MotoGP Spanyol 2017 : Marquez ‘Rajai’ FP3, Bencana Bagi Yamaha Di Catalunya

Marc Marquez, pembalap Repsol Honda
Hasil Latihan Bebas 3, Marquez juara, Rossi ke Q2

NontonBolaJo.com – Marc Marquez kembali merajai latihan bebas ketiga (FP3) di MotoGP Spanyol 2017. Juara Dunia MotoGP 2016 tersebut sukses mendominasi kemenangan di ketiga sesi latihan bebas di sirkuit Barcelona-Catalunya dan memimpin 9 pembalap lainnya untuk bertarung di babak kualifikasi 2 dalam perebutan pole position.

Berbeda dengan seri sebelumnya, daftar 10 pembalap tercepat yang otomatis lolos ke kualifikasi 2 MotoGP Spanyol 2017 tidak ditentukan berdasarkan kombinasi waktu ketiga latihan bebas, namun hanya berdasarkan catatan waktu di FP3 yang diselenggarakan hari ini, Sabtu (10/6/2017). Keputusan ini diambil mengingat terjadinya perubahan layout lintasan antara FP1 dan FP2 yang diselenggarakan kemarin dengan FP3 yang baru saja selesai.

Sehubungan kritik para pembalap terhadap chicane baru di tikungan 14-15, maka MotoGP memutuskan untuk kembali menggunakan layout lintasan F1 seperti yang digunakan musim lalu. Namun ternyata, keputusan tersebut membawa bencana bagi Valentino Rossi dan para pembalap Yamaha lainnya.

Pasalnya, secara catatan waktu di FP3, tidak ada satupun pembalap Yamaha yang mendapatkan posisi di Top 10. Dengan demikian, tidak ada satupun perwakilan Yamaha yang lolos secara otomatis ke babak kualifikasi 2 untuk langsung memperebutkan pole position. Semuanya harus melewati kualifikasi pertama untuk memperebutkan 2 tempat terakhir di Q2.

Marquez menjuarai FP3 dengan catatan waktu 1 menit 44,178 detik, selisih 0,101 detik dari Dani Pedrosa yang berakhir sebagai runner up. Sedangkan Alvaro Bautista di posisi ketiga dengan selisih waktu 0,231 detik dari Marquez.

Posisi terbaik dari pembalap Yamaha di FP3 MotoGP Spanyol 2017 diraih oleh Jonas Folger, yang berada di urutan ke-11. Selanjutnya Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Johann Zarco masing-masing menempati urutan 13, 15, dan 16. Zarco sempat mengalami crash di tikungan 9 pada pertengahan sesi latihan bebas ketiga.

Cal Crutchlow juga menjadi salah satu pembalap yang harus mengikuti kualifikasi pertama. Runner up di FP1 ini mengakhiri FP3 di peringkat 12, selisih 0,625 detik dari Marquez. Dengan demikian, babak kualifikasi pertama di MotoGP Spanyol 2017 ini akan terasa berbeda dengan hadirnya pembalap-pembalap top yang nyaris selalu lolos ke kualifikasi 2 tanpa kendala.

Berikut daftar nama 10 pembalap yang lolos ke babak kualifikasi 2 untuk langsung memperebutkan pole position : Marc Marquez, Dani Pedrosa, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Andrea Iannone, Scott Redding, Danilo Petrucci, Hector Barbera.

Sebelum mengikuti kualifikasi 1 dan 2, para pembalap lebih dulu akan mengikuti latihan bebas terakhir selama 30 menit di FP4, yang akan diselenggarakan malam ini, Sabtu (10/6/2017), mulai pukul 18:30 WIB, dilanjutkan dengan kualifikasi 1 pada pukul 19:10 WIB dan kualifikasi 2 pukul 19:35 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here