ke lintasan saya merasa jauh lebih baik. Saya merasa baik lagi di motor balap, setelah Jumat, Sabtu, dan Minggu tidak merasa baik, hari ini (Senin) saya merasa baik lagi.

“Saya juga berkendara dengan sangat bagus secara saya merasa lebih percaya diri saya dapat memacu sedikit lebih cepat bersama motor balap hingga batas dan sangat menyenangkan untuk berkendara lagi,” kata Vinales.

Setelah Catalunya, seri ke-8 MotoGP 2017 akan berlangsung di sirkuit Assen, Belanda. Rangkaian jadwal MotoGP Belanda 2017 akan diselenggarakan mulai hari Jumat, 23 Juni 2017, hingga puncaknya pada final race di hari Minggu, 25 Juni 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here