Lionel Messi Sempat Minta Ijin Pindah Ke Manchester City ?

Lionel Messi

NontonBolaJo.com – Bintang Barcelona, Lionel Messi, dikabarkan sempat meminta klub untuk mengijinkan kepindahan dirinya ke Manchester City musim panas tahun 2016 lalu. Namun pada akhirnya, peraih 5 kali gelar Ballon d’Or tersebut membatalkan niatnya setelah berbincang dengan rekannya, Luis Suarez.

Menurut laporan dari Mundo Deportivo, Messi sempat menyatakan pada Barcelona bahwa dirinya ingin meninggalkan klub dan bergabung dengan Pep Guardiola di Manchester City. Hal ini terjadi setelah Messi memutuskan berhenti dari sepak bola internasional pasca kegagalannya mengeksekusi penalti dalam final Copa America 2016 saat menghadapi Cili.

Kondisi pun semakin memburuk bagi Messi ketika 10 hari setelah kejadian tersebut dirinya dijatuhi hukuman 21 bulan penjara terkait kasus penggelapan pajak. Menurut media Spanyol, Mundo Deportivo, kasus pajak tersebut menjadi faktor pendorong utama keinginan Messi untuk hengkang dari Barcelona dan bergabung bersama Guardiola di City.

Manchester City pun sempat mengajukan penawaran sebesar 150 juta euro (sekitar Rp 2,2 triliun) untuk Messi, lebih rendah 100 juta euro dari harga yang diminta Barca. Namun situasi berubah setelah pada 18 Juli 2016 presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dan wakil presiden, Jordi Mestre, bertemu dengan ayah Messi, Jorge. Selain itu, perbincangan dari ‘hati ke hati’ antara Messi dan Suarez yang berlangsung sekitar 3 jam sukses membuat pesepakbola berusia 29 tahun tersebut mengurungkan niatnya.

Bagaimanapun, ketertarikan Messi untuk bergabung bersama Manchester City cukup jelas. Faktor utamanya adalah kehadiran mantan pelatih Barca, Pep Guardiola, yang menjabat sebagai pelatih City sejak musim panas lalu. Messi dan Guardiola sebelumnya berhasil memenangkan 3 gelar La Liga, 2 juara Liga Champions, beserta sejumlah trofi lainnya dalam periode 2008 hingga 2012.

Namun, aura bintang Messi akhirnya terus bertahan di Camp Nou. Tak kurang dari 54 gol dicetak La Pulga dalam berbagai kompetisi untuk Barcelona musim lalu. Dan sepertinya Messi tetap akan setia bersama Barca musim depan di bawah arahan pelatih barunya, Ernesto Valverde.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here