Perbandingan MU vs Liverpool Jelang Pertemuan Ke-200 Dua Raksasa Liga Inggris 10/3/2018

Jadwal Liga Inggris pekan ke-30 diwarnai ‘semburat merah’ dengan pertemuan ke 200 antara dua klub raksasa, Manchester United vs Liverpool, dalam laga yang bersifat kompetitif di hari Sabtu 10 Maret 2018 malam WIB di Old Trafford, Manchester.

Pertandingan dua tim ‘The Reds’ diprediksi berlangsung sengit dan panas mengingat keduanya akan memperebutkan gelar runner up di klasemen sementara Premier League musim ini.

Aksi gemilang tanpa kalah dalam lima pekan terakhir di kompetisi liga membuat Liverpool berhasil mengejar koleksi poin MU dengan selisih hanya dua poin lebih rendah namun unggul tipis dalam produktifitas gol.

Selain itu, intensitas pertemuan antara MU vs Liverpool meningkat mengingat aksi Tottenham Hotspur yang juga terus mengejar kedua tim tersebut dari posisi keempat dengan selisih hanya 2 poin lebih rendah dibandingkan Liverpool.

Jadi, kira-kira siapa yang berhak menempati posisi runner up setelah Manchester City tampil kokoh di puncak klasemen?

Berikut perbandingan lini per lini antara MU vs Liverpool berdasarkan analisa Penulis Senior ESPN di bidang sepak bola, Mark Ogden.

Kiper

MU sedikit lebih unggul dengan kehadiran David De Gea di bawah mistar gawang yang dinilai merupakan kiper terbaik di dunia saat ini dan berperan penting dalam menentukan rangkaian kemenangan yang ditorehkan The Red Devils di musim ini.

Sebaliknya, dua kiper Liverpool, Loris Karius dan Simon Mignolet, terlihat masih bergumul untuk mendapatkan kepercayaan di Anfield, tergambar dari rotasi yang kerap dilakukan pelatih Jurgen Klopp meskipun akhir-akhir ini terlihat lebih mantap dengan Karius sebagai kiper utamanya.

Prediksi: MU unggul lewat kehadiran De Gea di gawang.

Sering Dilihat:  Nonton Live Streaming LAS PALMAS vs BARCELONA: Ini Daftar Skuad Dan Prediksi Line Up

Pertahanan

Dari 29 laga Premier League, Liverpool telah 10 kali lebih banyak kebobolan dibandingkan Man United, 22 berbanding 32.

MU menorehkan rekor defensif terbaik kedua dalam 29 pertandingan EPL musim ini dengan 22 kali kebobolan, dua kali lebih banyak dibandingkan Manchester City yang bertahan di puncak klasemen.

Selain faktor De Gea, Jose Mourinho juga memiliki deretan pemain bek berkualitas lewat kehadiran Victor Lindelof, Phil Jones, Chris Smalling, serta dua pemain sayap Antonio Valencia dan Ashley Young yang membantu lini pertahanan.

Sedangkan Liverpool mulai berbenah diri dengan menghadirkan Virgil van Dijk sebagai rekrutan teranyar di bulan Januari, namun absennya Nathaniel Clyne di posisi bek kanan masih menyisakan masalah bagi The Reds.

Prediksi: MU lebih unggul lewat kemampuan Mourinho mengorganisir empat pemain bek-nya dengan lebih baik dibandingkan Klopp, meskipun kedua pelatih tidak sepenuhnya puas dengan kekuatan pertahanannya.

Tengah

Kurangnya otoritas Michael Carrick di lini tengah akibat cedera yang membuat dirinya absen cukup lama serta penampilan kurang konsisten dari Paul Pogba membuat lini tengah MU belum terbilang solid.

Nemanja Matic mulai tampil gemilang, namun belum didukung oleh gelandang lainnya termasuk Ander Herrera maupun Marouane Fellaini.

Sebaliknya, Klopp berhasil membereskan lini tengah dengan lebih baik lewat kemajuan yang ditampilkan Alex Oxlade-Chamberlain serta kembali bugarnya Adam Lallana.

Performa Emre Can, Georginio Wijnaldum, dan Jordan Henderson pun mengalami peningkatan di musim ini.

Prediksi: Liverpool unggul di lini tengah, bukan karena pemain-pemain yang lebih berkualitas, namun karena skuad asuhan Klopp berhasil menerapkan sistem dengan lebih baik.

Sering Dilihat:  Nonton Live Streaming Pusamania Borneo FC vs PSIS Semarang PGK Disini!

Depan

Hadirnya Mohamed Salah yang bertrio dengan Roberto Firmino dan Sadio Mane meningkatkan daya dobrak Liverpool di musim ini, terbukti lewat 67 gol yang tercetak dalam 29 pertandingan EPL atau 11 gol lebih banyak dibandingkan MU.

Sebaliknya, empat penyerang MU yakni Romelu Lukaku, Alexis Sanchez, Marcus Rashford, dan Anthony Martial nampak kerap bergumul untuk dapat melakukan penyelesaian sempurna di depan gawang.

Prediksi: Liverpool jauh lebih unggul di lini depan dan saat ini belum dapat tertandingi oleh MU.

Manajer

Membandingkan Jose Mourinho vs Jurgen Klopp bagaikan membandingkan antara siang dan malam.

Mourinho merupakan pelatih ‘moody’ penuh tekad yang selalu menemukan cara untuk meraih trofi terlepas dari gaya yang dipilihnya untuk mencapai kesuksesan tersebut, serta lebih memilih untuk bermain dengan aman.

Sebaliknya, Klopp merupakan pelatih yang membangun timnya secara energik, dipenuhi pemain-pemain muda berbakat dengan fokus pada serangan.

Prediksi: Bagi yang menyukai sepak bola penuh gaya dan hiburan, Klopp adalah pilihan yang tepat. Namun jika pertandingan adalah tentang trofi, maka Mourinho telah membuktikan dapat meraihnya dengan cara apapun.

Prediksi MU vs Liverpool

Tim asuhan Jurgen Klopp menampilkan kemajuan khususnya di lini serang dengan hadirnya trio Salah, Mane, dan Firmino, sementara MU memiliki skuad dengan pertahanan lebih dalam.

Empat pertemuan head to head terakhir antara MU vs Liverpool, kandang maupun tandang di berbagai kompetisi, selalu berakhir imbang baik baik tanpa gol maupun dengan berbagi 1 gol sama rata.

Namun secara klasemen, tidak dapat dipungkiri bahwa Manchester United saat ini masih lebih unggul dibandingkan Liverpool.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.