Mengintip Peluang Valentino Rossi Di MotoGP Ceko 2017

Valentino Rossi

NontonBolaJo.com – Putaran kedua MotoGP 2017 akan dimulai akhir pekan pertama di bulan Agustus 2017. Valentino Rossi dan para pembalap lainnya akan mengikuti MotoGP Ceko 2017 di sirkuit Automotodrom Brno mulai tanggal 4 Agustus hingga 6 Agustus 2017.

Rossi mengawali putaran kedua MotoGP 2017 dari posisi ke-4 di klasemen sementara dengan meraih total 119 poin dalam 9 seri yang telah dilalui. Sementara itu, tiga pembalap yang berada di atasnya, yakni Marc Marquez (posisi ke-1), Maverick Vinales (ke-2), dan Andrea Dovizioso (ke-3) masing-masing mengoleksi 129 poin, 124 poin, dan 123 poin.

Ketatnya selisih poin membuat para pembalap masih memiliki peluang besar untuk dapat menjadi juara dunia MotoGP 2017. Untuk itu, ajang balap perdana pasca liburan musim panas dapat menjadi momen yang tepat bagi para pembalap untuk meraup poin semaksimal mungkin, termasuk bagi Rossi.

Berdasarkan catatan statistik, The Doctor tidak pernah gagal naik podium di sirkuit Brno dalam tiga musim terakhir, menjadi juara ketiga di tahun 2014 dan 2015, serta sebagai runner up di MotoGP Ceko 2016. Namun, kemenangan terakhir Rossi sebagai juara pertama di sirkuit sepanjang 5,4 km ini diraih tahun 2009, saat dirinya meraih gelar juara dunia MotoGP ke-7 kalinya.

Meskipun secara keseluruhan Rossi telah 7 kali berhasil menjadi juara di sirkuit Brno (3 kali juara masing-masing di kelas 125 cc, 250 cc, dan 500 cc, dan 4 kali juara di kelas MotoGP), namun salah seorang jurnalis MotoGP, Guido Meda, menilai catatan statistik masa lalu tersebut tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peluang Rossi menjadi juara di MotoGP Ceko 2017.

“Untuk menjadi yang pertama seseorang harus memiliki konsistensi. Topik yang sulit ketika anda memiliki lawan tangguh dan berusia muda, ban yang jelas tidak stabil bagi semua orang, dan memiliki motor balap yang awalnya dianggap sempurna, namun ternyata tidak.

“Sepertinya, di awal musim, bersama Vinales. Dalam kotak Yamaha, perbandingannya adalah stimulasi. Namun fakta bahwa pembalap asal Spanyol tersebut telah kehilangan beberapa musim pastinya bukan kabar bagus untuk Valentino, mengingat keduanya secara teknis berada di perahu yang sama,” tutur Meda seperti dilansir dari Tutto Motori Web (27/7/2017).

Di akhir perbincangan, Meda pun memberikan pandangannya mengenai Brno secara umum. “Valentino tengah mengerjakan pengaturan untuk sasis baru, Vinales kekurangan tenaga yang telah meningkat sejak awal musim.

“Keduanya (Rossi dan Vinales) bingung dengan ban yang tidak pernah memberikan respons yang sama dan kesulitan menghadapi kondisi aspal yang tua dan panas. Di balapan selanjutnya, katakanlah, di Brno, dimana biasanya (cuaca) panas dan aspalnya sudah tua. Secara teori harus berjuang lebih keras. Namun di tahun 2017 teori ternyata tidak bernilai apa-apa,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here