Laga FA Community Shield Arsenal vs Chelsea Bakal Adopsi Sistem Penalti ‘ABBA’

FA Community Shield

NontonBolaJo.com – Pertandingan FA Community Shield akan menjadi laga kompetitif perdana bagi dua klub Premier League, Arsenal dan Chelsea, di musim baru 2017/2018. Football Association (FA) telah mengumumkan bahwa ‘Derby London’ Arsenal vs Chelsea yang akan berlangsung hari Minggu malam (6/8/2017) di Wembley Stadium, London, akan mengadopsi format tendangan penalti baru ‘ABBA’.

FA Community Shield tahun ini akan mempertemukan juara FA Cup musim lalu, Arsenal, dengan juara Liga Inggris, Chelsea. Kedua tim akan bermain dalam periode 90 menit. Andaikan ‘Derby London’ tersebut berakhir dengan hasil imbang, maka The Gunners dan The Blues akan melaju ke babak adu penalti untuk menentukan pemenangnya. Dan format adu penalti yang akan digunakan adalah sistem baru ‘ABBA”, yang bertujuan agar babak ini lebih adil bagi tim yang berada di urutan kedua untuk melakukan tendangan penalti.

“FA hari ini telah mengumumkan perbedaan urutan dalam tendangan untuk Kicks from the Penalty Mark (KFPM atau tendangan di babak penalti) akan diujicoba pada hari Minggu di FA Community Shield – kali pertama format baru akan digunakan secara kompetitif dalam negeri,” pernyataan FA, seperti dilansir dari Fox Sports (4/8/2017).

Sistem ‘ABBA’ berbasis dengan format yang digunakan dalam olah raga tenis ketika ‘tie-breaks’. Masing-masing tim mendapat kesempatan melakukan tendangan pertama di setiap pasang tendangan secara bergantian. Jadi misalkan tim A pertama kali menendang diikuti dengan tim B, selanjutnya tim B dahulu yang menendang dan kemudian dilanjutkan tim A dengan urutan AB BA AB BA, bukan AB AB AB AB.

Selanjutnya, format ini akan digunakan di seluruh turnamen English Football League (EFL) sejak musim ini. Namun peluang perdana untuk menilai bagaimana keefektifan sistem tersebut hadir dalam laga FA Community Shield, Derby London antara Arsenal vs Chelsea.

Laga perebutan trofi FA Community Shield tahun ini bagaikan tayangan ulang babak final FA Cup musim lalu dimana Arsenal berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1. Namun tentunya pertandingan ini memiliki nuansa yang berbeda dengan kehadiran sejumlah wajah baru hasil rekrutan musim panas ini.

Arsenal diprediksi akan menurunkan rekrutan termahal, Alexandre Lacazette, serta bek kiri Sead Kolasinac untuk pertama kalinya di sebuah laga yang bersifat kompetitif. Namun Alexis Sanchez berpeluang absen mengingat striker asal Chile tersebut baru kembali mengikuti sesi latihan pada hari Selasa (2/8/2017) silam.

Sedangkan Chelsea diprediksi akan memasang mantan striker Real Madrid, Alvaro Morata, sebagai ujung tombak dalam upaya merebut trofi perdana di musim yang baru. Meskipun demikian, Michy Batshuayi juga diyakini akan berjuang keras untuk mendapat posisi striker utama setelah berhasil tampil gemilang di laga pra musim.

Pertandingan FA Community Shield 2017 yang mempertemukan Arsenal vs Chelsea dalam ‘Derby London’ di Wembley Stadium akan digelar hari Minggu, 6 Agustus 2017, kick-off pukul 20:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here