Preview MotoGP Malaysia 2017: Rebutan Gelar Juara Dunia Di Sepang

NontonBolaJo.com – Jadwal MotoGP Malaysia 2017, Seri ke 17 MotoGP musim ini yang digelar selama akhir pekan mulai Jumat hingga Minggu 27-29 Oktober 2017 di Sepang International Circuit sangat krusial dalam rangka perebutan gelar juara dunia terutama antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Dua seri terakhir MotoGP 2017 akan menjadi penentu perebutan gelar juara dunia musim ini. Namun bagi Marquez, posisi runner up di Sepang sudah cukup untuk mempertahankan statusnya sebagai juara dunia untuk kedua kalinya secara beruntun, yang menjadi gelar keempatnya dalam enam tahun terakhir.

Marquez hadir di Sepang sebagai pemimpin kejuaraan dengan mengoleksi 269 poin, selisih 33 poin lebih tinggi dibandingkan Andrea Dovizioso yang berada di posisi kedua. Sedangkan Maverick Vinales menempati posisi ketiga dengan total 219 poin, 17 poin lebih rendah dari ‘Desmo Dovi’.

Meskipun peluangnya menipis setelah kehilangan banyak poin setelah hanya mampu mengakhiri MotoGP Australia di posisi ke 13 akhir pekan lalu, namun Dovi mengaku tidak akan menyerah dalam perjuangannya merebut gelar juara dunia dari Marquez.

“Sayangnya saya kehilangan sangat banyak poin di Phillip Island dan kini kesempatan saya untuk meraih gelar nampaknya menipis. Namun saya akan tetap berpikir positif dan kami di sini di Malaysia pada sirkuit yang sangat menantang, bersama dengan udara panas, dimana saya menang tahun lalu dan dimana segalanya dapat terjadi,” tegas Dovizioso seperti dilansir dari GP One (25/10/2017).

Dovizioso memang tercatat sebagai juara GP Sepang 2017 bersama Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang berturut-turut menempati posisi kedua dan ketiga. Sedangkan Marquez tahun lalu hanya berhasil mengakhiri final race di posisi ke 11 setelah di tahun sebelumnya gagal menuntaskan balap final akibat insidennya bersama Rossi.

Sering Dilihat:  Jadwal LIVE STREAMING PSM Makassar vs Bali United 6/11/2017 (Siaran Langsung Liga 1)

Menyadari hal tersebut Marquez mengaku telah berjuang keras di Australia dalam rangka menciptakan selisih poin yang cukup lebar dari Dovizioso sebelum menuju ke Sepang, yang dinilainya sebagai salah satu balapan tersulit khususnya dari sudut kondisi fisik.

“Kami gembira tentunya pergi ke Malaysia setelah menang di Phillip Island. Saya tahu bahwa sangat penting mendapatkan hasil terbaik di Australia dan mencoba menciptakan sedikit jarak (dari Dovizioso di klasemen) sebelum Sepang,” tutur Marquez.

“Saya pikir seri Malaysia adalah salah satu balapan yang paling sulit dalam hal kondisi fisik. Salah satu hal utama di sana adalah kelembaban dan suhu yang tinggi. Saya akan mencoba yang terbaik untuk menangani balapan dan gembira mengenai aspal baru yang menawarkan grip yang lebih baik.”

Sedangkan bagi Vinales, yang mengakui secara matematis tidak mampu berkompetisi untuk perebutan gelar juara dunia, tujuan terdekatnya saat ini adalah mencuri status runner up di MotoGP musim ini. Keberhasilannya naik podium di Phillip Island diakui menjadi motivasi untuk merebut hasil terbaik di MotoGP Malaysia 2017 ini.

“Setelah podium di Australia kami sangat termotivasi pergi ke Malaysia. Ini adalah sebuah sirkuit dengan kondisi cuaca yang sangat berbeda dengan yang kami hadapi di Phillip Island dan Jepang, selalu sangat panas dan membuatnya menjadi balapan yang sangat mengacu pada fisik.

“Motornya bekerja sangat baik sekarang, jadi sedikit kecewa tiba di Sepang tanpa peluang secara matematis untuk memenangkan gelar, namun kini target kami adalah mengamankan posisi kedua di klasemen. kami harus mencoba menjadi sekuat seperti di awal musim dan naik podium lagi di Sepang. Kami akan bekerja keras untuk meraihnya,” tekad Vinales.

Sering Dilihat:  MotoGP Austria 2017 : Cuaca Kembali Hantui Valentino Rossi dkk di Red Bull Ring, Spielberg

Senada dengan Vinales, Rossi pun menyadari tidak memiliki peluang untuk perebutan gelar juara dunia mengingat posisinya di urutan empat klasemen sementara dengan total 188 poin. Namun The Doctor mengaku akan tetap akan bekerja keras untuk menciptakan balapan yang menyenangkan.

“Saya tidak mengharapkan apapun, namun kami akan bekerja keras untuk membuatnya menjadi balapan menyenangkan lainnya. Ini adalah lintasan yang sangat saya sukai dan saya harapkan cuaca yang bagus, jadi kami dapat bekerja sebaik mungkin. Saya ok secara fisik, dan beberapa hari ke depan saya akan istirahat dan Jumat depan saya akan siap utnuk akhir pekan selanjutnya,” ungkap Rossi.

Secara catatan hasil, Rossi menampilkan rekor kuat di Sepang dengan keberhasilannya 12 kali naik podium, lima diantaranya di MotoGP ditambah satu kali di kelas 500cc. Rossi, bersama Dani Pedrosa, juga tercatat sebagai yang terbanyak meraih pole position di Sepang (4 kali).

Beberapa perubahan terjadi dalam susunan pembalap jelang MotoGP Malaysia 2017 diantaranya absennya Aleix Espargaro terkait crash yang dialami di Phillip Island hingga mencederai empat metacarpus di tangan kirinya. Sedangkan Michael van der Mark akhirnya mendapat kesempatan mencicipi ajang balap MotoGP sebagai pengganti Jonas Folger, setelah sebelumnya gagal melintas di Aragon akibat kembalinya Valentino Rossi pasca mengalami cedera hebat di kaki kanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.