La Liga Tolak Bayaran PSG Untuk Neymar

Neymar

NontonBolaJo.com – La Liga telah menolak pembayaran sebesar 222 juta euro (sekitar Rp 3,5 triliun) dari Paris Saint-Germain dalam rangka memenuhi klausa buyout bintang Barcelona, Neymar. Menurut media Spanyol, pihak La Liga yakin PSG menyalahi aturan UEFA Financial Fair Play (FFP).

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa perwakilan resmi pemain (Neymar) telah datang ke La Liga untuk memberikan deposit terkait klausa dan itu telah ditolak. Ini seluruh informasi yang dapat kami sampaikan saat ini,” pernyataan La Liga, seperti dilansir dari ESPN (3/8/2017).

Menurut aturan di Spanyol, seorang pemain harus membeli dirinya sendiri agar dapat keluar dari kontrak yang mengikatnya. Ini dapat dilakukan dengan mendepositokan senilai klausa buyout bersama pihak La Liga untuk dapat membebaskan pemain tersebut dari kontrak. Selanjutnya liga akan meneruskan uang tersebut ke klub penjual.

Sebelumnya, presiden La Liga, Javier Tebas, menuding PSG telah melakukan ‘financial doping’ dan menyatakan dirinya tidak akan mau menerima pembayaran mereka untuk Neymar. Lebih lanjut, Tebas menyatakan akan mempersiapkan gugatan melawan klub asal Prancis tersebut untuk diberikan kepada UEFA dan European Union mengenai apa yang dianggapnya dengan jelas melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP).

Senada dengan La Liga, pekan lalu beberapa sumber yang dekat dengan Barcelona pun menyatakan bahwa klub akan menekan UEFA untuk melakukan penyelidikan terkait cara PSG membiayai kepindahan Neymar. Namun juru bicara UEFA pada hari Kamis menyatakan ‘belum mendapat gugatan dari siapapun terkait hal tersebut’.

“Semua klub di Eropa harus menghormati aturan financial fair play dan harus mengungkapkan bahwa mereka tidak mengalami kerugian di atas 30 juta euro lebih dari tiga tahun.

“Sebagai bagian dari pemantauan klub secara berkelanjutan tentang regulasi financial fair play, UEFA akan mencermati rincian dari transfer ini dalam rangka memastikan PSG memenuhi persyaratan. Mentransfer Neymar ke PSG akan berdampak pada keuangan klub selama beberapa tahun, namun dampak dari sebuah operasi semacam itu tidak dapat dinilai di awal — terutama karena PSG dapat menjual beberapa pemain dengan jumlah yang signifikan,” jelas juru bicara UEFA.

“Untuk itu kami hanya dapat melakukan perhitungan di akhir dan memastikan bahwa mereka menghormati peraturan,” tandasnya.

Neymar sendiri pada hari Rabu (2/8/2017) dikabarkan telah terbang ke Porto untuk melakukan tes medis untuk melengkapi segala kebutuhan dalam rangka kepindahannya ke PSG. Bahkan kabar bergabungnya Neymar bersama Les Parisiens disambut hangat oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

“Ini akan menambah daya tarik. Ya ini berita baik,” tutur Presiden Macron kepada jurnalis dalam kunjungannya ke pusat liburan untuk anak-anak di luar Paris. “Selamat, saya percaya akan ada kabar baik,” ujarnya kepada pimpinan PSG, Nasser Al-Khelaifi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here