Timnas Prancis Juara Dunia 2018
Timnas Prancis berhasil meraih gelar Juara Pertama di Piala Dunia 2018 (Foto: Getty Images).

NontonBolaJo.com – Timnas Prancis akhirnya berhasil mengangkat trofi Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di laga final FIFA World Cup 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, pada hari Minggu 15 Juli 2018.

Didier Deschamps berhasil mengulangi kesuksesannya mempersembahkan gelar Juara Dunia kepada Timnas Prancis seperti yang dilakukan di Piala Dunia Prancis 1998 ketika menjabat sebagai kapten. Kemenangan ini membuat nama Deschamps terukir sebagai sosok ketiga yang berhasil memenangkan kompetisi World Cup baik sebagai pemain maupun pelatih.

Kemenangan ini juga menghapus kesedihan Les Bleus setelah sebelumnya gagal merebut gelar juara Euro 2016 setelah dikalahkan Portugal di Paris. Sementara sepanjang sejarah, babak final antara Prancis vs Kroasia tercatat sebagai salah satu laga yang paling menegangkan dengan total gol tertinggi sejak tahun 1958 diiringi kontroversi hingga harus melibatkan video assistant referee (VAR).

Sering Dilihat:  Bakal Hadapi Atletico Dalam Derby Madrid Akhir Pekan Ini, Los Blancos Didera Cedera

Prancis unggul lebih dahulu di menit ke-18 setelah bola hasil tendangan bebas Antoine Griezmann mengenai kepala Mario Mandzukic hingga tercipta gol bunuh diri. Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa Kroasia tampil lebih dominan di babak pertama hingga kemudian Ivan Perisic berhasil mencetak gol penyeimbang di menit ke-28.

Selanjutnya terjadi kontroversi mengenai ‘handball’ Perisic di menit ke-38 hingga akhirnya wasit Nestor Pitana memutuskan untuk menunda pertandingan dan menyimak tayang ulang lewat VAR yang berakhir dengan keputusan penalti untuk Prancis. Griezmann langsung maju dan mengeksekusi penalti dengan sempurna hingga babak pertama ditutup dengan keunggulan Prancis 2-1 Kroasia.

Permainan Prancis semakin berkembang di babak kedua hingga Paul Pogba dan Kylian Mbappe berhasil menyematkan bola ke gawang Kroasia secara beruntun dalam rentang waktu enam menit saja. Gol yang dicetak Mbappe di usianya yang ke-19 tahun membuatnya tercatat sebagai satu-satunya pemain muda yang berhasil mencetak gol di final Piala Dunia selain Pele, yang mencetak dua gol di usianya yang ke-18 tahun saat Brasil menang 5-2 atas Swedia di final Piala Dunia 1958.

Sering Dilihat:  Live Streaming Liverpool vs West Brom Putaran Keempat FA Cup 28/1/2018: The Reds Butuh Atmosfer Spesial!

Kroasia akhirnya berhasil memperkecil kekalahan melalui kesalahan yang dilakukan kiper Hugo Lloris hingga Mandzukic dapat mencuri bola di depan gawang dan mencetak gol kedua bagi tim-nya.

Skor 4-2 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga wasit meniup peluit panjang yang langsung disambut dengan selebrasi meriah oleh Timnas Prancis dan para pendukungnya.

Daftar peraih penghargaan di FIFA World Cup 2018

Berikut daftar peraih penghargaan di FIFA World Cup 2018:

Adidas Golden Ball Award: Luca Modric (Kroasia)
Adidas Golden Boot Award: Harry Kane (Inggris)
Adidas Golden Glove Award: Thibaut Courtois (Belgia)
FIFA Young Player Award: Kylian Mbappe (Prancis)
FIFA Fair Play Trophy: Spanyol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.