Kala Rossi ‘Takut’ Sambut MotoGP Spanyol 2017 Di Sirkuit Barcelona Catalunya

Valentino Rossi

NontonBolaJo.com – MotoGP Spanyol 2017 yang diselenggarakan di sirkuit Barcelona Catalunya sepanjang akhir pekan ini, mulai Jumat (9/6/2017) hingga Minggu (11/6/2017), akan menandai peringatan satu tahun sejak kemenangan terakhir Valentino Rossi dalam sebuah Grand Prix. Namun ternyata, peraih gelar 9 kali Juara Dunia tersebut memiliki ‘ketakutan’ tersendiri menyambut pertandingan di sirkuit Barcelona.

Tahun lalu, Rossi berhasil menjadi juara pertama dalam Grand Premi Monster Energy de Catalunya (MotoGP Catalunya Spanyol 2016) di sirkuit Barcelona-Catalunya. Sedangkan duo pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, berturut-turut menjadi juara kedua dan ketiga. Sementara Maverick Vinales, yang saat itu masih bergabung dengan tim Suzuki Ecstar, berada di peringkat ke-4.

Meskipun demikian, Rossi mengakui ‘sedikit kuatir’ akan terulangnya kejadian seperti di seri ke-4 MotoGP Jerez Spanyol 2017, ketika The Doctor ‘hanya’ berhasil berakhir di peringkat 10, merujuk pada kondisi lintasan yang tingkat grip-nya dirasa sangat rendah.

Mengingat permukaan lintasan di sirkuit Barcelona Catalunya tersedia sejak 2007, Rossi sempat mengutarakan pada para wartawan di Mugello bahwa dirinya kuatir akan kembali bergumul seperti yang dialaminya di Jerez.

“Saya sedikit kuatir, karena aspal di Barcelona sangat buruk dan level grip-nya sangat rendah. Di Jerez dengan kondisi-kondisi tersebut, kami menderita bersama motor balap kami. Namun ini terlalu dini untuk diucapkan,” kata Rossi seperti dilansir dari Motor Sport (6/6/2017).

Kontradiktif dengan perasaan ‘takut’-nya, pembalap dengan nomor VR46 ini mengakui bahwa dirinya sangat menyukai sirkuit Barcelona. Terutama sehubungan layout baru yang menghadirkan chicane baru di lintasan seiring dengan kecelakaan fatal yang melibatkan pembalap Moto2 Luis Salom pada musim lalu hingga meninggal dunia.

“Bagaimanapun, saya cinta Barcelona, saya sangat suka (sirkuitnya), juga dengan layout baru,” ujarnya.

Namun Rossi juga menyoroti kehadiran dua seri balap secara beruntun yang membuat para pembalap MotoGP sangat sibuk. Terlebih mengingat kondisi Vale Yellow yang sempat cedera saat mengikuti motocross pada hari Kamis dua minggu lalu.

“Akan lebih baik jika saya mendapatkan satu minggu ekstra, namun ini dua (balapan) secara beruntun, ini akan sulit. Namun yang pasti jika saya terus pulih seperti ini, seminggu lagi akan penting,” pungkasnya.

Jadwal MotoGP Catalunya Spanyol 2017 akan terselenggara mulai hari ini, Jumat (9/6/2017), diawali dengan latihan bebas pertama (FP1). Puncaknya, final race MotoGP Spanyol 2017 akan digelar pada hari Minggu (11/6/2017) di sirkuit Barcelona – Catalunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here