Martin Atkinson Jadi Wasit Di Derby Manchester, Bukan Favoritnya Mourinho

Martin Atkinson diumumkan menjadi wasit dalam laga akbar Derby Manchester yang mempertemukan Man City vs MU di pekan ke-33 Liga Inggris hari Sabtu 7 April 2018 di Etihad Stadium.

Martin Atkinson bukanlah wasit ‘favorit’ Jose Mourinho mengingat keluhan yang secara khusus dilontarkan The Special One mengenai performa sang wasit dalam pertandingan musim lalu di Stamford Bridge.

Ketika itu, Mourinho mempertanyakan keputusan Atkinson tidak mengusir David Luiz setelah menjegal keras Marouane Fellaini saat MU kalah telak 0-4 dari Chelsea.

“Ini pertandingan besar bagi kedua klub dan Anda ingin seorang wasit yang adil. Anda ingin wasit yang kuat dan kami tidak mendapatkannya,” tutur Mourinho kala itu, seperti dilansir dari Manchester Evening News (3/4/2018).

Lihat juga: Link Live Streaming LIga Champions Manchester City vs Liverpool

“Saya tidak mengerti bagaimana dia mendapatkan pertandingan, saya harus katakan ketika saya melihat siapa yang menjadi wasit, saya takut yang terburuk,” imbuhnya.

Sebelumnya, Atkinson pernah menghadiahi Fellaini kartu merah akibat melakukan ‘head-butting’ terhadap Sergio Aguero dalam Derby Manchester yang berakhir imbang tanpa gol di bulan April 2017.

Sering Dilihat:  Siaran Langsung Fuenlabrada vs Real Madrid | Live Streaming Copa del Rey 2017

“Saya tidak melihatnya namun mungkin saya dapat menebak bahwa ini sedikit kartu merah dan sedikit dari (aksi) seorang yang sangat berpengalaman, pemain asal Argentina yang pintar.

“Marouane mengatakan bahwa kartu merah itu karena dirinya adalah Marouane. Martin Atkinson mengungkapkan pendapatnya kepada saya bahwa itu kartu merah, namun saya melihat Aguero di lorong, tidak ada hidung patah, tidak ada kepala yang retak, wajahnya baik seperti biasa,” pendapat Mourinho mengenai kartu merah Fellaini tersebut.

Menariknya, Mourinho bukanlah satu-satunya pelatih MU yang pernah ‘menggerutu’ terkait keputusan Atkinson.

Sir Alex Ferguson pun pernah mempertanyakan keputusan sang wasit saat menolak memberikan hadiah penalti untuk MU di tahun 2008 dalam babak perempat final FA Cup kontra Portsmouth ketika Sylvain Distin menjegal Cristiano Ronaldo.

“Ini pastinya tidak masuk akal. Saya tidak dapat menjelaskannya. Manajer dipecat karena hal-hal seperti ini dan dia akan menjadi wasit dalam sebuah pertandingan minggu depan.

Sering Dilihat:  Live Stream Liga Inggris Brighton vs Arsenal 4/3/2018: Hughton Risau Hadapi Reaksi The Gunners

“Mereka memiliki keyakinan luar biasa untuk bergantung setelah mengetaui wasit ada di pihak mereka,” kritik Ferguson kala itu.

Namun kehadiran Martin Atkinson tidak selalu merugikan bagi The Red Devils. Buktinya, dalam empat Derby Manchester terakhir saat dirinya bertugas di tahun 2009, 2010, 2012, dan 2017, berakhir dengan tiga kemenangan untuk United dan satu hasil imbang di musim lalu.

Uniknya, tiga kemenangan MU ketika Atkinson bertugas sebagai wasit dalam Derby Manchester tersebut diraih lewat gol telat di menit-menit jelang akhir pertandingan.

Kemenangan dramatis dengan skor 4-3 di Old Trafford pada bulan September 2009 diperoleh lewat gol Michael Owen di menit ke-96. Sedangkan dalam dua laga tandang di bulan April 2010 dan Desember 2012 kemenangan untuk MU diperoleh masing-masing melalui gol telat Paul Scholes (90′) dan Robin van Persie (92′).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.