MotoGP Jepang 2017 : Zarco Rebut Pole Position, Marquez Lakukan Kesalahan Besar !

NontonBolaJo.com – Hasil kualifikasi MotoGP Motegi Jepang 2017 dimenangkan oleh Johann Zarco sebagai peraih pole position. Pembalap Tech 3 Yamaha tersebut berhasil melewati catatan waktu Marc Marquez yang mengaku melakukan kesalahan besar.

Dua belas pembalap yang lolos ke Q2 memperebutkan pole position dalam babak kualifikasi di sirkuit Motegi hari Sabtu 14 Oktober 2017 mulai pukul 12:35 WIB. Kualifikasi MotoGP Motegi Jepang 2017 pun berlangsung ketat dan sengit.

Marc Marquez sebenarnya menjadi pembalap pertama yang berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan 1 menit 53,903 detik. Bahkan sang pemimpin klasemen sementara berhasil menciptakan jarak sekitar 1,8 detik dari Petrucci yang sempat menempati posisi kedua.

Namun selanjutnya, Marquez memutuskan taktik keliru ketika memilih ban versi slick ketika melaju ke lintasan untuk kedua kalinya. Dengan lintasan yang belum cukup kering, pilihan ban tersebut membawa masalah bagi Marquez.

Sebenarnya kejadian ini sama dengan yang dialami Valentino Rossi. Memilih ban versi slick sejak awal kualifikasi membuat The Doctor tidak mampu tampil kompetitif dan harus mengakhiri kualifikasi di urutan ke-12, meskipun sempat mengganti ban versi wet.

Sering Dilihat:  Hasil FP3 MotoGP Motegi Jepang 2017, Marquez Tercepat Dan Rossi Ke-2

Namun menurut Marquez, kesalahan besar yang dilakukannya di tikungan terakhir yang membuatnya kehilangan pole position.

“Pada lap tercepat saya membuat sebuah kesalahan di tikungan terakhir. Ini penting untuk mengerti beberapa hal. Mungkin saya lebih menderita. Kami ada di sini dan di depan rival utama kami, jadi ini penting,” kata Marquez usai kualifikasi.

Seperti penuturan Marquez, empat pesaing terdekatnya di klasemen sementara MotoGP 2017 memang mengakhiri kualifikasi di posisi yang lebih ‘buruk’. Pedrosa mengawali final race dari posisi ke-6, Dovizioso ke-9, Rossi ke-12, dan Vinales ke-14.

Hasil Kualifikasi MotoGP Motegi Jepang 2017, Zarco Raih Pole Position.

Sebaliknya, pilihan ban yang tepat berhasil membawa Zarco merebut pole position dengan catatan waktu 1 menit 53,469 detik.

Sering Dilihat:  Diego Costa Tidak Ada Dalam Rencana Chelsea Musim Depan !

“Ketika saya mulai dengan (ban) soft, rasanya tidak buruk. Hanya sesuatu yang hilang. Saya berpikir tentang menggunakan slick, namun pada akhirnya saya tidak melakukannya. Kami siap berjuang. Ini emosi yang bagus. Ini pole position ke-2 dalam musim saya sebagai rookie. Ini motivasi luar biasa,” jelas Zarco.

Sementara itu, Petrucci pun mengakui bahwa lintasan yang belum cukup kering menimbulkan kesulitan tersendiri. “Ini adalah sesi yang sangat berantakan karena lintasan mengering tapi tidak cukup. Ini menjadi sulit. Kami dapat memperbaiki seluruh masalah dan kami cukup cepat. Di kondisi basah sepenuhnya kami mengalami masalah dengan ban belakang, namun baris terdepan ini penting untuk kami,” tegas Petrucci.

Selanjutnya para pembalap akan mengikuti puncak pertarungan sengit pada final race MotoGp Motegi Jepang 2017 yang berlangsung hari Minggu 15 Oktober 2016 mulai pukul 12:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.