Klasemen dan Hasil Liga Champions 2017-2018

Setidaknya tujuh klub akan memperebutkan empat posisi terakhir di babak 16 besar Liga Champions melalui matchday keenam fase grup.

Sebanyak 14 klub dipastikan lolos menuju perdelapan final UCL. Namun ada tujuh klub yang nasibnya ditentukan lewat laga pamungkas tahap grup.

Berikut hitung-hitungan yang harus dilakukan ketujuh klub tersebut untuk dapat melangkah ke babak perdelapan final Liga Champions, dilansir dari situs UEFA (5/12/2018).

Inter Milan dan Tottenham Hotspur memperebutkan satu posisi pamungkas di Grup B setelah Barcelona dipastikan menjadi juara dengan total 13 poin. Pada laga terakhir, Inter siap berhadapan dengan PSV Eindhoven sedangkan Tottenham menantang Barcelona.

Spurs akan menempati posisi runner up jika menang atas Barca atau setidaknya jika Inter tidak mendapat jumlah poin lebih banyak. Hal ini mengingat Harry Kane dkk unggul dalam gol tandang head-to-head dibandingkan Nerazzurri.

Sering Dilihat:  Prediksi Pemenang Duel Tottenham vs Juventus A la Buffon, Awasi Tiga Pemain Ini!

Selanjutnya, tiga klub teratas Grup C yakni Napoli, Paris Saint-Germain, dan Liverpool bahkan masih memperebutkan dua posisi teratas. Ketiga klub tersebut berturut-turut mengoleksi sembilan, delapan, dan enam poin dari lima pertandingan perdana.

Pada pertandingan terakhir, Liverpool berjumpa dengan Napoli sedangkan Paris Saint-Germain menantang Red Star Belgrade.

Napoli butuh setidaknya hasil imbang untuk lolos, atau jika kalah maka PSG juga harus kalah.

Sedangkan Les Parisiens akan melaju ke babak perikutnya jika menang dan pastinya lolos jika Liverpool gagal menang.

Bagi The Reds, kondisinya adalah wajib menang. Andaikan PSG menang, maka Liverpool harus menang 1-0 atau lewat dua gol atau lebih.

Andaikan ketiga klub sama-sama berhasil mengumpulkan sembilan poin, maka Mohamed Salah dan tim-nya mungkin menjadi juara grup melalui three-way head-to-head, atau finis pada urutan kedua tergantung hasil skor di Anfield.

Sering Dilihat:  Semi Final FIFA Club World Cup 2017 Al Jazira vs Real Madrid: Pelatih Ini Mau 'Pinjam Bus' Dari Mourinho?

Selanjutnya, persaingan sengit juga terjadi di Grup F antara Olympique Lyon dan Shakhtar Donetsk untuk memperebutkan tempat terakhir untuk dapat melenggang ke 16 besar. Kedua tim yang terpaut dua poin tersebut akan saling berhadapan di matchday keenam UCL.

Lyon akan lolos hanya dengan hasil seri. Bahkan klub Ligue 1 ini bisa berakhir di puncak melalui rekor head-to-head jika berhasil menang dan City kalah.

Sedangkan Shakhtar akan meneruskan langkah di UCL seandainya menang. Jika mendapat hasil imbang atau Hoffenheim tidak menang, maka Shakhtar akan ditransfer ke putaran 32 besar Liga Europa.

Matchday keenam Liga Champions musim ini akan digelar pada Rabu dan Kamis, 12-13 Desember 2018 dini hari WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.