Radja Nainggolan Berpeluang Ke Manchester United, Gara-gara ‘Faktor Indonesia’ ?

Radja Nainggolan

NontonBolaJo.com – Pemain gelandang andalan AS Roma, Radja Nainggolan, dikabarkan tengah menjadi incaran dua klub ternama, yakni klub Premier League Manchester United serta rekan Roma sesama klub Liga Italia Serie A, Inter Milan. Menurut analisa dari jurnalis olahraga, Adam Bate, khusus bagi MU, daya tarik Nainggolan tidak hanya karena kepiawaiannya sebagai pesepakbola papan atas, namun juga karena faktor ‘keturunan Indonesia’.

Manchester United memiliki basis pendukung yang sangat besar di Indonesia. Menurut penelitian dari klub, MU setidaknya memiliki 54,5 juta pendukung di Indonesia. Bahkan kenyataannya, klub resmi supporter MU di Indonesia memiliki nyaris satu juta pengikut dan menjadi grup terbesar di manapun di mancanegara.

“Jadi wajar untuk mengatakan bahwa kabar yang mengaitkan Radja Nainggolan dengan kepindahannya di musim panas ke Old Trafford telah menimbulkan kegemparan di Jakarta dan sekitarnya. Pemain gelandang Roma tersebut mungkin merupakan warga negara Belgia namun dirinya memiliki warisan yang lebih dari itu. Ayah Nainggolan, Marianus, berasal dari Indonesia, sebuah fakta yang dibanggakan oleh pemain tersebut,” tulis Adam Bate lewat sebuah artikel di Sky Sports (4/7/2017).

Meskipun lahir di Antwerp, Radja Nainggolan memang kerapkali menunjukkan kecintaan dan kebanggaannya sebagai orang Indonesia. Selain secara rutin berkunjung, Radja pun mengikuti perkembangan berita di Tanah Air, terutama di dunia sepak bola. Salah satunya dengan memberi semangat saat Timnas Indonesia lolos ke babak final turnamen AFF Suzuki Cup 2016.

“Congrats for the winning tonight to Indonesian football team! One more game and the cup is yours!” tulis Radja lewat akun Twitter miliknya (14/12/2016). Radja pun memberikan semangat saat mengetahui Tim Garuda gagal menaklukkan Thailand di final. “Very sorry to hear your lost, Indonesia. Next time better!” tulisnya.

Radja pun sempat menyatakan belasungkawa ketika mendengar berita duka saat artis Julia Perez meninggal dunia. “It was an honour meeting a great person like you… RIP… all my thoughts goes to her family… #juliaperez,” tulis Radja (10/6/2017).

Pemain gelandang Roma bernomor punggung 4 tersebut pun memegang peranan penting dalam acara AS Roma Indonesia Day pada bulan Juli 2015 lalu. Saat itu, dua tim yang berhadapan masing-masing dipimpin oleh legenda klub Roma, Francesco Totti, dan Radja Nainggolan. Selain itu, Radja pun pernah tampil di Jakarta All Stars melawan tim Indonesia U-23. Pihak penyelenggara mengakui bahwa keterlibatan Radja meningkatkan minat masyarakat terhadap acara tersebut.

“Radja memiliki darah Indonesia dan sangat populer di sini, terutama di tanah kelahirannya yakni di Batak, wilayah Sumatra,” tutur jurubicara medsos klub fans MU di Indonesia kepada Sky Sports. “Jika Manchester United mengontraknya, mungkin fans Roma juga akan mencintai United karena Radja. Dukungan untuk United akan meningkat dan replika seragamnya akan terjual lebih dari pemain lainnya,” tambahnya.

Tentu saja, persetujuan Jose Mourinho tetap memegang peranan penting terkait peluang Radja Nainggolan untuk bergabung bersama MU. Andaikan The Special One tetap melihat Nemanja Matic sebagai pilihan yang lebih baik untuk menambahkan deretan tiga trofi yang telah direbut Mourinho bersama The Red Devils di musim pertama kepemimpinannya, maka peluang Radja untuk merumput di Old Trafford akan menipis.

Namun andaikan Radja Nainggolan benar-benar berkesempatan menjadi salah satu mesin gol di MU musim depan, tak dapat dipungkiri bahwa jumlah fans yang akan menghadiri acara temu penggemar MU di Indonesia selanjutnya diprediksi akan meningkat tajam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here