MotoGP Austria 2017 : Cuaca Kembali Hantui Valentino Rossi dkk di Red Bull Ring, Spielberg

NontonBolaJo.com – MotoGP Austria 2017 akan digelar sepanjang akhir pekan ini, mulai hari Jumat (11/8/2017) hingga Minggu (13/8/2017). Namun sekali lagi, kondisi cuaca yang diduga akan sedikit berantakan menjadi perhatian khusus bagi Valentino Rossi dan para pembalap lainnya di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

Pada seri ke-10 MotoGP 2017 di sirkuit Brno, para pembalap harus melalui final race dengan balapan flag-to-flag akibat kondisi cuaca yang tidak stabil. Kini prakiraan cuaca tak menentu diprediksi akan kembali mempengaruhi aksi para pembalap di hari pertama dan kedua di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

Kondisi cuaca inilah yang menjadi salah satu pokok pembahasan di antara 6 pembalap yang menghadiri konferensi pers jelang dimulainya MotoGP Austria 2017, yang terdiri atas Marc Marquez, Maverick Vinales, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, dan Pol Espargaro selaku pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing.

Pemimpin klasemen sementara MotoGP 2017, Marc Marquez, berhasil menampilkan strategi cantik di tengah kondisi cuaca tak menentu saat balap final di sirkuit Brno. Hal tersebut berhasil membawanya menjadi juara MotoGP Ceko 2017 dan mengokohkan posisinya di puncak klasemen. Namun tahun lalu, juara dunia MotoGP 2016 ini nampak cukup kesulitan menaklukkan sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

“Kami datang langsung dari Brno ke sini, dan masih dengan perasaan yang baik setelah tes hari Senin. Kita lihat saja, tahun lalu adalah sebuah akhir pekan dimana saya lebih bergumul, namun tahun lalu kami tidak melakukan uji coba di sini, dan tahun ini kami sedikit memperbaiki akselerasi. Sepertinya cuaca akan tidak stabil, jadi penting untuk selalu mengambil langkah yang tepat, hanya mencoba menemukan setup terbaik untuk hari Minggu.

“Red Bull Ring adalah sebuah sirkuit yang benar-benar spesial, pengereman dengan keras dan akselerasi. Kami akan melihat apakah tahun ini kami dapat menemukan keseimbangan yang tepat. Tahun lalu saya ok, namun di balapan ban sangat drop, namun tahun ini saya pikir kami dapat lebih kompetitif. Tahun ini kami akan memperhatikan jika kami dapat berjuang untuk podium, atau top 5 atau menang, anda tidak pernah tahu. Dalam tes kami menemukan sesuatu, saya mengendarai dengan nyaman dan saya memperbaiki sedikit rasa di bagian depan, jadi kita lihat saja,” tutur Marquez.

Sering Dilihat:  Hasil Sementara Tes Resmi MotoGP Sepang 2018 Hari Ketiga: Lorenzo Pecahkan Rekor!

Berbeda dengan Marquez, pesaing ketatnya di klasemen, Maverick Vinales, menikmati balapan di Red Bull Ring tahun lalu. Dan setelah berhasil kembali naik podium di Brno, Vinales memastikan akan berjuang untuk mendapatkan hasil positif di Spielberg.

“Saya sungguh menyukai lintasan, tahun lalu sangat bagus dan ini sebuah lintasan dimana saya sangat dekat ke puncak (posisi ke-6 di final race). Saya termotivasi di akhir pekan ini dan setelah podium, perasaan saya membaik. Dalam tes saya kembali merasa luar biasa di motor balap dan memperoleh ritme yang luar biasa, terutama di paruh terakhir hari itu (di sirkuit Brno).

“Kami tidak menggunakan fairing baru akhir pekan ini karena kami tidak menemukan hal yang benar-benar positif, kami ingin mengujinya lagi di trek lain. Namun kami menggunakan yang pernahd igunakan di Le Mans, jadi pastinya kami siap mengujinya dan melihat andaikan kami dapat meningkatkan akselerasi di sini. Jika akan terjadi kondisi cuaca yang kurang stabil, sangat penting untuk berada di Q2. Saya siap melaju !” tegas Vinales.

Senada dengan Vinales, rekannya sesama tim Yamaha Movistar MotoGP, Valentino Rossi, pun berpendapat bahwa lintasan di sirkuit Red Bull Ring bukanlah tempat yang tepat untuk jenis fairing yang diujicobakan di Brno. Menurut peraih 9 kali gelar juara dunia tersebut, sirkuit Red Bull Ring merupakan sebuah sirkuit yang menyenangkan, namun membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.

“Brno adalah sebuah akhir pekan yang bagus untuk saya dengan kecepatan, dan tes di hari Senin juga bagus. Kami mencoba beberapa hal baik, beberapa hal yang sama dan pada akhirnya saya mengakhiri dengan waktu lap kurang lebih sama seperti yang saya lakukan di hari Sabtu. Kami berpikir di sini bukanlah trek yang sempurna untuk jenis fairing yang kami ujicoba di Brno, namun kami akan mengecek selama akhir pekan untuk menemukan rencana terbaik untuk balapan di hari Minggu.

“Ketika anda mengendarai di lintasan ini, akan sedikit berbeda dibandingkan yang lain – ini sangat, sangat cepat, rata-rata kecepatannya luar biasa dan tidak ada sangat banyak tikungan jadi anda harus konsentrasi setiap meter, dan pengereman juga sangat penting. Ini sebuah trek yang menyenangkan, sepertinya cuaca tidak fantastis akhir pekan ini, namun kami akan mencoba dan bersiap,” kata Rossi, yang hadir di Spielberg sebagai peraih posisi ke-4 di klasemen sementara MotoGP 2017.

Sering Dilihat:  Prediksi Valentino Rossi Jelang MotoGP Austria 2018: Mirip Brno!

Peraih posisi ke-5 di klasemen sementara, Dani Pedrosa, berpendapat bahwa lintasan di Spielberg, Austria ini membutuhkan pengereman yang kuat serta akselerasi yang tangguh. Menurutnya, menemukan cara untuk melakukan ‘wheelie’ dan mempercepat motor balap saat keluar dari tikungan akan menjadi faktor kunci untuk dapat meraih hal positif di Red Bull Ring.

“Kami memulai di sini dengan motor balap yang kami gunakan saat tes. Kami akan melihat bagaimana motor yang kami gunakan cocok dengan trek, yang memiliki layout berbeda dengan pengereman kuat dan akselerasi sulit. Kami harus mencari jalan keluar bagaimana dapat lebih sedikit berjuang dengan wheelie dan mempercepat motor saat keluar dari tikungan – itu akan menjadi hal kunci. Ducati sangat tangguh tahun lalu dan kami harus juga memperhatikan mereka,” ujar Pedrosa.

Terakhir, Pol Espargaro pun angkat bicara mengenai MotoGP Austria 2017 yang merupakan balap kandang bagi Red Bull KTM Factory Racing. “Saya sangat gembira ada di sini dan bagaimana kami bisa melakukannya. Untuk tiba di sini setelah mencetak skor pekan lalu adalah sangat menyenangkan karena seluruh mekanik dan semua orang sangat bergairah untuk memulai akhir pekan. Namun akan ada sedikit tekanan!” tutur pembalap asal Spanyol tersebut.

“Pabrikan bekerja sangat baik, dalam beberapa balapan kami hadir dari grid terakhir ke posisi tengah, yang tidak dapat dipercaya hanya dalam 8 balapan. Jika kami memiliki sebuah gol di akhir tahun kami harus tetap bekerja, dan saya sungguh menghargai pekerjaan yang dilakukan KTM,” pungkasnya.

Selanjutnya, para pembalap akan mempersiapkan diri untuk mengikuti latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Austria 2017 yang akan digelar hari Jumat (11/8/2017) mulai pukul 14:55 WIB di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.