MotoGP Inggris 2017 : Ada Uji Coba ‘Flag To Flag’ Di FP2 Sirkuit Silverstone

NontonBolaJo.com – Para pembalap MotoGP akan melakukan uji coba terkait usul perubahan prosedur pergantian motor dalam balapan flag-to-flag. Uji coba tersebut rencananya akan dilakukan pada latihan bebas kedua (FP2) di sirkuit Silverstone, Jumat (25/8/2017).

“Proses pertukaran motor (bike-swap) baru akan memiliki tanda pada pitlane mengindikasikan titik dimana para pembalap boleh kembali dan posisi motor baru bagi seluruh tim. Ini akan juga termasih mekanik yang tugas utamanya untuk mengamati lalu lintas pitlane saat mengganti motor dan memastikan pembalapnya dapat dirilis secara aman,” demikian pernyataan yang mengkonfirmasi diadakannya tes terkait bike-swap di akhir FP2, seperti dilansir dari Crash (24/8/2017).

Bagi yang memantau balap final MotoGP Ceko 2017 mungkin masih ingat ketika Andrea Iannone terjatuh setelah Aleix Espargaro diminta keluar lintasan saat berada di depannya ketika balap final berlangsung di sirkuit Brno dalam kondisi cuaca tak menentu. Hal tersebut memicu tinjauan kembali dari sistem ‘bike-swap’ dalam balapan yang berlangsung secara’flag-to-flag’ sambil memperhatikan masukan dari para pembalap.

Beberapa perubahan yang akan diujicobakan diantaranya :

  • Lebih sedikit orang di pitla dengan mendorong semua pengerjaan persiapan motor diselesaikan dalam garasi.
  • Pergantian motor harus diselesaikan di pinggir pitlane, di luar garasi tim, dengan sudut motor yang menunggu sekitar 45 derajat.
  • ‘Lollipop man’ akan memberi tanda ketika seorang pembalap secara aman dapat keluar dengan motor kedua.
Sering Dilihat:  Jadwal Jam Tayang Race Motogp Qatar 2018 Live TRANS7 Minggu 18 Maret 2018

Menurut pemuncak klasemen sementara MotoGP 2017 saat ini, Marc marquez, setelah tes diadakan maka para pembalap akan memberikan pendapat mengenai hal tersebut. Namun pembalap Repsol Honda tersebut mengaku bahwa tidak terlalu menyukai aturan seperti tertera di atas kertas.

“Kami akan menguji sistem baru setelah FP2. Setelah mencoba, kita akan lihat. Saya akan memberikan pendapat. Di atas kertas, saya tidak menyukainya. Namun pertama-tama saya perlu mencoba dan kemudian memberikan pendapat saya,” tutur Marquez.

Menurut runner up klasemen, Andrea Dovizioso, para pembalap tidak dapat meraih kesepakatan dalam Safety Commission dan menyambut tes tersebut dengan baik.

“Dalam Safety Commission, kami tidak dapat menemukan satu solusi dari para pembalap. Kami memberikan banyak saran namun kami tidak dapat menemukan satu solusi. Jadi tim mencoba menemukan solusi yang akan kami coba besok. Dalam semua situasi tidak semua orang gembira, jadi saya pikir bagus untuk mencoba hal-hal ini besok. Setelahnya kami akan membicarakan dalam Safety Commission tentang (dampak) positif dan negatif dan saya pikir kami akan mengambil keputusan,” jelas Dovizioso.

Sering Dilihat:  Hasil FP1 MotoGP Austria 2017 : Mendung Naungi Red Bull Ring Di Latihan Bebas Pertama

“Seperti dikatakan Dovi, kami memiliki sangat banyak gagasan dan semuanya berbeda. Pada akhirnya kami memiliki gagasan ini untuk besok dan kami akan mencobanya. Menengarai yang ada di kertas, saya berpikir itu bukanlah yang terbaik. Namun itu sebuah proposal, jadi kami harus mencoba dan kemudian membagikan pendapat kami besok sore,” ungkap Dani Pedrosa.

Perubahan cuaca yang cukup ekstrim memang cukup sering terjadi di MotoGP tahun ini. Salah satunya dalam MotoGP Ceko 2017 di saat seluruh pembalap secara bergantian harus menukar motor balapnya untuk menyesuaikan jenis ban dengan kondisi cuaca.

Menurut jadwal, FP2 MotoGP Inggris 2017 di sirkuit Silverstone akan digelar malam ini, Jumat (25/8/2017), mulai pukul 20:05 WIB. Namun sebelumnya, para pembalap terlebih dahulu mengikuti latihan bebas pertama (FP1) yang digelar di hari yang sama, mulai pukul 15:55 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.