Kalah Dari Thailand, Timnas Indonesia U-16 Merosot Ke Urutan 5 Di Klasemen Sementara Piala AFF U-15

Timnas U16 Indonesia

NontonBolaJo.com – Timnas Indonesia U-16 harus menelan kekalahan saat menghadapi Thailand di game ke-2 Piala AFF U-15 2017. Gol tunggal Suphanat Muenta di menit ke-73 membuat skuad muda Negeri Gajah Putih berhasil mencuri 3 poin penuh dari Indonesia dalam pertandingan yang berlangsung Selasa malam (11/7/2017) di IPE Chonburi Campus Stadium 1.

Timnas U-16 Indonesia tampil penuh semangat di penampilan keduanya dalam kejuaraan Piala AFF U-15 setelah hanya berhasil merebut 1 poin di laga perdana ketika bermain imbang bersama Myanmar (skor 2-2). Sejumlah peluang tercipta untuk skuad Garuda Asia, beberapa diantaranya dari aksi gemilang David Maulana. Pertama ketika di menit ke-15 David melepaskan tendangan bebas yang masih dapat diamankan kiper Thailand, Anuchid Taweesri.

Di menit ke-26, lagi-lagi David mengincar gawang Thailand lewat tendangan jarak jauh. Sayang bola menyimpang tipis di atas mistar. Andre Oktaviansyah pun mendapatkan peluang dua menit sebelumnya, namun belum dapat tereksekusi dengan sempurna. Sementara itu, penampilan kurang optimal dari striker Rendy Juliansyah menjadi perhatian pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, yang memutuskan utnuk menggantinya dengan Amirudin Bagus.

Masuknya Amirudin membuktikan kecermatan taktik dari Fakhri. Setidaknya dua kali pemain tersebut mengancam gawang Thailand, meskipun gagal menciptakan gol bagi Indonesia. Skor 1-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan untuk keunggulan Thailand.

“Kami kalah dengan cara yang terhormat. Pertandingan begitu ketat, kami memang mengalami tekanan tapi juga bisa memberikan tekanan dan bahkan bisa menciptakan beberapa peluang. Tapi inilah sepakbola, hasil akhirnya Thailand yang menang,” ujar Fakhri pasca pertandingan.

Dengan kekalahan tersebut, posisi Timnas U-16 Indonesia di klasemen sementara Grup A merosot ke urutan 5, satu tingkat di atas Singapura yang mengalami dua kekalahan beruntun. Sementara Thailand kokoh di puncak klasemen dengan 2 kemenangan beruntun hingga mengoleksi 6 poin penuh.

Myanmar melesat ke posisi runner up dengan total 4 poin setelah menang saat menghadapi Laos (2-0). Sementara itu, Australia dan Laos berturut-turut menempati posisi 3 dan 4 dengan total 3 poin. Australia meraup 3 poin setelah menang telak atas Singapura dengan 8 gol tanpa balas, sedangkan Laos berhasil menaklukkan Singapura di laga perdananya dengan skor 2-0.

Meskipun demikian, Fakhri optimis skuad asuhannya masih memiliki peluang untuk memperbaiki posisi melalui tiga pertandingan tersisa. “Kami tetap optimistis karena masih ada tiga laga lagi, ada sembilan poin yang masih bisa kami kejar. Kalau di tiga pertandingan berikutnya kami bermain minimal seperti ini, saya optimistis bisa meraih hasil positif di tiga laga sisa. Jadi, peluang kami untuk lolos masih terbuka,” tegasnya.

Di pertandingan selanjutnya, Timnas U-16 Indonesia akan berhadapan dengan Australia pada hari Kamis (13/7/2017). Selanjutnya laga antara Indonesia vs Laos dan Indonesia vs Singapura akan berlangsung berturut-turut pada hari Sabtu (15/7/2017) dan Senin (17/7/2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here