Preview Gresik United vs Persija : Macan Kemayoran Kejar Lima Besar

Persija vs PS TNI, Macan Kemayoran Rindu Main Didepan Jakmania

NontonBolaJo.com – Persija Jakarta akan mengunjungi Gresik United di pertandingan pekan ke-12 Liga 1 Indonesia yang berlangsung sore ini, Selasa (4/7/2017), kick off pukul 15:00 WIB di Stadion Tridarma (Petrokimia), Gresik. Skuad Macan Kemayoran pun bertekad meneruskan tren positif demi mengejar posisi lima besar di klasemen sementara.

Gresik United

Hingga separuh perjalanan di Liga 1 Indonesia 2017, kinerja Persegres Gresik United terbilang masih mengalami tren negatif. Laskar Joko Samudro baru berhasil mengoleksi 1 kemenangan diantara 11 pekan perdana (2 seri, 8 kalah), meraup 5 poin, dan terjebak di zona degradasi tepatnya di urutan ke-17, satu tingkat saja diatas posisi juru kunci.

Masalahnya, meskipun membutuhkan poin namun pelatih Gresik United, Hanafi, menuturkan bahwa saat ini skuad asuhannya dalam kondisi kurang maksimal dengan absennya sejumlah pemain. “Ada satu pemain asing kami yang absen, Choi (Hyun Yeun). Lalu ada dua pemain yang mengundurkan diri. Terus Fitra (Ridwan) ijin melaksanakan pernikahan. Jadi kami memaksimalkan pemain yang ada dan semangat,” tutur Hanafi.

Persija Jakarta

Sebaliknya, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, telah mempersiapkan kekuatan terbaik lewat 18 pemain yang diboyong ke Gresik. Diantara ke-18 pemain tersebut, hanya satu pemain U-23, Ambrizal Umanailo, yang terlibat dalam skuad, seiring dengan penangguhan regulasi U-23 yang diterapkan oleh Liga 1.

Secara statistik, Macan Kemayoran saat ini tengah di atas angin dengan sukses merebut status tak terkalahkan dalam 6 pekan terakhir secara beruntun, terdiri dari 2 hasil imbang dan 4 kemenangan beruntun dalam 4 laga terakhir. Bahkan, Persija berhasil mencatatkan hasil ‘clean sheet’ dalam lima pertandingan terakhirnya, mencetak total 8 gol ke kandang lawan tanpa kebobolan 1 gol pun.

Andaikan dapat meneruskan tren positif tersebut dalam pertandingan antara Gresik United vs Persija Jakarta sore ini, maka Bambang Pamungkas dkk memiliki peluang untuk memperbaiki posisinya di klasemen dan masuk dalam posisi Top 5 alias lima klub teratas.

Persija saat ini berada di urutan ke-7 dengan meraih total 18 poin dari 11 pekan perdana (5 menang, 3 seri, 3 kalah). Sementara itu dua klub di atasnya, Arema (ke-5) dan PS TNI (ke-6), telah menuntaskan laga pekan ke-12 dan mengoleksi 19 poin, alias selisih hanya 1 poin lebih tinggi. Sedangkan Bhayangkara (ke-4) memiliki total 21 poin namun belum menyelesaikan laga pekan ke-12.

Secara matematis, andaikan Persija berhasil meraup 3 poin penuh dalam laga ini, maka posisi 5 klasemen pasti telah ada dalam genggaman. Bahkan jika Bhayangkara gagal merebut poin di pekan ini, maka Macan Kemayoran dapat melompat hingga posisi ke-4 akibat keunggulan selisih gol.

Strategi Gresik United vs Persija Jakarta

Menurut analisa Hanafi, Persija akan menampilkan gaya permainan bertahan saat bertandang ke Gresik. Dengan demikian, pelatih Laskar Joko Samudro tersebut telah merancang strategi terbaik, baik dalam pertahanan maupun serangan, untuk mencoba meraih target kemenangan di laga kandang.

“Persija sepertinya akan main bertahan dan melakukan serangan balik. Itu yang harus kami antisipasi. Target tentunya menang, apalagi kami tuan rumah. Kami sudah merancang bagaimana bertahan, bagaimana menyerang. Kami sudah siap melawan Persija,” tegas Hanafi.

Sementara itu, meskipun secara catatan hasil Persija dipastikan menjadi favorit dalam pertandingan ini, namun Teco tetap meminta skuad asuhannya menghormati lawan tanding pekan ini. Salah satunya buktinya adalah dengan memboyong tim terbaik ke Gresik.

“Kami sudah kembali dari libur dan kami sudah latihan fisik, teknik, sama taktik. Sudah ada perubahan dari regulasi, sudah tidak ada pakai pemain U-23 lagi, sehingga pemain yang paling bagus akan main dan kami sudah siap hadapi Gresik.

“Nggak usah terlalu bicara soal tim lawan, sebab kami tetap harus respek sama pelatih dan pemain lawan. Yang penting kami harus kerja keras dan fokus untuk dapat main bagus dan memenangi pertandingan,” tegas Teco.

Satu hal yang menjadi keberatan Teco dalam laga ini adalah ketidakhadiran penonton akibat hukuman dari Komisi Disiplin PSSI terkait kericuhan yang terjadi saat suporter Gresik United menyalakan petasan, masuk ke lapangan, dan membakar papan reklame saat laga vs Persela Lamongan. Akibatnya, hukuman laga tanpa penonton plus denda Rp 20 juta pun dijatuhkan pada Persegres Gresik United.

“Saya tidak suka main bola tanpa penonton. Saya orang Brasil. Pertama kali datang pada 2003 ke Indonesia, yang benar-benar saya suka adalah penonton, suporter benar-benar fanatik,” ungkap Teco.

Namun Teco memperingatkan skuad asuhannya agar semangatnya tidak turun meskipun bermain tanpa penonton. “Saya selalu berbicara sama pemain, tanpa penonton, kami harus tetap punya semangat sendiri, tidak boleh turun,” tegasnya.

Head to head Gresik United vs Persija Jakarta

Dua kemenangan diraih Gresik United diantara lima pertemuan head to head terakhir bersama Persija. Sedangkan Macan Kemayoran baru 1 kali berhasil menaklukkan Laskar Joko Samudro, dan mengakhiri dua pertandingan lainnya dengan hasil imbang.

Kemenangan tunggal Persija atas Gresik United pun terjadi di tahun 2014. Sedangkan dalam 4 pertemuan h2h terakhir, klub asal Jakarta tersebut belum berhasil mengalahkan Gresik United (2 seri, 2 kalah).

Prediksi Gresik United vs Persija Jakarta

Tak dapat dipungkiri, Persija Jakarta tampil lebih unggul berdasarkan catatan hasil dibandingkan Gresik United. Demikian pula dengan kesiapan skuad untuk menghadapi pertandingan pekan ke-12 Liga 1 sore ini, dimana Persija datang dengan tim terbaik sementara Gresik United kehilangan beberapa pemain kuncinya.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka di prediksi Macan Kemayoran dapat meneruskan tren positifnya dan memperbaiki posisinya di klasemen sementara Liga 1.

Prediksi skor Gresik United vs Persija Jakarta : 0-2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here