Live Report – Hasil Indonesia vs Filipina, Skor Akhir 3-0 SEA Games 2017

NontonBolaJo.com – Live Report SEA Games Cabang Sepakbola, Hasil Timnas Indonesia vs Filipina. Jadwal siaran langsung ‘live streaming’ pertandingan sepak bola malam hari ini, Kamis 17 Agustus 2017, adalah partai grup B SEA Games 2017 antara Indonesia vs Filipina.

Kedua tim ini akan duel di stadion Shah Alam Stadium, Selangor dan pasti akan berlangsung seru dan sengit. Menurut laman resmi, pertandingan Indonesia kontra Filipina ini akan dimulai pada pukul 19:45 WIB atau sekitar jam Tujuh Empat Lima malam hari dan siaran langsung di SCTV.

Preview Pertandingan Indonesia dan Filipina.

Timnas U-22 Indonesia optimis dapat meraup 3 poin penuh dengan mengalahkan Filipina di game ke-2 Grup B. Optimisme tersebut memang tak berlebihan jika melihat catatan statistik hasil dari 7 pertemuan antara Indonesia vs Filipina di SEA Games.

Sejak tahun 1977, Timnas Indonesia telah 7 kali bertemu head to head bersama Filipina. Hasilnya, 6 kemenangan diperoleh skuad Garuda ditambah 1 kali imbang, tanpa ada catatan kekalahan.

Pertemuan terakhir antara Indonesia vs Filipina berlangsung dalam SEA Games 2015. Kala itu, Tim Merah Putih sukses mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. Dalam pertandingan di bulan Juni 2015, sepasang gol tersebut dicetak oleh Evan Dimas.

Meskipun hasil positif tersebut dapat meningkatkan rasa optimis Evan Dimas dkk untuk menghadapi Filipina tepat di peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72, namun pelatih Luis Milla berpendapat pertandingan ini akan lebih sulit dibandingkan laga perdana saat menghadapi Thailand. Salah satunya dikarenakan kondisi fisik pemain yang cukup lelah.

“Laga lawan Filipina akan sangat lebih berat karena kami pasti masih lelah usai laga ini. Namun kita tetap optimis meraih kemenangan,” ungkap Milla.

Salah satu pemain yang di prediksi absen dalam pertandingan ini adalah striker Persipura Jayapura, Marinus Mariyanto Wanewar. Hal ini membuka peluang bagi Ezra Walian untuk mengawali debut bersama Tim Merah Putih di sebuah laga yang bersifat kompetitif.

Selain itu, ada dua pemain yang mendapatkan sorotan khusus dalam sesi latihan pagi hari ini. Saddil (Ramdani) dan Yabes (Roni) diberi latihan untuk dapat mengendalikan bola dengan cepat, kemudian memberikan crossing dalam rangka memantapkan penyelesaian akhir di mulut gawang.

“Masalah penyelesaian akhir, komunikasi antar lini jadi fokus tim kita. Tadi ada latihan khusus juga, Saddil dan Yabes latihan cepat kontrol bola, lalu crossing supaya ada penyelesaian akhir di depan gawang lawan,” jelas asisten pelatih, Bima Sakti.

Di game pertama, Indonesia berhasil menahan imbang Thailand dengan skor 1-1. Sebaliknya, Filipina berhasil menaklukkan Kamboja (skor 2-0), meraih 3 poin penuh dan menduduki peringkat ke-2 di klasemen sementara Grup B, 1 tingkat di atas Timnas U-22 Indonesia.

Prakiraan Indonesia vs Filipina Susunan Pemain Starter Eleven

Indonesia XI : Kartika Ajie; Rezaldi, Fajrin, Hansamu, Gavin; Dimas, Hargianto; Febri, Ezra, David; Marinus. Pelatih : Luis Milla.

Filipina XI : Joyel; Clarino, Grommen, Cubon, Lapas; Talaroc, Koizumi, Jarvis; De Bruycker, Gadia, Gayoso. Pelatih : Marlon Maro.

Bagaimana hasil pertandingan antara Garuda Muda vs The Young Azkals dalam laga SEA Games grup B, Kamis 17 Agustus 2017 malam ini ? Nonton live streaming atau ikuti live Report (Jalannya Pertandingan, Skor Sementara dan Skor Akhir) dibawah ini.

Live Report – Hasil Indonesia vs Filipina, Skor Akhir 3-0 (Septian David Maulana 7′, Hargianto 46′, Saddil 58′) SEA Games Grup B 2017 (live streaming).

Susunan lineup 11 pemain awal :
Indonesia (4-5-1) : Kartika Ajie; Rezaldi Hehanusa, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Putu Gede; Saddil Ramdani, Evan Dimas, Septian David, Hargianto, Yabes Roni; Ezra Walian.
Cadangan : Satria Tama, Gavin Kwan, Andi Setyo, Ryuji Utomo, Marinus Manewar, Asnawi Mangkualam, Febri Hariyadi, Hanif Sjahbandi, Osvaldo Haay.
Filipina (4-2-3-1) : Ray Joseph; Reymart Cubon, Daniel Bernan, Joshua Lake, Julian Mariano; Christian Lapas, Talaroc Richard; Dimitri Lionel, Dylan Alain, Kou Richi; Javier Augustine.
Kick off babak pertama ! Indonesia langsung menekan.
1′ Tendangan sudut untuk Filipina, tidak berhasil menekan gawang Indonesia.
3′ Ezra langsung beraksi, mencuri bola dari tengah lapangan. Saddil Ramdani berusaha mencari celah dari sayap kiri. Berakhir dengan tendangan sudut. Belum berhasil mengoyak gawang Filipina.
6′ Indonesia kembali menekan lewat umpan lambung Evan Dimas dari tengah lapangan. Bola disambut Ezra, namun belum berhasil tereksekusi sempurna.
7′ GOOOLLLL!! Indonesia 1 – 0 Filipina. Berawal dari umpan silang Putu Gede, bola langsung disambut oleh Septian David Maulana dengan tendangan keras ke arah gawang.
9′ Yabes Roni berusaha mencuri celah dari sayap kanan, namun berakhir dengan lemparan bebas untuk Filipina.
10′ Ezra mendapat celah, menggiring bola ke depan, mendekati kotak penalti, namun belum berhasil mengancam gawang Filipina. Indonesia terus mendominasi permainan.
12′ Filipina berusaha membangun serangan, namun belum berhasil dengan sempurna.
13′ Nyarisss !! Rezaldi Hehanusa tiba-tiba melesat di sayap kiri, memberi umpan silang matang, namun Septian David gagal mencetak gol kedua. Semangat Indonesia !
15′ Ezra mendapat celah di sayap kiri, menembus lini pertahanan Filipina, namun terjatuh dalam kotak penalti. Bukan pelanggaran.
16′ Tendangan sudut untuk Filipina. Belum berhasil menciptakan ancaman bagi gawang Kartika Ajie.
19′ Tendangan sudut untuk Indonesia. Saddil mengeksekusi. Belum menghasilkan peluang.
20′ Gayoso berhasil mendapat celah di sisi kiri gawang, melesat kencang, namun bola berhasil dihalau Putu Gede.
Saddil berjuang menerima umpan lambung, namun bola langsung diamankan kiper Ray Joseph.
23′ Intensitas serangan Indonesia sedikit berkurang. Sepertinya menjadi taktik untuk memancing Filipina keluar dari areanya.
24′ Umpan lambung Evan Dimas belum berhasil diterima dengan baik. Filipina lagi-lagi membangun serangan dari sayap kiri, namun berakhir dengan goal kick.
26′ Gayoso berebut bola dengan Hansamu. Keduanya terjatuh, wasit memberi peringatan keras pada Gayoso.
28′ Sayang ! Komunikasi yang kurang dari pemain-pemain Indonesia. Peluang serangan terhenti.
30′ Evan berhasil membuat umpan terobosan, diterima di sayap kiri oleh Yabes Roni. Namun Yabes terjatuh. Peluang kembali tertunda.
32′ Tendangan bebas untuk Indonesia. Hansamu mengeksekusi, namun tidak berhasil menciptakan peluang.
33′ Serangan balik cepat ditampilkan Indonesia. Namun Ezra dikepung sekitar 4 pemain Filipina. Lemparan ke dalam untuk Indonesia.
34′ Offside ! Gayoso berdiri terlalu ke depan. 11 menit terakhir di babak pertama. Belum ada tambahan gol tercipta.
36′ Tendangan bebas untuk Filipina setelah Hargianto menjegal pemain Filipina. Nyaris! Sundulan Joshua Lake nyaris menyamakan kedudukan. Namun bola masih terkena tiang. Lake terjatuh setelah menabrak tiang gawang.
39′ Jeremiah Borlongan mendapat kartu kuning.
40′ Yabes mendapat celah dari sayap kanan, bola disambut Putu Gede. Namun umpan lambung untuk Ezra terlalu tinggi.
41′ Rezaldi mengirimkan umpan lambung… langsung disambut kiper Ray Joseph.
42′ Evan terjatuh dalam kotak penalti. Wasit tidak memberikan hadiah penalti. Bola terus dikuasai Indonesia, namun tumpukkan pemain Filipina sulit ditembus.
43′ Offside ! Yabes Roni.
45′ Nyaris ! Yabes mendapat celah di sisi kanan gawang. Memberi umpan pada Ezra, namun belum berhasil.
46′ GOOOLLLL!!! Hargianto menambah keunggulan Indonesia. Skor 2-0 untuk tim Garuda Muda.
Ezra mendapat bola, mengoper ke Septian David Maulana. Operan matang Septian David langsung disambar Hargianto hingga tercipta gol kedua untuk Indonesia.
HALF TIME. Skor sementara Indonesia 2 – 0 Filipina.
Babak pertama didominasi oleh Indonesia. Gol dini dari Septian David Maulana di menit ke-7 menambah rasa percaya diri skuad asuhan Luis Milla. Namun tumpukkan pemain Filipina di setengah lapangan menyulitkan gerak lini serang Tim Merah Putih.
Permainan sempat terlihat monoton. Namun jelang menit terakhir babak pertama, Indonesia berhasil mencetak gol kedua. Kali ini kerjasama Ezra – Septian memberikan umpan matang yang dieksekusi sempurna oleh Hargianto. Skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia menutup babak pertama.
Kick-off babak kedua. Indonesia 2 – 0 Filipina.
46′ Filipina berusaha mengawali dengan serangan. Tembakan bola Gayoso melalui umpan terobosan di sayap kanan masih dapat diamankan oleh Kartika Ajie.
47′ Offside! Yabes Roni. Laju serangan Indonesia tertunda.
Filipina kembali menyerang. Namun Ricky Fajrin berhasil menghalau bola. Intensitas permainan meningkat.
48′ Nyaris ! Yabes melesat cepat dari sayap kanan, berusaha menaklukkan kiper Filipina, namun belum berhasil.
49′ Sayang! Sentuhan akhir Yabes Roni terlalu pelan, bola langsung ditangkap kiper.
50′ Nyaris! Kerjasama Ezra dan Yabes memusingkan bek Filipina. Namun hanya berakhir dengan tendangan sudut.
51′ Pergantian pemain Filipina. De Bruycker masuk menggantikan Koizumi.
52′ Kartu kuning untuk Evan Dimas akibat dugaan diving.
53′ Offside! Yabes Roni.
54′ Berbahaya! Filipina nyaris mencetak gol perdana. Kartika Ajie beraksi sempurna menyelamatkan bola. Tendangan bebas bagi Filipina di dekat kotak penalti.
56′ Offside! Bola melesat ke gawang Indonesia, namun pemain Filipina terperangkap offside.
57′ Tendangan bebas kembali untuk Filipina.
58′ GOOOOLLLL!!! Saddil Ramdani. Indonesia 3 – 0 Filipina. Berawal dari Ezra yang mendapat bola di dekat area penalti. Namun dikepung 4 pemain Filipina membuat Ezra mengoper bola, disambut Saddil Ramdani dan dieksekusi sempurna menjadi gol.
61′ Tendangan bebas bagi Filipina. Namun berakhir dengan lemparan ke dalam untuk Indonesia.
62′ Saddil lagi-lagi berjuang untuk mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Namun bola melaju terlalu deras dan diamankan kiper.
63′ Tendangan bebas untuk Filipina. Pergantian pemain Filipina. Bernan digantikan Corsame.
64′ Kartika Ajie kembali mengamankan bola dengan sempurna.
65′ Pergantian pemain Indonesia. Hargianto digantikan Hanif Sjahbandi.
66′ Offside! Ezra Walian. Belum ada gol tercipta dari Ezra, namun 2 assist telah diberikan oleh mantan pemain Jong Ajax.
67′ Nyaris!! Hampir Indonesia menambah keunggulan melalui umpan manis yang diberikan Yabes Roni dari sayap kanan. Namun Evan terlambat menyambut bola.
68′ Serangan balik berbahaya dari Gayoso, lagi-lagi Hansamu Yama berhasil memotong pergerakan bola. Tendangan sudut untuk Filipina.
69′ Serangan balik dari Ezra Walian, namun pergerakannya masih terlalu lama.
70′ Kartu kuning untuk Hansamu Yama.
71′ Pergantian pemain Indonesia. Septian David Maulana digantikan Osvaldo Haay.
72′ NYARISSS!! Osvaldo berhadapan satu lawan satu dengan kiper, namun bola gagal disematkan ke gawang Filipina. Osvaldo mulai beraksi!
74′ Kartika Ajie kembali mematahkan serangan dari Filipina.
75′ Osvaldo kembali merepotkan bek Filipina. Namun berakhir dengan lemparan bebas.
76′ Putu Gede terjatuh. Permainan terhenti sejenak.
79′ Nyarisss!! Osvaldo kembali mendapat bola. Berhadap-hadapan dengan kiper, namun Osvaldo kurang dapat menjaga keseimbangan. Belum ada tambahan gol untuk Indonesia.
81′ Nyarisssss!!! Ezra mendapat celah, langsung menggiring bola ke depan gawang. Tembakan bola masih berhasil dihalau bek. Berbuah tendangan sudut. Saddil Ramdani terjatuh.
Saddil ditandu keluar lapangan. Evan Dimas mengeksekusi tendangan sudut. Seharusnya gol, namun Ezra kurang cermat melihat pergerakan bola.
82′ Pergantian pemain Indonesia. Saddil Ramdani digantikan Asnawi Mangkualam
83′ Pergantian pemain Filipina. Kou Ichi digantikan Balabat.
86′ Kartu kuning oleh Rezaldi Hehanusa. Lemparan ke dalam untuk Filipina.
87′ Peluang ! Yabes Roni kembali menggiring bola di sayap kanan, memberi umpan ke tengah, namun Evan terlambat menyambutnya.
88′ Sayang ! Osvaldo berhasil memberikan umpan silang manis dari sayap kiri, namun tidak ada yang menyambutnya.
90′ Tambahan waktu 4 menit.
90+2′ Tendangan Filipina masih melambung ke atas gawang.
90+3′ Osvaldo mendapat celah di sisi kiri gawang, Ezra menyambut dengan apik, namun bendera offside terangkat.
90+4′ Hansamu Yama terjatuh, namun masih dapat melanjutkan pertandingan.
Babak kedua berakhir! Skor akhir Indonesia 3 – 0 Filipina.
Banyak sekali peluang terjadi untuk Indonesia di menit kedua. Meskipun Filipina berusaha meningkatkan serangan, namun jajaran bek Indonesia yang dikomandoi Hansamu Yama dapat menghalau dengan sempurna.
Diturunkannya Osvaldo Haay membuat area sayap kiri menjadi lebih hidup. Kerjasama antara Osvaldo – Ezra – Yabes Roni menciptakan lini serang yang cukup tajam, ditambah dengan dukungan Evan Dimas yang bergeser akan ke depan.
Sayangnya setelah gol ketiga berhasil dicetak Saddil Ramdani di menit ke-58, berbagai peluang gagal dituntaskan skuad Garuda Muda. Meskipun demikian aksi gemilang Timnas U-22 Indonesia berhasil menambahkan 3 poin penuh dalam klasemen sementara Grup B.
Dengan perolehan total 4 poin kini posisi Indonesia naik ke peringkat 2 di klasemen sementara Grup B. Meskipun memiliki jumlah poin setara dengan Thailand, namun perbedaan selisih gol Indonesia lebih baik dibandingkan The War Elephants yang berhasil menang atas Timor Leste dengan skor 1-0.
Sering Dilihat:  Hasil Drawing SEA Games 2017 : Timnas Indonesia Di Grup B Bersama Thailand Dan Vietnam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.