Marquez Juarai FP1 Dan FP2 Di MotoGP Spanyol 2017, Yakin Vinales Kuasai Babak Kualifikasi

Marc Marquez, pembalap Repsol Honda
Hasil Latihan Bebas 3, Marquez juara, Rossi ke Q2

NontonBolaJo.com – Marc Marquez sukses menjadi juara di dua sesi latihan bebas, FP1 dan FP2, yang dilaksanakan kemarin, Jumat (9/6/2017), di sirkuit Barcelona-Catalunya. Meskipun demikian, Marquez meyakini Maverick Vinales akan menguasai babak kualifikasi dan berakhir di baris terdepan.

Juara dunia MotoGP 2016 tersebut berhasil menaklukkan latihan bebas pertama dengan catatan waktu 1 menit 45,875 detik. Selanjutnya Marquez kembali mendominasi FP2 dengan mencatatkan waktu 1 menit 44,478 detik. Sebaliknya, Vinales yang mengakhiri FP1 di urutan ke-6 harus puas berada di peringkat ke-16 pada FP2.

Meskipun secara catatan hasil Marquez jauh lebih cepat dibandingkan Vinales di FP1 dan FP2, namun sang Baby Alien yakin Vinales akan berada di baris pertama di akhir babak kualifikasi.

“Saya pikir Maverick akan berada di baris pertama di akhir kualifikasi. Montmelo adalah salah satu lintasan dimana ban sangat mudah tergelincir, namun Yamaha memiliki kecepatan yang bagus. Suhu udara akan lebih tinggi besok dan kami akan melihat apa yang terjadi,” tutur Marquez seperti dilansir dari GP One (9/6/2017).

Sebaliknya, Vinales mengaku bingung untuk menjelaskan apa yang terjadi hingga harus mengakhiri FP2 di posisi ke-16. Menurut pembalap asal Spanyol tersebut, motor balapnya seperti tidak terkendali dan tidak memiliki grip.

“Saya benar-benar tidak mengerti bagaimana cara menjelaskannya. Saya datang dari Mugello di mana saya menjalani dengan sangat baik. Pagi ini (kemarin) perasaan saya dengan ban soft di bagian belakang bagus, ketika siang hari, saya tidak dapat berkendara dengan baik dengan medium. Jika saya terlalu memaksakan maka akan crash, bagian belakang menggelincir pada gigi kelima dan keenam dengan ban yang baru,” ungkap Vinales.

“M1 adalah motor balap yang sangat stabil, sementara hari ini dia bergerak kesana kemari. Saya menggunakan ban baru dan setelah satu putaran saya tidak memiliki keyakinan dengan grip. Motornya sama dengan yang di Mugello, saya mencoba menggunakan pengaturan seperti di Mugello dan bertambah buruk. Saya tidak memiliki ide bagaimana mengatasi situasi ini,” pungkasnya.

Senada dengan Vinales, Dani Pedrosa pun menyoroti masalah grip di lintasan. Menurutnya gagasan terbaik adalah dengan memperbaharui permukaan lintasan di sirkuit Barcelona Catalunya.

“Lintasan ini memiliki masalah terbesar pada grip diantara seluruh lintasan lainnya di kalender dan ini aspal lama. Kami mengetahuinya, tidak ada yang baru. Kami harus mengerjakan pengaturan. Kami memiliki area berbeda untuk fokus dalam rangka menjadi lebih cepat dan meningkat.

“Kami menyarankannya, setiap pembalap berpikir ini perlu pembaruan permukaan. Montmelo adalah lintasan yang baik untuk digunakan, F1 balapan di sini juga dan banyak lagi mobil lainnya selama setahun,” ujar Pedrosa.

Hari ini, Sabtu (10/6/2017), pembalap MotoGP akan kembali melalui dua sesi latihan bebas, FP3 dan FP4, sebelum kemudian mengikuti babak kualifikasi untuk menentukan siapa peraih pole position yang akan mengawali balap final besok dari urutan pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here