Kalahkan Mongolia 7-0, Timnas Indonesia Jadi Runner Up Di Klasemen Sementara Piala AFC U-23

Latihan Timnas U-22 Indonesia

NontonBolaJo.com – Timnas Indonesia U-22 dengan gemilang berhasil menaklukkan Mongolia di game ke-2 babak kualifikasi Piala AFC U-23 edisi 2018. Tak kurang dari 6 gol berhasil disematkan skuad Garuda Muda di gawang Mongolia untuk memastikan meraup tiga poin penuh dalam rangka memperbaiki posisinya di klasemen sementara Grup H.

Pertandingan antara Indonesia vs Mongolia berlangsung sore hari ini, Jumat (21/7/2017), di Supachalasai National Stadium, Bangkok, kick off pukul 16:00 WIB. Laga ini sangat penting untuk menjaga peluang Indonesia untuk lolos dari babak kualifikasi setelah sebelumnya menelan kekalahan dari Malaysia di game perdana dengan skor 0-3.

“Kami sudah lakukan evaluasi usai laga kemarin (vs Malaysia). Lawan Mongolia wajib menang. Dua laga akhir ibarat final bagi kami,” tutur pelatih Indonesia, Luis Milla.

Tampil penuh percaya diri, skuad Garuda Muda langsung menekan Mongolia sejak peluit dibunyikan di awal babak pertama. Hanya 6 menit sejak babak pertama dimulai, Marinus Mariyanto Manewar nyaris berhasil mencetak gol dini setelah mendapat bola liar di depan gawang. Namun sayang, akibat kurang tenang Marinus gagal mengeksekusi bola dengan sempurna.

Tim Merah Putih akhirnya berhasil mencetak gol pertama melalui Saddil Ramdani di menit ke-16. Gol cantik tercipta lewat tendangan melengkung dari kaki kiri Saddil, meluncurkan bola dengan deras ke sudut kanan gawang. Unggul dengan skor 1-0 membuat Timnas Indonesia terlihat semakin percaya diri.

Di menit ke-30, giliran Marinus yang berhasil mencetak gol melalui sundulan kepalanya. Bola hasil umpan silang Osvaldo Haay gagal dijangkau oleh kiper Mongolia, Saikhanchuluun Amarbayasgalan, sehingga membuka peluang bagi Marinus untuk menambah keunggulan untuk Indonesia.

Empat menit kemudian, Gavin Kwan berhasil mencetak gol ke-3 setelah sukses terlepas dari jebakan offside. Sama dengan Marinus, Gavin pun memanfaatkan umpan bola dari Osvaldo Haay dengan sundulan kepalanya. Skor 3-0 untuk keunggulan Indonesia menutup babak pertama.

Keunggulan 3 gol tidak membuat Timnas Indonesia menurunkan intensitas serangan. Lagi-lagi Marinus mendapat kesempatan mencetak gol cepat di awal babak kedua. Namun sayangnya, tembakan bola Marinus berhasil dihalau kiper Mongolia. Namun sepuluh menit setelah babak kedua dimulai, Ramdani berhasil mencetak gol keduanya untuk Indonesia, lagi-lagi dengan memanfaatkan sapuan yang kurang sempurna dari kiper Mongolia. Skor sementara berubah menjadi 4-0.

Tertinggal 4 gol membuat Mongolia semakin gencar berusaha mengoyak gawang Indonesia. Namun kiper Kartika Adjie tampil sempurna hingga dengan kokoh berhasil menjaga gawangnya.

Kemudian, di menit ke-71, Osvaldo berhasil ‘mencuri’ gol dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Mongolia. Bola liar yang terlepas dari kiper Mongolia saat menghalau tembakan keras Evan Dimas langsung disematkan dengan apik ke gawang Mongolia lewat sepakan kaki kirinya.

Dua gol terakhir Timnas U-22 Indonesia tercipta secara beruntun di menit ke-87 dan 90 berturut-turut oleh Gavin Kwan dan Septian David Maulana. Hasil akhir pertandingan Indonesia vs Mongolia ditutup dengan skor 7-0.

Dengan kemenangan ini, posisi Timnas Indonesia di klasemen sementara Grup H melesat ke urutan kedua, satu tingkat di bawah Malaysia yang telah berhasil memperoleh 3 poin di game perdananya. Posisi ini berpeluang untuk berubah sesuai hasil pertandingan antara Malaysia vs Thailand yang berlangsung Jumat malam.

Klasemen sementara Grup H Kualifikasi AFC U-23 per 21 Juli 2017
Posisi Timnas Indonesia Di klasemen sementara Grup H Kualifikasi AFC U-23 per 21 Juli 2017

Selanjutnya, Timnas Indonesia masih harus menghadapi laga pamungkas di kualifikasi Piala AFC U-23 edisi 2018. Tidak tanggung-tanggung, tim tuan rumah Thailand akan menjadi lawan tanding Indonesia pada hari Minggu (23/7/2017), kick off pukul 19:00 WIB di Supachalasai National Stadium, Bangkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here