MotoGP Silverstone Inggris 2017 : Jumat Terbaik Valentino Rossi Di Musim Ini

NontonBolaJo.com – Dua latihan bebas, FP1 dan FP2, MotoGP Silverstone Inggris 2017 telah digelar di hari Jumat (25/8/2017). Bagi Valentino Rossi, ini adalah hari Jumat terbaiknya di sepanjang musim 2017.

“Ini adalah hari yang bagus untuk kami. Pertama-tama, mengendarai motor balap MotoGP di Silverstone dengan cuaca luar biasa ini sangat bagus. Saya sangat menikmatinya. Karena trek ini fantastis dan cuaca ini sebuah kejutan besar bagi semua orang,” ucap Rossi usai mengikuti FP2 (25/8/2017).

Setelah mengakhiri FP1 di peringkat ke-5, Rossi berhasil melesat kencang di FP2 hingga menjadi pembalap kedua tercepat, selisih 0,241 lebih lambat dibandingkan Cal Crutchlow yang menjadi juara di FP2.

“Saya menikmatinya juga karena saya mendapatkan perasaan bagus dengan motor dari lap pertama. Seperti terjadi di berbagai waktu sepanjang musim, terkadang saya memiliki perasaan yang sangat bagus dengan motor dan dengan ban, di lain waktu saya lebih menderita.

“Namun kami melakukan sangat banyak lap dengan ban yang digunakan, kami mencoba medium, kami mencoba hard. Beberapa juga mencoba soft. Sepertinya lagi akhir pekan ini, tiga opsi untuk bagian belakang terbuka untuk semua orang. Jadi saya pikir akan sangat penting untuk semuanya membuat pilihan yang tepat pada hari Minggu. Tergantung temperatur dan kondisi lintasan.

“Kami memiliki kecepatan yang bagus, dengan ban yang telah digunakan saya masih kompetitif, dan waktu lap saya cukup konstan dan cukup cepat. Jadi kami akan memulai dengan cara yang bagus,” ungkap Rossi.

Sering Dilihat:  MotoGP Italia 2017, Valentino Rossi 'Pamit' Pada Fans Di Misano

Meskipun menyelesaikan FP1 dan FP2 dengan catatan waktu yang baik, namun The Doctor tidak menampik bahwa akan sulit untuk menciptakan situasi seperti final race dalam sebuah sesi latihan. “Sangat sulit menciptakan kembali situasi balapan selama latihan, karena kami harus berhenti dan mulai kembali. Namun dengan kedua ban saya melakukan sekitar 13, 14 lap, jadi masih 6, 7 yang harus dilakukan (di final race), namun perasaannya bagus, saya masih cepat dan waktu lap bagus.

“Pastinya masih banyak yang harus dikerjakan, namun kami siap dengan kecepatan yang bagus dan saya sangat gembira,” ujarnya.

Tidak hanya Rossi, rekan sesama tim Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, pun memperlihatkan peningkatan setelah sebelumnya sempat bergumul di Red Bull Ring, Spielberg.Vinales mengakhiri FP1 sebagai yang tercepat, sementara di FP2 menempati posisi ketiga tercepat.

Rossi memperkirakan kesuksesan di hari Jumat sangat tergantung pada karakter motor M1 yang cocok dengan sirkuit yang cepat dan mengalir, namun juga dengan sesuatu yang mereka temukan saat melakukan tes privat di Misano.

“Motor kami bekerja dengan sangat baik di sini. Saya pikir sesuatu yang kami coba di Misano membantu kami, terutama karena motor bekerja dengan sangat baik di sini. Dan juga ban, anda merasa ban-nya ketika mengendarai dan kami dapat menjadi kuat, dengan kecepatan yang bagus,” tutur Rossi.

Sering Dilihat:  Nuansa Duka Di MotoGP Ceko 2017, Pembalap Legendaris Angel Nieto Tutup Usia

Terkait sirkuit Silverstone yang tidak mulus (bumpy), seperti yang sempat dikeluhkan Crutchlow dalam konferensi pers jelang dimulainya MotoGP Inggris 2017, Rossi berpendapat bahwa kondisi trek tidak lebih buruk dibandingkan tahun lalu.

“Bagi saya pribadi, trek ini tidak terlalu buruk dibandingkan tahun lalu, kurang lebih sama. Pastinya mobil dan Formula 1 merusak lintasan, namun juga di Silverstone, anda memiliki sangat banyak aspal berbeda, dan persendian juga di tengah tikungan, jadi karena alasan tersebut ini sulit.

“Anda harus memiliki motor yang mudah menghadapi ‘bumps’ (benjolan pada jalan), namun di waktu yang sama dengan sebuah performa tinggi. Jadi tidak mudah menemukan keseimbangan yang bagus. Namun kami mulai dari level yang bagus, ini sangat penting, karena kini kami dapat lebih fokus pada pilihan ban dan detail dan mencoba untuk menjadi lebih cepat dan lebih cepat,” tandas Rossi.

Pemilik nomor balap VR 46 ini merupakan salah satu dari tiga pembalap yang tahun lalu naik podium di Silverstone. Dalam MotoGP Inggris 2017, Vinales, yang saat itu masih bergabung dengan tim Suzuki Ecstar, berhasil menjadi juara pertama, diikuti Crutchlow dan Rossi di peringkat ke-2 dan ke-3.

Selanjutnya, latihan bebas ketiga (FP3) akan digelar di sirkuit Silverstone pada sore hari ini, Sabtu (26/8/2017), mulai pukul 15:55 WIB. Sepuluh pembalap tercepat di FP3 secara otomatis akan lolos ke babak kualifikasi 2 (Q2) untuk menentukan peraih pole position di MotoGP Inggris 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.