Klasemen Liga Champions Jelang Matchday 6: Rebutan Delapan Posisi Terakhir Di 16 Besar

NontonBolaJo.com – Klasemen Liga Champions Jelang Matchday 6 sangat menentukan nasib sejumlah klub yang belum berhasil memastikan diri lolos ke putaran 16 besar di UCL 2017/2018. Pertarungan ketat akan berlangsung di beberapa grup, termasuk antara Manchester United, CSKA Moskow, dan Basel di Grup A.

Hingga akhir matchday 5, telah delapan klub yang berhasil lolos ke fase gugur di putaran 16 besar, yang terdiri atas Barcelona, Besiktas, Manchester City, Paris Saint-Germain dan Tottenham Hotspur sebagai juara grup, Bayern Munchen dan Real Madrid sebagai runner up, ditambah dengan Chelsea. Sementara itu, seperti dilansir dari situs UEFA (1/12/2017), ada 14 klub yang berpeluang lolos ke babak 16 besar lewat hasil di matchday 6 Liga Champions.

Perebutan dua posisi teratas klasemen dari Grup B dan Grup H otomatis telah tertutup mengingat PSG dan Bayern Munchen telah memastikan diri sebagai juara dan runner up Grup B, sedangkan dari Grup H ada Tottenham Hotspur dan Real Madrid.

Di Grup A, belum ada satu klub pun yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar meskipun Benfica dipastikan tereliminasi tanpa berhasil meraih satu poin pun. Manchester United berpotensi besar untuk lolos ke fase selanjutnya sebagai juara grup mengingat posisinya di puncak klasemen dengan jumlah 12 poin dan perbedaan selisih gol +8.

Sering Dilihat:  Biaya Transfer Ke Barcelona Beres, Neymar Siap Debut Bersama PSG ?

Satu poin saja dari pertandingan antara MU vs CSKA Moskow dipastikan membawa MU mengikuti jejak tiga tim Premier League lainnya untuk lolos ke babak selanjutnya, bahkan dengan status sebagai juara grup. Sedangkan persaingan yang lebih ketat terjadi antara Basel dan CSKA untuk memperebutkan posisi runner up, mengingat kedua tim memiliki catatan poin setara, yakni sama-sama 9 poin dengan keunggulan Basel di agresifitas gol (Basel +4, CSKA -1).

Kondisi serupa pun terjadi di Grup E dimana Liverpool, Sevilla, dan Spartak Moskow masih berpeluang untuk mengisi dua posisi teratas meskipun Maribor telah tereliminasi. The Reds berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 9 poin, hanya selisih satu poin lebih tinggi dari Sevilla atau tiga poin lebih tinggi dari Spartak, namun dengan keunggulan agresifitas gol yang cukup tinggi, +10.

Skuad asuhan Jurgen Klopp berpotensi terkualifikasi hanya dengan hasil imbang di matchday 6 saat menghadapi Spartak, dan akan menjadi juara grup andaikan berhasil menang atau seandainya bermain imbang sementara Sevilla gagal menang. Jika kalah maka Liverpool berpeluang tereliminasi, kecuali Sevilla juga kalah dari Maribor.

Selanjutnya, perebutan satu posisi terakhir di masing-masing grup akan berlangsung di Grup C antara AS Roma dan Atletico, Grup D antara Juventus dan Sporting Lisbon, Grup F antara Shakhtar Donetsk dan Napoli, serta Grup G antara Porto dan RB Leipzig.

Sering Dilihat:  Prediksi Arema vs Persiba, 18 Agustus 2017

Roma dan Atletico terpaut jarak 2 poin dimana Giallorossi dipastikan lolos ke babak selanjutnya asalkan menang atas Qarabag. Bahkan jika Roma menang dan Chelsea gagal menaklukkan Atletico, maka Roma bisa menjadi juara grup meskipun The Blues tetap lolos ke babak selanjutnya. Namun jika hanya meraih satu poin sementara Atletico menang, maka ATM berpotensi terkualifikasi sebagai runner up lewat superioritas nya dalam pertemuan head-to-head.

Sedangkan jarak antara Juve dan Sporting hanya selisih 1 poin, sehingga Bianconeri akan terkualifikasi lewat kemenangan atas Olympiakos atau jika Sporting gagal menaklukkan Barcelona di matchday 6.

Napoli masih tertinggal 3 poin dari Shakhtar Donetsk dan wajib menang dalam pertandingan terakhir bersama Feyenoord sambil berharap Shakhtar kalah dari Man City. Sedangkan Porto dan RB Leipzig sama-sama mengoleksi 7 poin, dimana Porto dapat lolos jika menang atau setidaknya memiliki poin setara Leipzig mengingat superioritasnya di pertemuan head-to-head.

Empat klub yang berpeluang menempati posisi ketiga di klasemen terdiri atas Anderlecht, APOEL, Borussia Dortmund, dan Celtic. Sedangkan enam klub yang dipastikan tereliminasi dan menempati posisi juru kunci adalah Benfica, Feyenoord, Maribor, Monaco, Olympiakos, dan Qarabag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.