MotoGP Ceko 2017 : Strategi Cantik Bawa Marquez Juara Pertama

NontonBolaJo.com – Marc Marquez berhasil menjadi juara MotoGP Ceko 2017 lewat strategi cantiknya di sirkuit Automotodrom Brno hari Minggu (8/6/2017). Kepiawaian juara dunia MotoGP 2016 tersebut untuk menentukan waktu yang tepat kembali ke pit dan mengganti motor balap membawanya meraup 25 poin penuh di seri ke-10 MotoGP 2017.

Guyuran hujan yang turun sebelum final race MotoGP dimulai membuat lintasan dalam kondisi lembap. Akhirnya diputuskan bahwa akan digelar balapan di lintasan basah, yang membuat ke-23 pembalap memilih ban varian ‘wet’ di awal balapan.

Peraih pole position, Marquez, berhasil memulai balap dengan start yang bagus dengan memilih ban ‘soft wet’. Namun tidak lama kemudian pembalap Ducati, Jorge Lorenzo berhasil mendahului di tikungan ke-5 dalam lap pembuka.

Perlahan namun pasti, posisi Marquez terus merosot hingga mendekati posisi 10 sebelum kemudian dengan cepat memutuskan kembali ke pit di akhir lap kedua untuk mengganti motor balapnya menghadapi lintasan kering. Keputusan tepat di waktu yang tepat inilah yang membawa Marquez menjadi juara pertama di Brno.

Sering Dilihat:  Hasil FP1 MotoGP Jepang 2017, Latihan Di Tengah Hujan

Beberapa pembalap lainnya mengikuti jejak Marquez di lap selanjutnya. Namun tidak demikian dengan Lorenzo, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Johann Zarco yang masih memperebutkan posisi teratas. Lorenzo akhirnya kembali ke pit di akhir lap keempat setelah Rossi berhasil memimpin, namun pada akhirnya tidak mampu mengejar para pembalap dengan motor balap keduanya.

Rossi, Dovizioso, dan Zarco berusaha untuk terus bertahan di lintasan sehingga akhirnya Marquez berhasil melesat pesat. Rossi dan Dovizioso akhirnya berspekulasi mengganti motor balap di lap kelima, sedangkan Zarco baru masuk pit di lap keenam.

Marquez langsung nyaman menempati posisi terdepan dengan selisih lebih dari 20 detik dibandingkan pembalap terdekatnya. Dani Pedrosa, yang bersama Lorenzo memutuskan kembali ke pit di lap empat, berhasil meningkatkan posisinya perlahan namun pasti hingga mengakhiri balap di posisi runner up.

Sering Dilihat:  Insiden MotoGP Argentina 2018: Penjelasan Marquez, Antara 'Ngga Paham' Hingga Kondisi Lintasan

Demikian pula Maverick Vinales, yang kembali ke pit di lap ke-4, berhasil memulihkan posisi secara bertahap, melewati Cal Crutchlow, dan mencapai podium di urutan ketiga. Sedangkan Rossi baru berhasil melewati Crutchlow di lap terakhir untuk ‘mencuri’ posisi ke-4 dari pembalap LCR Honda tersebut.

Dovizioso mengakhiri balapan di urutan ke-6, diikuti pembalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci di posisi ke-7. Dua bersaudara Espargaro, Aleix dan Pol, menempati urutan 8 dan 9. Aleix mendapat penalti tiga posisi akibat rilis yang tidak aman di pit, yang menyebabkan pembalap Suzuki, Andrea Iannone, terjatuh.

Posisi 10 besar ditutup oleh Jonas Folger, yang sempat dua kali menuju pit. Sedangkan Lorenzo hanya mampu mengakhiri balap final MotoGP Ceko 2017 di urutan ke-15.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.