Marc Marquez Juara 8 Kali Beruntun Di Sachsenring MotoGP Jerman, Folger Raih Podium Pertama

Marc Marquez, pembalap Repsol Honda
Hasil Latihan Bebas 3, Marquez juara, Rossi ke Q2

NontonBolaJo.com – Marc Marquez membuktikan diri sebagai ‘King of Sachsenring’ dengan meraih gelar juara untuk ke-8 kalinya secara beruntun melalui MotoGP Jerman 2017. Dalam final race yang dilaksanakan pada Minggu malam (2/7/2017), Marquez bersaing ketat dengan pembalap tuan rumah, Jonas Folger.

Dalam babak kualifikasi yang berlangsung hari Sabtu malam (1/7/2017), pembalap Repsol Honda tersebut pun berhasil meraih pole position hingga tercatat sebagai pembalap yang paling banyak meraih pole position di sirkuit Sachsenring. Sedangkan posisi start kedua dan ketiga ditempati oleh Danilo Petrucci dan Dani Pedrosa.

Sedangkan Folger hanya berhasil meraih posisi start kelima, di baris kedua, satu posisi di bawah Cal Crutchlow. Namun pembalap Tech3 Yamaha ini berhasil mengawali balap final dengan sempurna hingga terus berada di posisi Top 3 bersama Marquez dan Pedrosa.

Folger sempat memimpin sebelum akhirnya Marquez berhasil kembali mengambil alih posisi terdepan setelah sang rookie melakukan kesalahan di tikungan pertama. Selanjutnya, Folger sempat kembali melakukan kesalahan dan melebar lagi-lagi di tikungan pertama, membuat Marquez semakin nyaman berada di depan.

Meski demikian, nyaris di sepanjang balapan Folger terus membayangi Marquez. “Saya memacu, memacu, memacu di keseluruhan balapan. Di lima lap terakhir saya mencoba sedikit meningkatkan kecepatan dan itu cukup untuk menciptakan gap (dengan Folger),” Marquez menjelaskan ketatnya persaingan bersama Folger di final race MotoGP Jerman 2017.

Bagi Folger, kemenangan ini terasa spesial. Meskipun hanya menjadi runner up, namun Folger berhasil mendapatkan podium perdananya di MotoGP dalam balapan yang berlangsung di tanah kelahirannya, di Jerman.

“Saya tidak tahu harus berkata apa, saya tidak pernah menduga hal ini. Saya sangat kuat dan dapat mengikuti Marc. Saya benar-benar tidak percaya kami dapat menciptakan gap dengan yang lainnya.

“Saya melakukan kesalahan besar di tikungan 1, sedikit kalah dari Marc, namun saya melukai ban. Saya tidak memiliki waktu lap di dua lap terakhir. Saya benar-benar berpikir dapat mengalahkannya hari ini. Namun bannya… dua lap terlalu jauh. Namun saya di posisi kedua, saya sangat gembira,” tutur Folger.

Sementara itu, rekan Marquez di tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, tidak sanggup mengikuti persaingan posisi 1-2. Bahkan Pedrosa seperti balapan sendirian dengan nyaman di tempat ketiga mengingat jauhnya jarak yang tercipta dengan pembalap selanjutnya.

Persaingan ketat pun terjadi di perebutan posisi 4. Valentino Rossi, Maverick Vinales, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, dan Andrea Dovizioso terlibat dalam pertarungan tersebut. Di akhir balap, Vinales berhasil mengakhiri di peringkat ke-4, diikuti Rossi, Bautista, Aleix Espargaro, dan Dovizioso dari urutan ke-5 hingga 8.

Rekan Folger di Tech3 Yamaha, Johann Zarco, berhasil menempati posisi ke-9 setelah harus memulai balapan dari urutan ke-19. Sedangkan posisi 10 besar ditutup oleh kehadiran Cal Crutchlow.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here