Nuansa Duka Di MotoGP Ceko 2017, Pembalap Legendaris Angel Nieto Tutup Usia

Angel Nieto

NontonBolaJo.com – Pembalap legendaris Angel Nieto meninggal dunia. Kabar duka ini mewarnai dimulainya putaran kedua MotoGP 2017 di sirkuit Brno akhir pekan ini, 4-6 Agustus 2017. Juara dunia yang telah mencicipi 13 gelar di ajang balap motor lintas kelas tersebut menghembuskan napas terakhir di usia 70 tahun pada hari Kamis (3/8/2017) waktu setempat.

Nieto berkompetisi di ajang Grand Prix dari tahun 1964 hingga 1986 dan berhasil mencatatkan 90 kemenangan selama karirnya serta berhasil merebut 13 gelar juara dunia balap motor lintas kategori 50cc, 80cc, dan 125cc. Kemenangan perdana diperoleh Nieto di Grand Prix Jerman 1969 di kelas 50cc, sedangkan kemenangan terakhir diraih di Grand Prix Prancis 1985 di kelas 80cc.

Pembalap asal Spanyol tersebut mengalami kecelakaan ‘horor’ saat motor roda empat yang dikendarainya ditabrak dari belakang oleh sebuah mobil yang dikemudikan seorang turis pekan lalu. Pasca kejadian tersebut, Nieto langsung dilarikan ke rumah sakit oleh petugas medis yang menggambarkannya sebagai cedera kepala serius.

Menurut laporan dari media Spanyol, pembalap legendaris berusia 70 tahun tersebut sempat menjalani operasi selama 2 jam untuk menstabilkan kondisinya. Selanjutnya, Nieto diposisikan dalam koma yang diinduksi serta tetap dalam perawatan unit intensif di rumah sakit Policlinica de Nuestra Senora del Rosario.

  • Jadwal MotoGP 2017 Lengkap dan Jam Tayang TRANS7, LIhat disini.

Awal pekan ini, dokter sempat menyatakan akan mulai secara bertahap mengurangi obat-obatan yang membuatnya tetap dalam posisi koma. Namun kondisi Nieto kemudian dilaporkan memburuk secara serius di malam hari seiring dengan upaya dokter menstabilkan edema selebral (peningkatan jumlah cairan pada otak), demikian dilansir dari Auto Sports (3/8/2017).

Memburuknya kondisi kesehatan Angel Nieto sempat menjadi sorotan dalam acara jumpa pers sebelum rangkaian seri ke-10 MotoGP Ceko 2017 digelar di sirkuit Brno. Ungkapan keprihatinan membuat acara konferensi pers meniadakan sesi pertanyaan sosmed yang biasanya menjadi acara penutup.

Dalam kesempatan tersebut Valentino Rossi sempat menyatakan bahwa dunia balap motor tengah menghadapi situasi yang buruk. “Saya memiliki hubungan luar biasa dengan Angel. Ini sebuah situasi yang buruk untuk dunia kami karena Angel adalah spesial, untuk karismanya dan tidak hanya kemenangannya. Tidak hanya 13 kali Juara Dunia, namun sebagai sosok sebagaimana adanya. Jadi kami harap yang terbaik,” ucap Rossi sebelum mendengar berita duka tersebut.

Selamat jalan Angel Nieto !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here