Pertarungan Buffon, Messi, Ronaldo Di UEFA Player of The Year

NontonBolaJo.com – Gianluigi Buffon, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo terpilih sebagai kandidat peraih penghargaan UEFA Men’s Player of The Year 2016/2017. Penghargaan tersebut akan disampaikan bersamaan dengan penarikan undian (drawing) fase grup Liga Champions 2017/2018 pada hari Kamis, 24 Agustus 2017, di Monaco.

Tiga nomine dalam penghargaan UEFA Men’s Player of The Year tersebut terpilih oleh juri yang terdiri dari 80 pelatih dari klub-klub yang berpartisipasi di fase grup Liga Champions dan Liga Europa musim lalu, beserta 55 jurnalis yang terpilih oleh grup European Sports Media (ESM) mewakili asosiasi masing-masing anggota UEFA, demikian laporan yang dilansir dari situs UEFA (15/8/2017).

Untuk dapat memperoleh penghargaan sebagai pemain terbaik di Eropa, akan dilakukan penilaian berdasarkan penampilan para pemain di seluruh kompetisi, baik domestik, kontinental, hingga internasional. Dan kali ini, Buffon, Messi, dan Ronaldo terpilih sebagai tiga kandidat terkuat untuk meraih penghargaan tersebut.

Dari ketiga kandidat tersebut, sebelumnya Messi dan Ronaldo masing-masing telah berhasil mengoleksi 2 penghargaan serupa. Messi meraih penghargaan untuk musim 2010/2011 dan 2014/2015, sedangkan Ronaldo merebut penghargaan sebagai pemain terbaik di Eropa versi UEFA pada musim 2013/2014 dan 2015/2016.

Sering Dilihat:  Antara Messi vs Ronaldo, Siapa Pilihan Pele?

Selain Messi dan Ronaldo, penghargaan UEFA Men’s Player of The Year pernah diperoleh pemain Barcelona, Andres Iniesta, di musim 2011/2012, dan bintang Bayern Munchen, Franck Ribery, di musim 2012/2013.

Untuk musim 2016/2017, Ronaldo difavoritkan akan meraih penghargaan ketiga-nya dalam 4 tahun terakhir setelah berhasil membawa Real Madrid merebut trofi juara Liga Champions dalam dua musim secara beruntun. Selain itu, Ronaldo pun menjadi bagian kesuksesan Madrid merebut gelar juara Liga Spanyol musim lalu.

Pada babak perempat final Liga Champions yang mempertemukan antara Real Madrid vs Bayern Munchen, striker asal Portugal tersebut berhasil mencatatkan hat-trick di leg kedua di Santiago Bernabeu. Kemudian tiga gol kembali tercetak dalam babak semi final melawan Atletico Madrid, ditambah dua gol lainnya saat menaklukkan Juventus di babak final.

Sedangkan Messi, yang berhasil mengoleksi 54 gol untuk Barcelona musim lalu, mampu membawa Barca merebut trofi juara Spanish Super Cup dan Copa del Rey, namun gagal merebut gelar di kompetisi liga domestik maupun Liga Champions.

Sering Dilihat:  Preview Gresik United vs Persija : Macan Kemayoran Kejar Lima Besar

Selanjutnya, meskipun nama Buffon cukup populer, namun kegagalan Juventus merebut gelar juara Champions League musim lalu membuat dirinya kurang difavoritkan meskipun berhasil membawa Juve merebut dua gelar, yakni juara Liga Italia Serie A serta Coppa Italia.

Selain ketiga nama tersebut, sebenarnya ada 7 pemain lainnya yang mengisi daftar 10 besar pemain dan dipertimbangkan untuk merebut penghargaan tersebut. Namun hanya tiga posisi teratas, Buffon, Messi, dan Ronaldo yang akhirnya menjadi kandidat terkuat.

Ke-7 pemain tersebut berturut-turut terdiri atas Luka Modric (Real Madrid), Toni Kroos (Real Madrid, Paulo Dybala (Juventus), Sergio Ramos (Real Madrid), Kylian Mbappe (Monaco), Robert Lewandowski (Bayern Munchen), dan Zlatan Ibrahimovic (Manchester United).

Penghargaan UEFA Best Player in Europe diciptakan UEFA di tahun 2011 untuk menghidupkan kembali penghargaan European Footballer of The Year (Ballon d’Or), yang telah digabungkan dengan penghargaan FIFA World Player of the Year di tahun 2010 menjadi FIFA Ballon d’Or. Penghargaan ini juga menggantikan penghargaan UEFA Club Footballer of the Year.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.