Real Madrid Juara Liga Champions, Cristiano Ronaldo Torehkan ‘Multi’ Rekor

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo menerima medali kemenangan juara Liga Champions 2016/17

NontonBolaJo.com – Real Madrid mengukuhkan diri sebagai juara Liga Champions 2016/2017 setelah menaklukkan Juventus dengan skor telak 4-1. Sepasang gol Cristiano Ronaldo di National Stadium, Cardiff, pada Minggu dini hari (4/6/2017) berhasil menghantarkan Los Blancos mencatatkan rekor sebagai klub pertama yang berhasil memenangkan gelar juara Champions League dalam dua musim secara beruntun.

Empat gol Real Madrid yang dicetak oleh Ronaldo (menit 20 dan 64), Casemiro (61′), dan Marco Asensio (90′) hanya mampu dibalas lewat gol tunggal Mario Mandzukic di menit ke-27. Keberhasilan Ronaldo mengoyak gawang Gianluigi Buffon membawa striker asal Portugal tersebut tercatat sebagai pesepakbola pertama yang berhasil mencetak gol dalam 3 final Liga Champions, yakni di tahun 2008, 2014, dan 2017.

“Ini salah satu momen terbaik di karir saya, namun sepertinya saya dapat mengatakan hal tersebut setiap tahun. Orang-orang tidak dapat mengkritik saya karena angka tidak dapat berbohong,” tutur Ronaldo (4/6/2017), seperti dilansir dari BBC.

Tradisi mencetak gol di Liga Champions diawali saat Ronaldo masih bergabung bersama Manchester United di final tahun 2008 saat MU berhasil menaklukkan Chelsea. Kemudian bersama Real Madrid saat merebut kemenangan di final Liga Champions 2014 atas Atletico Madrid, CR7 juga mencetak gol lewat penalti di menit ke-120.

Salah seorang legenda Real Madrid lainnya, Alfredo Di Stefano, juga menorehkan rekor dengan berhasil mencetak gol dalam lima babak final European Cup di sepanjang karirnya. Namun setelah format kompetisi berubah menjadi Liga Champions, Ronaldo menjadi pesepakbola pertama yang sukses mencetak gol dalam 3 babak final Champions League.

Rekor Ronaldo mengalahkan striker bintang Barcelona, Lionel Messi, yang berhasil mencetak gol dalam 2 babak final Liga Champions, yakni di tahun 2009 dan 2011. Sayangnya, kegagalan Barca melangkah ke babak final musim ini menyebabkan Messi tidak memiliki peluang untuk mencetak gol di babak final untuk ketiga kalinya.

Selanjutnya, empat gol yang tercetak di pertandingan final Liga Champions musim ini juga membuat Real Madrid menjadi tim pertama dalam sejarah yang berhasil mencetak total 500 gol di Liga Champions. Sedangkan bagi Ronaldo, gol yang disematkannya dini hari tadi menjadi gol ke-600 yang tercetak sepanjang karirnya.

Sedangkan khusus di Liga Champions, Ronaldo pun telah tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah, yakni dengan total 105 gol, dan memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim kejuaraan di Eropa dengan 17 gol yang tercipta di musim 2013/2014. Jumlah gol Ronaldo di kompetisi Liga Champions kini selisih 11 gol lebih banyak dibandingkan pesaing terdekatnya, Lionel Messi (94 gol).

Ronaldo pun berhasil menjadi top scorer di Liga Champions musim ini dengan mencetak total 12 gol, 1 gol lebih banyak dibandingkan Messi. Ini adalah rekor top scorer kedua bagi Ronaldo dalam 2 musim Liga Champions terakhir secara beruntun setelah di musim 2015/2016 juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak, yakni 16 gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here