Jumpa Pers MotoGP Argentina 2018: Faktor Cuaca, Ban, Dan Aspal Baru

Jumpa pers MotoGP Argentina 2018 pra-race
Jumpa pers MotoGP Argentina 2018, Kamis 5 April 2018 (Image: MotoGP)

Enam pembalap termasuk tiga juara di seri pertama MotoGP 2018 – Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Valentino Rossi – menuturkan pendapat masing-masing mengenai Grand Prix Argentina pada jumpa pers pra-balapan yang digelar hari Kamis 5 April 2018.

Juara MotoGP Qatar 2018 Andrea Dovizioso menjadi pembicara pertama yang menyoroti beberapa hal yang dinilainya membuat hasil MotoGP Argentina tahun ini sulit diprediksi.

“Hubungan saya dengan lintasan ini aneh. Tahun pertama sangat buruk, kemudian sangat bagus… ini sulit, namun saya pikir motornya lebih baik dibandingkan tahun lalu dan saya pikir kami dapat kompetitif. Namun cuacanya dipertanyakan, dan ban dan aspal… ada sangat banyak hal-hal baru,” tutur Dovizioso seperti dilansir dari situs MotoGP.

Setidaknya ada tiga faktor yang dinilai menjadi kunci balapan di sirkuit Termas de Rio Hondo akhir pekan ini, yakni inkonsistensi cuaca, tambahan pilihan versi ban, serta aspal baru yang menyelimuti beberapa bagian lintasan.

“Ada banyak pertanyaan mengenai akhir pekan ini dan cuacanya tidak stabil. Kami tiba di Argentina dengan cara berbeda tahun ini; tahun lalu kami datang dengan sejumlah keraguan. Kami akan menyimak level pesaing kami, namun ini sebuah sirkuit dimana biasanya saya kompetitif dan ini cocok dengan gaya berkendara saya,” kata Marquez.

Sedangkan bagi Rossi, faktor kunci yang dapat menjadi penentu hasil MotoGP Argentina 2018 adalah kinerja ban terhadap aspal baru.

“Di atas kertas kami kompetitif karena saya selalu tangguh dan motor bekerja sangat baik, namun kini kami harus mengecek kondisinya dan aspal baru. Namun secara umum saya suka trek ini.

“Tahun lalu akhir pekan ini menjadi yang terbaik bagi tim kami karena kami merebut posisi 1-2 namun tahun ini berbeda. Ducati dan Honda lebih kuat dan akan lebih sulit, dan hal kuncinya adalah bagaimana ban bekerja dengan aspal ini. Perkawinan antara ban, aspal, dan motor akan membuat perbedaan,” prediksi Rossi.

Selain Dovi, Marquez, dan Rossi, tiga pembalap lainnya pun mengungkapkan hal yang senada mengenai MotoGP Argentina tahun ini.

Danilo Petrucci menyoroti aspal baru serta kondisi cuaca yang ‘tidak jelas’, Cal Crutchlow meyakini setidaknya ada 10 pembalap yang berpeluang naik podium akhir pekan ini, sedangkan Johann Zarco berharap dirinya mampu mencapai podium lewat pilihan ban yang tepat setelah di Qatar hanya berhasil mengakhiri balap di urutan kedelapan meskipun sukses merebut pole position.

Jadwal FP1 MotoGP Argentina 2018

Jadwal MotoGP 2018 Argentina Live Trans7 akan diawali dengan sesi latihan bebas pertama (FP1) pada hari Jumat (6/4/2018) mulai pukul 20:55 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here