Mengulik Taktik Timnas U-22 Indonesia vs Vietnam, ‘Pemain Harus Kompak’ !

NontonBolaJo.com – Sejak awal pihak PSSI telah memperingatkan Timnas U-22 Indonesia untuk mewaspadai Thailand dan Vietnam. Setelah berhasil menahan imbang The War Elephants di laga perdana, kini skuad Garuda Muda akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan yang akan berlangsung di Selayang Municipal Council Stadium, Selayang, pada hari Selasa malam (22/8/2017).

Absennya Evan Dimas menarik perhatian pihak lawan. Skors akibat akumulasi kartu kuning yang dialami pemain yang dijuluki ‘Lionel Messi dari Indonesia’ tersebut dianggap sebagai salah satu keuntungan bagi Vietnam. Namun pelatih Timnas U-22 Indonesia, Luis Milla, telah mengantisipasi hal tersebut.

“Penggantinya Evan belum dapat dipastikan antara Hargianto atau Hanif. Tapi yang pasti mereka berdua yang punya kesempatan bermain besok. Akan ada perubahan formasi karena ada empat atau lima posisi yang berubah,” tutur asisten pelatih Timnas U-22 Indonesia, Bima Sakti (21/8/2017).

Hal yang sangat ditekankan oleh Milla jelang laga Indonesia vs Vietnam adalah kekompakan antar pemain di lapangan. Menurutnya, performa tangguh Vietnam dihasilkan dari kerja sama yang bagus, terutama di lini pertahanan.

“Yang pasti pelatih sudah mengingatkan pemain harus kompak, baik saat menyerang atau pun bertahan. Jadi bertahan atau tidak kita semua bertanggung jawab bersama-sama. Yang jelas, kita akan memaksimalkan sayap-sayap kita. Yang penting konsentrasi bagaimana bertahan, kenapa tim ini (Vietnam) performa bagus sekarang, karena pelatih menilai tim ini punya kerja sama terutama dalam bertahan,” ungkap Bima.

Sering Dilihat:  Hasil Skor : Live Timnas U19 Indonesia vs Brunei, Skor Akhir 8-0 Piala AFF U-18 2017

Meskipun tidak bisa memperkuat tim-nya, Evan telah memberikan beberapa masukan mengenai gaya permainan Vietnam. Menurutnya, tim ini memiliki pemain dengan permainan individual yang bagus sehingga kekompakan dan saling mendukung sangat penting dilakukan di lapangan.

“Mereka punya banyak pemain dengan individu-individu bagus, jadi kita harus kompak dan saling dukung di dalam lapangan. Kita harus waspada dengan kecepatan mereka. Saya melihat mereka bermain, ketika mendapatkan bola banyak pemain berusaha lari di belakang pertahanan lawan,” pesan Evan.

Salah satu ‘keuntungan’ Tim Merah Putih dibandingkan Vietnam adalah terkait lawan tanding di laga terakhir Grup B. Indonesia akan menghadapi tim yang menempati posisi juru kunci di klasemen, Kamboja. Sebaliknya, Vietnam menantang juara bertahan dua edisi SEA Games terakhir, Thailand.

Dengan menghadapi 2 pertandingan alot secara beruntun, maka pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang pastinya harus berpikir keras untuk menyusun strategi lineup terbaik. Dari 20 pemain yang terlibat dalam skuad, hanya kiper Bui Tien Dung yang belum terlibat dalam 3 pertandingan perdana.

Antara pertandingan melawan Timor Leste dan Kamboja, Huu Thang melakukan rotasi 2 pemain di susunan lineup. Sedangkan saat menang atas Filipina, secara umum terjadi 6 pergantian pemain. Dalam ketiga pertandingan tersebut, sang pelatih pun menerapkan formasi 4-4-2. Saat menghadapi Timor Leste, Huu Thang lebih memilih untuk menduetkan pemain gelandang yang bersifat menyerang. Namun saat menghadapi Kamboja dan Filipina, gelandang bertahan memiliki porsi yang lebih besar.

Sering Dilihat:  Live Streaming MNCTV Liverpool vs Everton 'Derby Merseyside': Waspada Kebangkitan The Toffees!

Belum diketahui taktik seperti apa yang diterapkan Huu Thang untuk menghadapi Indonesia. Namun yang jelas Vietnam akan berjuang untuk dapat memenangkan pertandingan ini agar dapat secara dini mengukuhkan langkahnya ke babak semi final dibandingkan harus mengambil resiko menunggu hasil pertandingan terakhir yang mempertemukannya dengan Thailand. Dan salah satu pemain yang wajib diwaspadai lini pertahanan Indonesia adalah Nguyen Cong Phuong, top skorer yang telah mencetak 4 gol di SEA Games 2017 ini.

Meskipun optimis dapat memenangkan pertandingan ini, Nguyen Huu Thang tidak yakin skuad asuhannya mampu kembali pesta gol. “Sepertinya tidak kami tidak akan mencetak banyak gol saat berjumpa Indonesia. Saya mengapresiasi Indonesia dan Thailand. Pertandingan nanti akan sangat ketat, dan sulit mencetak gol banyak. Saya berharap pemain melanjutkan permainan bagus mereka,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.