Prediksi Valentino Rossi Jelang MotoGP 2018, Waspadai Honda, Ducati, Dan Suzuki!

Valentino Rossi mengakhiri tes resmi MotoGP Qatar 2018 hari kedua di posisi ke-11 dengan selisih waktu 0,730 detik dibandingkan pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, sebagai pembalap tercepat dalam tes di Losail International Circuit per hari Jumat 2 Maret 2018.

Kejutan dari Iannone di hari kedua membuat Rossi kini mewaspadai peningkatan yang ditampilkan oleh tiga pabrikan yakni Honda, Ducati, dan Suzuki jelang pembukaan MotoGP 2018. Sementara, Yamaha dinilainya masih berada di tingkat yang sama seperti akhir tahun lalu.

“Sepertinya Ducati dan Honda, juga Suzuki kini tangguh, jadi kami perlu bekerja,” tutur Rossi usai sesi uji coba hari kedua, Jumat (2/3/2018), seperti dilansir dari GP One.

“Sulit untuk memprediksi (jalannya musim baru MotoGP 2018), namun terutama di paruh kedua 2017, Ducati dan Honda keduanya maju dengan langkah besar sementara kami bergumul. Kami kurang lebih masih di sini, jadi kami harus bekerja keras,” imbuhnya.

The Doctor berhasil mengakhiri tes pra musim MotoGP Qatar hari pertama di urutan keenam, dengan catatan waktu setara dengan pembalap Suzuki Ecstar lainnya, Alex Rins. Namun di hari kedua, Rossi hanya berhasil mengakhiri di posisi ke-11.

Sering Dilihat:  Persija Jakarta Resmi Wakili Indonesia di AFC Cup 2018, Gimana Madura United ?

“Posisi saya tidak luar biasa, namun saya seharusnya dapat sepersepuluh lebih cepat karena saya sebenarnya tidak ‘all out’ untuk melakukan serangan di sisi waktu. Saya menempatkan ban baru di bagian akhir, namun merasa beberapa getaran di depan dan jadi tidak dapat meningkat,” jelasnya.

Kesulitan di bagian ban depan menjadi salah satu kekuatiran Rossi di sirkuit Losail, yang akan menjadi sirkuit perdana yang harus dihadapi para pembalap MotoGP di pembukaan musim baru.

“Kecepatan saya tidak buruk, masalahnya adalah ban depan karena ketika kami menggunakan yang seperti ini, senyawa medium, ini sulit bahkan untuk menyelesaikan separuh balapan. Kami harus meningkatkan ini karena ban versi hard tidak bagus untuk kami, mungkin jika kami bekerja pada keseimbangan motor,” paparnya.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pemilik nomor balap VR46 tersebut juga menyoroti sisi elektronik dari motor balap M1.

“Saya pikir kami kurang lebih berada di level yang sama seperti akhir tahun lalu. Saya suka frame baru, motor berbelok lebih baik, namun saya pikir kami perlu mengerjakan sisi elektronik karena kami menderita dalam akselerasi. Sulit untuk keluar dari belokan, terutama dengan ban yang telah digunakan. Para pesaing kami lebih tangguh di segi ini,” ungkapnya.

Sering Dilihat:  Naik Podium Di MotoGP Qatar 2018 Jadi Bukti Kompetitifnya Rossi Usai Perpanjang Kontrak

Sebelum menghadapi tes resmi di Qatar, para pembalap MotoGP telah menyelesaikan dua sesi uji coba resmi pra musim yang digelar sejak awal tahun 2018 di Sepang dan Buriram. Menurut Rossi, sensasi yang diperolehnya dalam tes di Qatar saat ini berada diantara apa yang dialaminya di Sepang dan Buriram.

“Diantara yang di Thailand dan yang di Malaysia. Sepang adalah tes yang terbaik yang kami lakukan dan kemudian di Buriram kami bergumul. Di sini, kami berada diantara keduanya,” kata Rossi.

Selanjutnya, para pembalap akan mengikuti tes resmi MotoGP Qatar hari ketiga, atau hari terakhir, yang digelar pada hari Sabtu 3 Maret 2018 mulai pukul 17:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.