Luka Modric Hadapi Ancaman Penjara Lima Tahun Akibat Kesaksian Palsu

Luka Modric

NontonBolaJo.com – Luka Modric, pemain gelandang Real Madrid, terancam hukuman penjara hingga lima tahun akibat diduga memberikan kesaksian palsu di pengadilan Kroasia. Seperti kasus yang menjerat Cristiano Ronaldo, Modric pun terbelit kasus penggelapan dan penipuan pajak.

Pesepakbola berusia 31 tahun tersebut tengah menjadi target investigasi oleh otoritas Kroasia sehubungan kesaksian yang diberikannya pekan lalu dalam kasus penggelapan dan penipuan pajak yang dituduhkan kepada mantan direktur eksekutif Dinamo Zagreb, Zdravko Mamic.

Mantan pesepakbola Tottenham Hotspur tersebut menjadi saksi kunci dalam persidangan seputar tuduhan terhadap aksi Mamic yang dituding secara ilegal menyimpan sebagian besar biaya transfer dari Tottenham Hotspur untuk dirinya sendiri, bukan untuk Dinamo, demikian laporan yang dilansir dari Independent (19/6/2017).

Bagian yang disengketakan adalah kontrak antara Dinamo dan Modric yang memuat sebuah lampiran spesifik mengenai pembagian fee berbasis 50-50 antara klub dan pemain. Jaksa penuntun menduga bahwa lampiran tersebut ditandatangani dan diganti setelah pemain tersebut terjual.

Awalnya Modric mengkonfirmasi hal tersebut, namun kemudian mengubah pernyataan awalnya dan mengaku sempat bingung. “Ketika membicarakan tentang hal itu, saya membicarakan tentang sebuah kontrak pribadi antara Mamic dan saya, yang mengatur pembagian biaya transfer,” ujar Modric.

Perubahan pernyataan tersebut sontak membuat gaduh pengadilan. Akibatnya, otoritas hukum Kroasia memutuskan melakukan penyelidikan terhadap pesepakbola yang mendapat julukan ‘Cryuff dari Kroasia’ tersebut.

Andaikan terbukti memberikan kesaksian palsu, Modric dijerat pasal 305 ayat 1 Criminal Code/11 dalam undang-undang pidana Kroasia dengan ancaman hukuman minimal 6 bulan hingga maksimal 5 tahun penjara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here